Wednesday, June 20, 2007

Lagu-lagu di Resepsi Pernikahan Saya

Hari Minggu kemarin, saya ke resepsi pernikahan seorang kawan.

Pemandangannya standar lah. Seperti banyak resepsi pernikahan, Makan-makan. Salam-salaman. Foto-foto. Beberapa hari lalu, di film Rome, ada adegan resepsi pernikahan. Rupanya, format pengantin duduk di pelaminan dan bersalaman dengan tamu, sudah ada sejak dulu. Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak, yang jelas di film itu begitu.

Sambil menyantap makanan, si wedding singer dan home band menyanyikan beberapa lagu. Dan rupanya, tidak sedikit wedding singer yang memerhatikan dengan baik lagu apa yang sebaiknya mereka nyanyikan di resepsi pernikahan. Kemarin, yang paling saya ingat, adalah ketika si wedding singer menyanyikan “Gantung” dari Melly. Apakah dia tidak tahu, lagu itu bercerita tentang apa? Dasar. Lagu Glenn Fredly [atau Ello ya? Saya lupa, soalnya dua penyanyi itu kadang lagunya mirip. Hehe] yang “Pergi Untuk Kembali” juga dia nyanyikan. Liriknya saja, tentang si cowok meninggalkan kekasihnya untuk sementara.

Bukan persoalan Feng Shui atau apa. Menurut saya sih, temanya tidak cocok dengan semangat resepsi pernikahan. Maklum, sepasang manusia berbahagia. Resmi mengikatkan diri mereka. Menatap masa depan bersama. Haha. 

Tidak jarang, saya memikirkan lagu apa yang sebaiknya diputar di resepsi pernikahan. Walau saya tahu, itu agak mustahil. Paling juga, ketika saatnya tiba, calon mertua akan menolak ide ini. Kawan saya yang skin head saja, di resepsi pernikahannya, wedding singer-nya yang sepertinya kelompok Nasyid, menyanyikan lagu-lagu rohani. Paling pop, lagu Opick. 

Ini untuk berandai-andai. Jika ternyata calon mertua mengijinkan, atau saya punya uang berlimpah, dan mengadakan resepsi khusus kawan-kawan dekat, beberapa lagu ini, saya ingin putar di resepsi pernikahan. Jika tidak pun, yah setidaknya saya sudah membayangkannya. Hehe. Lagu-lagu cinta ini, semacam gombalan saya buat istri saya nanti.

Senang Bersamamu, Naif.

Ini mah yang paling mendasar tentunya. Perasaan senang bersama pasangan. Yang penting itu kan, kita harus senang ada di dekat pasangan. Apalagi untuk seumur hidup. 

The Long and Winding Road, The Beatles.

Filosofisnya, karena kami akan menempuh perjalanan yang panjang dan berliku. 

That’s How Strong My Love Is, The Rolling Stones.

Aslinya dibawakan Otis Redding. Dan bicara soal gombal, ini gombal sekali, tapi saya suka. Dan lagu ini tidak terlalu bising buat pernikahan. “If I was the sun, way up there. I'd go with my love everywhere. I'll be the moon when the sun go down. To let you know I'm still around. That's how strong my love is, baby. That's how strong my love is.” 

CIK, Iwan Fals.

CIK itu kependekkan dari calon istriku. Saya suka liriknya. Semangatnya positif. Mungkin Iwan Fals menulis ini ketika masih pacaran dengan Yos, saya tidak tahu. Ini bagian yang saya suka, “Riak gelombang satu rintangan. Ingat itu pasti kan datang. karang tajam sepintas seram. Usah gentar bersatu terjang. Ulurkan tanganmu pasti kugenggam jarimu. Kecup mesra hatiku. Rintangan kuyakin pasti berlalu.”

Love, John Lennon.

Cara John Lennon menyanyikan lagu ini, benar-benar menyentuh. Dia bicara cinta, memang seperti orang yang jatuh cinta, dan percaya sekali akan cinta. Bukan seperti band baru yang menyanyikan lagu cinta, karena berharap lagunya laku. “Love is you. You and me. Love is knowing. We can be.

Perfect Day, Lou Reed.

Resepsi pernikahan mungkin salah satu perfect day [saya tidak tau, karena belum pernah mengalaminya]. Makanya lagu ini cocok. “Oh, it’s such a perfect day. I’m glad I spend it with you.

It Takes Two, Marvin Gaye.

One can have a dream baby. Two can make that dream so real.” Lagi-lagi, ini soal harapan dan semangat. Di hari saya memulai hidup baru bersama pasangan, saya ingin semuanya positif. 

Say You Will, Mick Jagger.

Di antara semua lagu solo Mick Jagger, ini yang paling pas. “Cast all your fears aside. Say you will, say you will be mine. And stay with me, until the end of time.”

I Love You, The Ramones.

Mendengar Joey Ramone, menyanyikan “Baby I love you. I tell you, I love you…I really do…” dengan logat khasnya, mungkin akan menghilangkan rasa pegal saya setelah berdiri dua jam, bersalaman dengan banyak orang asing. [walaupun kemungkinan besar, ini akan membuat banyak orang tua kaget. Hehe]

Mawar Merah, Slank.

Slank harus masuk. Walaupun ada bagian dari lirik yang berkata soal tidak bisa memberi apa-apa, tapi tetap saja, bagian bahwa si lelaki percaya sekali pada cinta si perempuan, itu cocok dengan semangat positif yang saya harapkan. 

Love You, Syd Barrett.

Lirik pembuka lagu ini sungguh unik. “Honey love you, honey little, honey funny sunny morning.” Suara akustik gitar yang lebih menonjol, diharapkan bisa menurunkan sedikit tempo. 

Have I Told You Lately?, Van Morrison.

Saya lebih suka versi Van Morrison. Karena saya suka karakter vokal seperti ini. Mungkin ini bisa memfasilitasi mereka yang kupingnya lebih senang lagu yang lebih manis. “Take away my sadness. Fill my life with gladness. Ease my troubles. That’s what you do.

I’ll be Your Mirror, The Velvet Underground.

Rasanya lagu The Velvet Underground akan cocok diputar untuk segala suasana. Yang ini saya pilih tentu saja karena liriknya. “I’ll be the wind, the rain and the sunset. The light on your door to show that you’re home.”

For Your Love, The Yardbirds.

Ini satu lagu lagi yang bercerita tentang betapa si lelaki akan berusaha sekuat tenaga untuk membuat pasangannya bahagia. “For your love, for your love, I would give the stars above. For your love. For your love. I would give you all I could.”   

Ah, segitu saja dulu. Intinya sih, saya ingin musik-musik dari musisi favorit saya diputar. Nanti saya pikirkan lagu yang lainnya, kalau sudah pasti kapan nikahnya. Dan tentu saja, ini belum termasuk lagu-lagu pilihan calon istri saya nanti. Hahaha. Seperti saya bilang di atas, mimpi tinggal mimpi, paling juga nanti di resepsi pernikahan saya, yang diputar lagu tradisional.  

56 Comments:

Anonymous widi asmoro said...

gak pake jaipongan 'leh?

June 20, 2007 4:15 PM  
Anonymous devious devishanty said...

yang ngadain hajatan itu kan biasanya orangtua (yg nikahin anaknya).. jadinya pasti protes deh, "apa apaan ah.. udah pake lagu sunda ajah". hhkk

June 20, 2007 4:19 PM  
Anonymous Yasha Chatab said...

Si SAMMY Seringai kapan ya kawinannya? Kalo ngga salah dia bilang di Dharmawangsa (yg sempat gue bilang ke dia bahwa itu agak 'kurang' rock n roll).

Gue nanti kawinan mau nyanyi Come Fly with Me aaaah...

June 20, 2007 4:21 PM  
Anonymous Dino Raturandang said...

nasip nasip *ngakak gak abis2*

June 20, 2007 4:25 PM  
Anonymous seli selime said...

soleh, saya semacam teringat ketika dirimu jd mc untuk kawinan kakak saya.
di situ dirimu ikut menyanyi tidak sih?
pilihan lagu-lagunya cukup oke tuh (meskipun agak-agak lupa, tp saya masih ingat ada 'there is a light that never goes out'-nya the smiths.)

June 20, 2007 4:30 PM  
Anonymous Fifi ... said...

klo bisa yg penting wedding singernya ganteng jadi pasti diomongan ama tamu2, bwahahaha (sukses deh kawinan gwe)

June 20, 2007 4:31 PM  
Anonymous hagi hagoromo said...

"poco-poco. titik. dan itu udah pol. putar saja berulang kali!"
kata calon mertua sambil memilin kumis.

wah, waktu gw married dulu, lagu apa ya?
hmm, sunda dan organ tunggal kayaknya.
hahaha..

June 20, 2007 4:31 PM  
Anonymous soleh solihun said...

widi: kalo pake jaipongan mah gawat wid. bisa2 gak konsen guanya. liatin goyangan pantat si penari. hahaha.

yasha: emang kurang rock n' roll. tapi, sepertinya kata "mewah" lebih menarik buat lebih banyak orang, ketimbang "rock n' roll" hahaha.

dino: belum no. belum kejadian. jangan ngetawain dulu. hehe. mudah2an aja kenyataannya nggak begitu.

agi: nyanyi dikit2 lah. hehe. maklum, suara gua suka out of tune. hehe. there is a light mah, sedikit gelap gi, liriknya. kurang cocok buat resepsi idaman gua mah. itu permintaan si aga.

fifi: gua jarang liat wedding singer ganteng, paling banyak mbak2 atau bapak2. :D

hagi: sepertinya poco-poco masih lebih menarik, daripada disuruh muter "kucing garong" berkali-kali. hahaha.

June 20, 2007 4:38 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

yang penting mah, malemnya kang...belah duren...he3...kalo boleh usul...Just the way you are versi stevie wonder oke juga tuh buat lagu resepsi...hihihihi...

June 20, 2007 4:39 PM  
Anonymous Waraney Rawung said...

poco-poco? duh, kutukan jadi orang menado bener tuh...:(

June 20, 2007 4:40 PM  
Anonymous Dino Raturandang said...

hahahahaha....saat ujan, kagak bisa jalan karena naek motor dapet hiburan bacaan beginian...ketawa tapi agak2 perih di hati..secara pertanyaan "kapan kawin" dah bosen ditanyain....*gak bisa berhenti ketawa*

June 20, 2007 4:40 PM  
Anonymous An . said...

nah, ini dia leh. jangankan lagu pop, yang dangdut aja suka gak nyambung lagunya. misal lagu apa itu yang janda janda gitu... kan gak baik ngedoain orang janda pas lagi kawin. lagian kayanya di kita yang penting hype-nya sih, gak perlu isi liriknya yang penting goyang dan bisa dising-a-longkan... ;D

June 20, 2007 4:41 PM  
Anonymous soleh solihun said...

sepertinya bisnis wedding singer cukup menjanjikan anz. ada kekosongan di pasar wedding singer cutting edge. hahaha.

June 20, 2007 4:45 PM  
Anonymous Ricky Andrey said...

ahahahaha.. kalo lo kawin sama orang papua, kan pasti lagu tradisionalnya rusuh tuh leh. asik kan?

tapi kalo sunda, ya.. begitulah. kawin ama orang cirebon aja, biar kucing garong diputer terus.

yang penyanyinya nyanyiin lagu gantung, mungkin dia dendam pribadi sama salah satu mempelai, digantunginnnnnn terus. eh malah diminta nyanyi di kawinan yang bersangkutan.

June 20, 2007 4:50 PM  
Anonymous widi asmoro said...

kemaren gue udah trial tuh leh.. dikawinan adek gue.. gue bawa temen2 gue lengkap dengan tindikan di bawah bibir, anting cowok dan rambut gimbal.. untuk jadi wedding singer..

alhasil ditanyain ama yang punya gedung, "mas.. mas.. muter lagunya jangan yang kenceng2 yah!"

June 20, 2007 4:51 PM  
Anonymous Eric Wiryanata said...

gue pernah ke kawinan teman nya kakak. dan wedding singernya nyanyi
"SMS"

June 20, 2007 4:52 PM  
Anonymous alezsandra yohana said...

gak ada yang sama...
kecuali Naif...

June 20, 2007 4:53 PM  
Anonymous Andreas Purwanto said...

"Daun Pulus" jeung "Bang Toyip!
Ancur leh... ancur!

June 20, 2007 4:56 PM  
Anonymous Jia e said...

mending lagu tradisional daripada dangdutan....

June 20, 2007 5:11 PM  
Anonymous arian tigabelas said...

"Dallabnikufesin", by Anthrax. liriknya gini: "She got hit.. by a bus." xp

June 20, 2007 5:25 PM  
Anonymous Karlina Octaviany said...

Owaa..kalo Van Morrison maunya yang lagu "Beside You" buat ngiringin dansa, kalo wedding singer impian (yah...kalo suami gw punya banyak duit ngundang) tetep Sore terus bawain "No Fruits for Today"huhu..bisa nangis kali yah...

June 20, 2007 6:06 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

thedyingsirens sih kayaknya gak cocok buat lagu kawinan! hehehehe

June 20, 2007 6:20 PM  
Anonymous andЯie Ruliansyah said...

teteup nge-rock, btw lagu-lagunya LLP mungkin gak leh?? huhehe.. eh MC-nya di pelaminan yah??

June 20, 2007 6:23 PM  
Anonymous Citra Lukita said...

untuk naif & beatles selera kita rada sama leh.. bedanya kalo naif gw pilih "kau" atau "nyali", beatles "the ballads of john & yoko", "real love" atau standarnya sih "i will" :p

June 20, 2007 7:06 PM  
Anonymous nona cito said...

sayaa... uhm try try try smashing pumpkins...
huhuu

June 20, 2007 7:20 PM  
Anonymous soleh solihun said...

oh, smashing pumpkins toh. kirain teh mau white shoes. hahaha. :p

June 20, 2007 7:24 PM  
Anonymous nona cito said...

dudull
eh eh tapi yang kebayang juga adalah pas nikah, ada band temen-temen yang main
uhuuuuuu

June 20, 2007 7:38 PM  
Anonymous ric ky said...

yasud. semua lagu di atas yang lo pengen, leh. tapi buat kompromi dengan ortu, bawainnya pake organ tunggal. hmm, kalo gw pengennya air on d/g string-bach sama lagu gw sendiri yang belum juga kebikin;p

June 20, 2007 7:52 PM  
Anonymous hanny splinters said...

hahahahahaha, rupanya selama pesta pernikahan lo memperhatikan lagu-lagu yang diputar dan 'merancang lagu pernikahan' sendiri, ya :) mmm, pilihan lagunya bagus-bagus ... semoga gue diundang ke pesta pernikahannya dan dikasih suvenir CD hehehe.

June 20, 2007 8:11 PM  
Anonymous Aditya Suharmoko said...

...

June 20, 2007 9:20 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

gue punya cerita lucu soal lagu ini.dulu pernah lah gue sedih gara-gara masalah cewek pas jaman sma, saking sedihnya sampe gue ngaku sakit dan izin pulang. sampe rumah mau galau-galauan bingung mau setel lagu apa karena isi rak kaset dan CD semuanya thrash metal, punk, hardcore, dan sejenisnya. sedangkan kaset-kaset hair band yg gue suka, macam poison, skid row entah dipinjam siapa. akhirnya gue pasang lah lagu ini kerena 'kepepet'.

yang lucu, seminggu kemudian. mobil tuh cewe beneran ringsek ditabrak PPD..hahahaha

June 20, 2007 10:25 PM  
Anonymous Ade Muir said...

duriat te bisa digantian ku harta,
duriat te bisa di gantian ku rupa,
duiriat te bisa di aya-aya...

DARSO RULESSS!!!!



ato kalo ngga...."nice dream" nya powermad juga oke tu leh...hehehhee..

June 20, 2007 11:15 PM  
Anonymous vq zaidan said...

leh...lagu tradisional juga ada yang bahaya.... "ulaaaaah ceurik... ulaaaah diceungceurikan... tarimakeun jadi janda.. blablabla" (Doel Sumbang: lupa judulnya, pokonya mah ceritain cerai) itu teh lagu standar di nikahan! bikin bete...
kalau mau aman mah ga usah ada wedding singer.. puter aja kaset.. rada kerenan ada dj hehehe...

June 20, 2007 11:38 PM  
Anonymous veronica kusuma said...

Huhuy, keren sekali nih songlistnya. mending situ jadi wedding music director ajah.

June 21, 2007 11:35 AM  
Anonymous soleh solihun said...

ini bukti kalo doa orang yang dizhalimi lebih cepet dikabulkan tuhan za. hahaha.

June 21, 2007 11:44 AM  
Anonymous Nadia Saraswati said...

hahahahahah... gw juga pernah, lengkap dengan joged2annya....
kalau gw sih yang harus ada dalam resepsi gw adalah pure saturday - desire... ga tergantikan itu mah...

June 21, 2007 11:54 AM  
Anonymous An . said...

waaaahhh... betul.... saya sepakat. kalo perlu saya nyanyi sendiri kalo si wedding singer di kawinan saya gak mau bawain... haha ;D

June 21, 2007 1:29 PM  
Anonymous anggia elgana said...

pak soleh..aku contek 1-2 boleh yaaaaaa....lg pusing nih mikirin playlist buat resepsi..ok? :)

June 21, 2007 6:04 PM  
Anonymous sonny lukito said...

Mending single parent bang ole, ga perlu repot2, hehe..
Gitu aja kok repot (gus pur)...
Wah, ternyata bang ole bener2 kritis n' detail abis, seremmmmm...

June 21, 2007 7:36 PM  
Anonymous rane gloomingdale said...

halaw... heuhue....

tmn gw pernah dtg ke resepsi yang tamunya ada megawati dengan wedding band NIDJI !!!!!!

waktu itu blom terkenal, mereka mainin lagu2 brit pop, besoknya ngetop deh mereka.... *gak tau bener gak critanya,,,

June 22, 2007 6:29 PM  
Anonymous ginatri noer said...

cieh... jadi dah siap nikah nih :p

oya, i'll be ur mirror juga jd lagu pas resepsi gue. Coba album Televisi-nya Naif udah ada pas Januari 2006. Nyali sama itulah cinta udah masuk ke playlist gue... hehehe

June 22, 2007 10:02 PM  
Anonymous shiny littlestar said...

kalo tari piring gimana? tapi syaharani jadi diundang kan? huehehehe..

June 27, 2007 12:53 PM  
Anonymous Bayu Kurnia Prasetya said...

kalo kebetulan mantan pacar datang ke resepsi, jangan lupa lagu "It's All Over Now" dari The Rolling Stones. "...table's turning now, her turn to cry..." hahahahahahhaa

inget leh, revenge is a dish best served cold......

July 12, 2007 11:59 PM  
Anonymous Sita Dewi said...

iya bener, waktu itu temen lagi bikin songlist untuk kawinan temennya, dia masukin lagu "One Sweet Day" nya Mariah Carey ==> langsung kuprotes, lah.. itu kan ceritanya pacar yang uda mati.. gemana sehhh..

kalo saya? i love you for sentimental reason - rod stewart, till there was you - the beatles, dan untukmu duniaku - homogenic. ahh.. topik yang menarik, bikin list ahh.. heiehiehiehie

jadi, kapan, Leh? *wink*

July 13, 2007 8:56 AM  
Anonymous soleh solihun said...

kapan sit? ketika bumi dan bulan sudah ada di posisi yang tepat. hahaha.

July 13, 2007 12:08 PM  
Anonymous Sita Dewi said...

gerhana dong? hiahaihaiahiahia

July 13, 2007 1:55 PM  
Anonymous devi apriani said...

waduh serem banget yaaa

July 25, 2007 12:29 PM  
Anonymous devi apriani said...

ngga ko bay..saya ngga akan nangis..dateng ke kawinannya soleh hehehe

"nobody does revenge like women"
gimana??

July 25, 2007 12:44 PM  
Anonymous bagus cholis said...

klo lagu kawinan gw maunya spt di list ini: http://wisangkala.multiply.com/music/item/1/love_marriage
tapi ternyata bandnya ga segape yg gw kira... jadinya ga semua keputer...

October 04, 2007 9:13 AM  
Anonymous Hotman Christian said...

kejadian juga tuh dikawinan anak salah satu pejabat dikantor gw .. lagi seneng-seneng... eh wedding singer nyanyiin SamSonS - Kenangan terindah.... walah.... suruh talak 3 aja sekalian tuh pasangan... hehehehehehe....

October 09, 2007 4:05 AM  
Anonymous Juliana Ji said...

sory ya bukan mau belagu tapi aku termasuk orang yang beruntung karna aku dapat memilih sendiri lagu apa aja yang dinyanyikan di wedding ku sendiri. yang pasti ada lagu truly madly deeply nya savage garden n thanks god i found younya maria carey.

thanks ya temen2...

October 12, 2009 3:43 PM  
Anonymous azita febriani said...

hmm..ikutan nyontek listnya ya.. :D
lagi nyari referensi..

January 13, 2010 9:14 AM  
Anonymous undangan pernikahan said...

thanks for coming

August 05, 2010 4:02 PM  
Anonymous Bernard Adikarsa said...

gue tambahin... She - Elvis Costello...mantep tu lagunya...hehehe...

October 08, 2011 10:39 PM  
Anonymous opan panjoel said...

kalau gue mau nyanyi lagu balonku ajah karna cuman itu yang aku bisa hahhhaahhakhakahk jangan aneh aneh lah nikahan kan sakral kalo mau lagunya jangan terlalu melenceng boleh tuh lagunya endles love diana rosse atau ga daniel sahuleka yang don't sleep away
thkz''''''''

November 14, 2011 2:20 PM  
Anonymous indrew bapaw said...

kang....jadi setelah 4 tahun hanya mnjadi wishlist...list sebenernya pas kemarn nikahan seperti apa kah?? di share atuh kang..

January 25, 2012 2:10 PM  

Post a Comment

<< Home