Friday, July 13, 2007

Copet adalah Perampok Malu-malu

Tadi melihat [suspect] copet di angkot.

Waktu saya, Arian dan Koe, teman sekos kami hendak masuk angkot yang berisi empat orang plus keranjang jeruk yang memenuhi seperempat angkot, salah seorang dari mereka menyuruh kami duduk di depan.

Seperti de ja vu. Biasanya, penumpang yang selalu menyuruh orang yang akan naek kendaraan umum, mengatur lokasi mereka duduk, pasti copet. Setidaknya, itu yang sering saya temui di Metro Mini, trayek 604. Saya belum pernah bertemu copet di angkot. Tadi, kali pertama saya.

Bukannya saya berprasangka buruk, tapi dugaan saya selalu benar. Tidak pernah meleset kalau soal copet. Makanya, ketika tadi Koe menerima telepon di dalam angkot, salah seorang dari mereka, yang duduk di dekat pintu, terus memandangi HP Koe. Seorang lagi, yang duduk di sebelah saya juga begitu.

Penampilan mereka selalu sama. Rapi. Berkemeja dan celana bahan. Baju dimasukkan. Dan atribut wajib; tas punggung berukuran besar, yang terlihat jelas tak ada isinya. Tapi, mereka tidak berbuat apa-apa. Mungkin mereka tak tertarik mencopet kami, atau susah untuk bergerak, atau karena melihat Arian yang duduk di depan, atau karena kami terlihat tak punya uang—saya dari tadi hanya memegang selembar uang seribu.

Begitu turun, saya teriak “KIRIII!” di sebelah kuping si suspect copet sebelah saya. Sekadar melampiaskan kekesalan. Dia kaget. Haha. Setidaknya, cuma itu yang bisa saya lakukan.

Saya jadi ingat masa-masa naek Metro Mini 604 ketika masih kos di Pancoran dan berkantor di Thamrin. Maaf. Tanpa bermaksud menjelekkan suku Batak, tapi sebagian besar dari mereka berwajah Batak. Kotak-kotak. Menyeramkan. Hehe. [Padahal, saya juga terlihat begitu ya, buat beberapa orang]

Tapi, first encounter saya dengan copet terjadi ketika masih kelas 2 SMA, dalam bus antar kota ke arah Bogor. Rumah saya, di Gunung Putri, sekolah saya, SMA 3 Bogor, harus ditempuh melalui jalan Tol Jagorawi.

Suatu hari, saya melihat orang yang berdiri di sebelah saya, selalu menempel-nempelkan badannya ke penumpang di depan. Tangannya selalu berusaha menempel ke saku depan penumpang di depan.

Saya perhatikan terus orang bertangan jahil itu.
“Apakah ini copet?” begitu pikir saya.
“Wah, seru nih. Melihat copet beraksi di depan mata.”
“Kalau dia marah, dan bertanya pada saya, akan saya jawab, sepatunya bagus!”
Begitu kata saya dalam hati.

Ketika bus hampir sampai di Terminal Baranangsiang, si copet belum juga berhasil. Beberapa kali, dia menengok ke arah saya. Yang tentu saja, dibalas saya dengan pura-pura tak melihatnya. Langsung tengak-tengok ke luar, sambil jantung berdebar.

Masuk Terminal, si copet tiba-tiba berbalik ke arah saya.

“Apaan lo lihat-lihat?” katanya marah.
“Nggak bang,” jawab saya.

Plaaak! Tangannya meninju wajah saya. Orang di sebelah dia, entah kondektur atau komplotannya, langsung menyuruh saya turun.

Sejak saat itu, saya bisa langsung tahu, kalau ada copet di kendaraan umum.

32 Comments:

Anonymous pelacur korporat said...

ternyata elo bukan hanya wartawan handal tapi juga observer copet, leh..hahahaha

July 13, 2007 12:39 PM  
Anonymous widi asmoro said...

om soleh berbakat jadi detektif handal

July 13, 2007 12:42 PM  
Anonymous tisha anwar said...

huahahahahahahahahahahahah
ieu bodor pisan leh
bodoooorrrr pisan...

*sampe hampir menitikkan air mata karena tertawa*

July 13, 2007 12:42 PM  
Anonymous veronica kusuma said...

haha, kok sama ya mas tipikalnya. Di Jogja juga gitu. Pasti rapi bercelana bahan dan bawa tas besar. Aku pernah sekali kena, tapi habis itu pasang tampang lebih galak dan aware. Pasti lolos.

July 13, 2007 12:42 PM  
Anonymous alezsandra yohana said...

gue pernah juga dimarahin sama copet..
dimarahin pake bahasa planet mana...
eeeee copet sekarang gila ya.. galakan dia..

July 13, 2007 12:50 PM  
Anonymous Citra Lukita said...

gw pernah nyaris kecopetan di metro mini 610. 3x. untungnya 'nyaris', krn gw slalu memergoki aksinya. yg terakhir itu lumayan konyol. ketika copet memepet gw yg mo turun, gw sadar & langsung melototin dia. mukanya jd panik abis & langsung melambai2kan tangan ke kendaraan di belakang. "kiri, kiri.. yak, pelan2 mbak". pura2 jd kenek dia rupanya..

July 13, 2007 1:13 PM  
Anonymous Oxalis 410 said...

heuheuheu gw juga tadi pagi nyaris dicopet di mikrolet M01 :(
pas gw masuk, angkotnya kosong. tapi trus ga lama kemudian masuk beberapa orang jadi angkotnya langsung jalan, ga ngetem lama. gw curiganya karena muka2 mereka mirip2, dan yg duduk di sebelah gw batuk2 rejan terus. karena perasaan gw ga enak, gw turun di matraman (padahal pengen turun di senen, hehe). dan bener aja, mereka langsung megangin kantong gw. trus ada yg marah2 pura2 kakinya keinjek. gw langsung turun aja. oiya, kayanya mereka juga sekongkolan ama supirnya.

July 13, 2007 1:34 PM  
Anonymous Sita Dewi said...

pacar saya batak yang ganteng kok sumpah.. heuheuehuehueheueu

iya nih, temen gw pernah dengan polosnya mengangkat tas dipangkuannya sambil ngeliatin muka copet di sebelahnya yang langsung freeze mode ON dengan posisi tangan hendak mengambil sesuatu dari tasnya.. ck ck ck..

July 13, 2007 1:48 PM  
Anonymous arian tigabelas said...

kalau Jimi Upstairs pernah masuk bis penuh copet, jadinya dia turun cepet2. di terminal langsung meriksa dompet, takut ilang atau duitnya saja yang ilang. eh, malah disamperin copet lain, "Wah. Sukses kayaknya nih bos!" atau senjenis itu. disangka copet! xD

July 13, 2007 1:55 PM  
Anonymous uwi ... said...

kalo gue pas lagi duduk di halte bus pasar jumat.
kayaknya si copet lelet bgt aksinya.
pas gue mo ngambil sesuatu di tas, tangan gue pas2an sama tangan si copet yang udah di dalem tas ransel gue. karena gue kaget, gue ngebentak: "eh, ngapain sih?!!!"
(untung dia gak kaget dan jawab: "lagi nyopet neng")
selanjutnya si copet langsung buru2 naik bis deh.

July 13, 2007 2:06 PM  
Anonymous meiry anwar said...

wuih,,pernah tu kecopetan di angkot riung-dago..baru sadar pas dah turun..
dan goblognya, si copet salah ambil..yg dia ambil itu wadah minyak telon dan lipbalm dan hihi..pembalut..
MAMPUS!
alhamdulillah wadah hape selamet..pantesan aja dia mepet2 pas lagi di angkot..mana bau! iihhh..

July 13, 2007 2:14 PM  
Anonymous uwi ... said...

wah itu sama kayak temen gue yang menaruh isi dompetnya ke dalam kresek item kecil.
jadi copet ketipu pas ngobok2 isi tasnya.

July 13, 2007 2:24 PM  
Anonymous riki dhanu said...

salah jawab lu, Leh...

harusnya bilang, "maksud kau apa?" sambil angkat dagu, kalo perlu ditambah, "...anjing kau!"
anjingnya anjing batak lah, jangan anjing sunda yang "i" terdengar seperti suara bersin. sedikit ada "e" nya....

Lu harus pura2 berani...

Menurut analisis prilaku yang diajarkan bokap gw, preman2 batak itu biasanya beraninya kalo rame-rame.
That's why, kalo mw berantem mereka teriak2 menarik perhatian. Jadi, tak akan terlalu fatal akibatnya, atau biar temen2nya pada datang. Jadi, kalo satu sama satu di bus begitu, pura2 berani akan menakutkan mereka...
Kalo, menurut bokap gw lagi, beda ama orang Aceh. Yang kayaknya malu2, diem2, kalem2... pas siang ngopi2 bareng, ntar malem yang ketawa paling banyak ama elu, malah nyegat elu dengan rencong tak bersarung di tangan kanan.


katanya sih....

anyway, selamat mencoba menghardik pencopet2 itu...

;p

July 13, 2007 2:24 PM  
Anonymous meiry anwar said...

tapi gak kecopet tuh keresek item kecilnya?
boljug tu idenya ;p

July 13, 2007 2:29 PM  
Anonymous ginatri noer said...

Leh, hati-hati, lo merhatiin copet entar malah elo yang kecopetan!

July 13, 2007 2:32 PM  
Anonymous ratna djuwita said...

masukan yang baik untuk orang-orang yang menghabiskan setengan hidupnya di angkutan umum (kolot di angkot, red) seperti saya hahhaha

July 13, 2007 2:33 PM  
Anonymous Galuh Sitompul said...

mending pura-pura jadi banci, kan cowok biasanya takut sama banci. hihihi..

July 13, 2007 2:34 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

iya leh. lo pura pura jadi Didi Budiharjo. pasti sukses.

July 13, 2007 2:39 PM  
Anonymous hagi hagoromo said...

ini malah justru berbahaya buat soleh.
dia bakal ditarik dan dibawa ke toilet terminal,
trus dibackdoor rame-rame di sana..

July 13, 2007 2:43 PM  
Anonymous Dino Raturandang said...

hahahhaah gue kebayang banged elo teriak KIRI...hahaha

July 13, 2007 3:35 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

teriak KIRI sambil dibackdoor? kekekek

July 13, 2007 6:52 PM  
Anonymous dewi deme said...

hahahaha... padahal mah biar di tangan cuma seribu, tapi di dompet dongg...*ada berapa leh?* hehehe.
kalo gw mah uda berapa kali pas di angkot ketemu orang di depan gw yang tiba-tiba batuk-batuk kencang, atau meregang-regangkan kakinya seakan sakit atau kram. triknya uda kebaca banget, supaya orang yang diincar teralih konsentrasinya, dan sekongkolan di sebelahnya berhasil ngegasak hp atau apapun. hati-hati sama yang aneh2 di angkot, mending langsung turun! huhu.

July 13, 2007 7:13 PM  
Anonymous iwan kurniawan said...

ati-ati...
kadang copet klo sudah terdesak suka copet teriak copet...
apalagi kita sendiri, mereka berempat...
kalah saing kita...

July 13, 2007 9:13 PM  
Anonymous devious devishanty said...

[Padahal, saya juga terlihat begitu ya, buat beberapa orang] --> bukan saya looh yang bilang huhuhu

July 14, 2007 12:45 AM  
Anonymous Lika Aprilia said...

akhahakhkaka
*ngakak berat*

melihat komen2 di bawah, sepertinya hampir semua org punya Near Kecopetan Experience yah..
Saya jg pernah, itu mah kegep banget, cowok yg duduk di sebelah saya di angkot, berusaha ngambil HP yg saya taro di saku belakang. Kurang terampil dia, jadi kerasa banget tangannya ada di pantat saya. (Atau jangan2 tujuannya emang menggrepe ya, bukan nyopet..)
Trus saya tangkis lah dengan cool kayak gak ada apa2, ambil HP dari pantat, pindahin ke dalem tas. Langsung deh si copet amatir tadi, "Kiri kiri..!"

July 14, 2007 1:07 AM  
Anonymous devious devishanty said...

aku nggak pernah punya near kecopetan.. tapi kecopetan pernah.. di lift

July 14, 2007 1:41 AM  
Anonymous ric ky said...

soleh seneng dong di-backdoor...dapet 500rb lagi

July 14, 2007 2:28 PM  
Anonymous nona cito said...

acit juga pernah mengalami near kecopetan experience..
huhuhu tiga kali
kayaknya ga jadi, soalnya tiga2nya pake trik sama yaitu yang pura-pura muntah!
oh cmon, copet... its so last year!

July 14, 2007 6:57 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

gue pernah ngeliat copet beraksi di pintu bis, dan gue di dalam mobil. Kejadiannya pagi2 banget, jam orang berangkat kantor jadi kan bisnya penuh dan banyak yang gelantungan di pintu..tiba2 si copet dengan cepatnya ngambil hp orang di depan dia trus langsung di lempar ke teman sebelahnya gitu..ini dilakukan sambil tetap gelantungan di pintu bis..semi2 tarzan gitu..trus gue langsung buka jendela mobil dan teriak2 "COPET COPET" ke arah bis, eh si copet teriak2 ke gue gitu sambil kayak mau turun dari bis dan nyamperin mobil gue...untungnya udah lampu ijo lagi, jadi gue gak sempat diapa2in, cuma gak tau juga kelanjutan di bis itu gimana

July 15, 2007 12:49 AM  
Anonymous frederick rheinhard said...

Huahuahuhahuahuahauhuaahuha.................

July 16, 2007 3:31 PM  
Anonymous Fanie Maulida said...

jadi intinya koe gak jadi dicopet kan? :)

July 23, 2007 4:28 PM  
Anonymous Karlina Octaviany said...

Tapi, tidak ada yang sebodoh Christine yang dengan tenang bertanya, "Mas, maaf yah, copet yah?"

July 23, 2007 5:17 PM  

Post a Comment

<< Home