Monday, November 20, 2006

Mbah Surip di Jazz Goes To Campus

Ini tentu saja tentang Mbah Surip.

Penyanyi tua, gimbal, katanya sih pengamen--sebelum dia sepopuler sekarang, saya pernah lihat albumnya di toko kaset, judulnya Reggae something gitu lah lupa--aneh, seperti orang orang gila, dan tenar dengan kalimat "I love you full" serta teriakan "Ah...ah...ah...ah...aaah..." Mengingatkan saya pada teriakannya The Count di Sesame Street.

Kemarin saya lihat dia lagi, di Jazz Goes To Campus. Dia tampil di sesinya Bertha and Friends. Malam itu, di Cozy Stage, Bertha membawa penyanyi lain. Tiga orang anak kecil--salah satunya putrinya, bule--serta Mbah Surip.

Mbah Surip masih dengan rompi jins-nya. Sialan. Melihat Mbah Surip memakai rompi jins, saya jadi berpikir ulang kalau mau memakai rompi jins saya. Takut disamakan dengan Mbah Surip. Hehe.

Dan malam itu, penonton terhibur oleh penampilan Mbah Surip. Sebagian besar tertawa. Saya sendiri, kadang-kadang masih suka bertanya-tanya, di mana letak lucunya Mbah Surip. Mungkin karena orang itu absurd, berteriak-teriak, selalu tertawa, orang-orang jadi pengen ikut tertawa.

Dia membawakan empat lagu. Pertama, katanya sih judulnya "Mak Erot". Kurang lebih bercerita soal Mak Erot tentunya. Saya kurang bisa menangkap liriknya--dan tidak bisa mengingatnya sekarang. Tapi, penonton tertawa mendengarnya. Kedua, "Kepolisian". Lagunya bercerita soal adiknya yang menjual ganja, nah yang ditangkap polisi malah Mbah Surip karena mirip dengan adiknya. Kurang lebih begitulah. Ketiga, "Uka Uka". Something tentang setan lah. "Ini lagu jazz metal," katanya sebelum membawakan lagu itu. Riff gitarnya memang mencoba ala-ala metal begitulah. Dan dia bernyanyi seperti berteriak-teriak.

Lagu penutup rasanya lagu andalan dia. Mungkin judulnya "Bangun Tidur". Penonton sepertinya sudah familiar dengan lagu ini. Saya baru mendengarnya dua kali. Sebelumnya pernah melihat dia membawakan lagu ini di Tribute to Imanez. Lagu bernuansa reggae ini bercerita soal bangun tidur, terus ngajak olahraga, tapi kalau tidak sempat ya...tidur lagi. Liriknya sangat sederhana. Tapi catchy. Mudah dinyanyikan pula--baik itu oleh mereka yang baru pertama mendengarnya. Jadinya, crowd JGTC bisa dibuat bernyanyi bersama sambil tersenyum. Apalagi pas part lirik "tidur lagi". Di tengah kebingungan saya mencari tahu di mana letak lucunya Mbah Surip, harus saya akui, kalau orang itu penampilan panggungnya bisa diacungi jempol.

Ah..ah...ah...aah...

5 Comments:

Blogger ed1585 said...

Kepada teman-teman yang ingin les vocal kepada Mba Bertha dapat menghubungi saya (Edward) di nomor 085693331431 atau ke alamat email di ed1585@yahoo.com. Mohon maaf karena alamat Mba Betha tidak dapat dipublikasikan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

June 04, 2009 1:18 PM  
Blogger ainecountung said...

This comment has been removed by the author.

February 05, 2013 4:50 PM  
Blogger ainecountung said...

This comment has been removed by the author.

February 05, 2013 4:51 PM  
Blogger ainecountung said...

bagi teman2 yang ingin n berminat untuk belajar vocal di talenta svara bertha(TSB) bisa hub saya eko di no 02195908089/085778977109 dg alamat email eco_nug@yahoo.com..kita juga buka di daerah magelang,jogja,solo,madiun..di jakarta kita hanya ada di lebak bulus jaksel untuk info lebih lanjut silahkan hub no di atas terimakasih

February 05, 2013 4:53 PM  
Blogger ainecountung said...

bagi teman2 yang ingin n berminat untuk belajar vocal di talenta svara bertha(TSB) bisa hub saya eko di no 02195908089/085778977109 dg alamat email eco_nug@yahoo.com..kita juga buka di daerah magelang,jogja,solo,madiun..di jakarta kita hanya ada di lebak bulus jaksel untuk info lebih lanjut silahkan hub no di atas terimakasih

February 05, 2013 4:54 PM  

Post a Comment

<< Home