Wednesday, December 05, 2012

Tiga Alasan Paling Klise Ketika Cewek Menolak Cowok


Halo Blogspot, kamu pernah ditolak?
Saya rasa sih belum pernah ya. Kamu kan bukan manusia. Dan kenapa juga saya menulis begini ya? Sebuah kalimat pembuka yang aneh.

Kamu yang membaca tulisan ini, pernah ditolak? Atau pernah menolak? Saya rasa kamu tahu penolakan dalam konteks apa yang saya maksud. Ya penolakan cinta lah. Bukan penolakan tawaran kartu kredit atau bergabung dengan MLM.

Saya pernah ditolak. Rasanya tak enak. Bikin galau. Pikiran tak karuan, bahkan sampai menyukai album Dewa yang Cintailah Cinta karena ditolak. Btw, album itu banyak sekali tuh yang temanya soal cinta bertepuk sebelah tangan tapi tak terlalu mendayu-dayu.

Tidak, saya menulis ini bukan karena sedang galau atau karena baru ditolak. Kisah percintaan saya baik-baik saja.

Tapi bicara soal tolak menolak [tolak angin tak termasuk yang akan saya bicarakan di sini], ada beberapa alasan penolakan yang menurut saya klise alias basi yang sering diucapkan perempuan kepada lelaki. Dan saya akan membahas soal itu.

Alasan akademis
Ini biasanya diucapkan seorang perempuan yang masih sekolah atau kuliah.

“Gua lagi pengen konsentrasi belajar.”
“Nanti gua nggak fokus.”
“Mau nyelesein dulu studi.”

Katanya perempuan mahluk yang bisa multitasking ya. Masa’ pacaran sambil belajar tak bisa? Padahal kan sambil mempelajari yang ada di sekolah atau kampus, bisa juga belajar yang lain. Hehe.  

Yang menolak memakai alasan ini sepertinya mereka yang belum terlalu akrab dengan si cowok, tapi masih mau sok tak membuat sakit hati.

Alasan persahabatan
Ini biasanya diucapkan seorang perempuan yang menolak lelaki yang memang sudah akrab. Lelaki jomblo yang berteman akrab dengan perempuan dan dianggapnya kece, kemungkinan besar bakal naksir dan ingin lebih dari sekadar bersahabat.

“Elu udah enak jadi temen.”
“Kita temenan aja ya.”
“Gua udah nganggap elu temen baek gua.”
“Gua nggak mau kehilangan temen.”

Kalau sudah nyaman berteman, harusnya bisa dong pacaran. Kan udah enak ngobrolnya. Belakangan ini, ada istilah yang namanya friendzone. Nah, kayaknya yang begini ini nih korban friendzone. Kalau cowok sudah masuk ke lembah friendzone, susah sekali untuk merangkak keluar. Hanya segelintir orang terpilih yang bisa memanjat ke puncak dan keluar dari lembah friendzone. Seperti halnya Bruce Wayne yang dipenjara dan jadi salah satu yang bisa keluar dari penjara di dalam tanah itu. Tapi, sebenernya sih masuk ke lembah friendzone masih lebih baik dibandingkan tak bisa jadi friend sama sekali.

Yah minimal mah, si gebetan masih bisa diajak nonton bioskop berdua, makan berdua, atau nonton konser. Meskipun tetep, jadi pacar mah belum mau.

Yang menolak memakai alasan ini, biasanya karena udah akrab sama si cowok, nyaman jalan, nyaman ngobrol, tapi tak nafsu alias tak timbul birahi alias tak bisa membayangkan dirinya berciuman dengan si cowok. Menyenangkan sebagai pria, tapi tak menggairahkan.

Alasan persaudaraan
Entah siapa yang memulainya, tapi banyak sekali perempuan di luar sana yang menolak cowok karena menganggapnya sudah seperti kakak sendiri.

“Elu udah gua anggap abang gua.”
“Jangan dong, elu udah kayak abang gua.”
“Gua ngerasa udah kayak adeklu.”

Padahal, tak ada satu pun cowok yang ketika akrab dengan perempuan, berniat menjadikannya adik atau berniat mencari adik. Apalagi cowok yang sudah punya banyak adik di rumah. Saya rasa yang anak tunggal pun tak sengaja berniat mencari adik di luar rumah.

Sepertinya cewek yang menolak memakai alasan begini, karena merasa sudah akrab sekali dengan si cowok, merasa lebih tinggi levelnya dari sahabat, tapi tetep nggak nafsu.

Para perempuan yang membaca tulisan ini, kalau tak sepakat, jangan marah ya. Hehe. Ini kan hanya analisa dangkal saya sebagai cowok. Masih banyak alasan lain, tapi yang terpikir di benak cuma tiga yang utama ini.

Saran saya mah, buat para perempuan, jujur aja lah. Toh, mau kalimatnya halus atau tidak, efeknya kurang lebih sama: sakit hati mah pasti ada. Malah, kalau memakai kalimat halus, si cowok bakal terus berusaha mengejar. Yah kalau akhirnya kalian para perempuan jatuh hati juga sih tak apa-apa, kalau akhirnya terganggu?

Coba deh, mulai sekarang kalau menolak cowok, memakai kalimat yang jujur.

“Nggak mau ah. Gua nggak nafsu sama elu. Kalau kita pacaran kan harus ada nafsu, selain nyaman dan sayang.”
“Gua nggak naksir elu.”
“Gua nggak suka sama elu.”
“Gua nyari yang mapan. Elu kayaknya masih jauh deh dari mapan.”

Atau, kalau mau kalimat ampuh yang sudah pasti membuat cowok tak akan mengejar lagi, pakai kalimat ini.

“Gua nggak suka cowok, sukanya cewek.”

34 Comments:

Blogger sun_garnis (Soe within me) said...

wahhhh....
paham banget sepertinya bang...
pengalaman pribadi karena sering ditolak ya bang bro??? hahahah peace

December 05, 2012 10:41 PM  
Blogger The witness of said...

This comment has been removed by the author.

December 06, 2012 2:46 AM  
Blogger The witness of said...


Gue pernah ditolak. Sekali. Sama cewe yang suka gue sebenernya tapi gue nya terlambat tau dan malah ngedeketin cewe lain. *kinda hurt inside fresh outside. hehehe

December 06, 2012 2:46 AM  
Blogger Unknown said...

Ada benernya, kang. Lagian kenapa cewek itu harus pake kedok kedok tadi buat nolak cowo. Jadi biar fair dan the end disitu juga kan si cowoknya.

December 18, 2012 12:20 AM  
Blogger akhmadt jamhurie said...

alhamdulilah kaga pernah di tolak

December 20, 2012 5:33 PM  
Blogger Tofik Dwi Pandu said...

kayanya yang paling sering saya terima adalah " lu lebih cocok jadi temen gue aja" kita temenan ajah ya.. payah

December 28, 2012 12:58 AM  
Blogger Duce Mohdhatta said...

Ngak peenah d tolak. Emng ngak pwenah pacaran :yah

January 12, 2013 9:32 PM  
Blogger Duce Mohdhatta said...

Ngak peenah d tolak. Emng ngak pwenah pacaran :yah

January 12, 2013 9:34 PM  
Anonymous yanti said...

Hehehe...
Jadi malu!!!
Gimana ya? Kita memang gak ingin kehilangan dia, tapi gak ada "rasa" terus kalau terus terang bilang...GUE GAK ADA RASA CINTA SAMA LU", takut di SANTET! hahahahaha

January 20, 2013 6:13 PM  
Blogger GITA said...

:3 aku cewe, kalau aku nembak cowo kira2 jawabannya bakal gitu ga ya oom?

January 29, 2013 10:18 PM  
Blogger Unknown said...

wkwkwk gokil :D

February 07, 2013 6:00 PM  
Blogger Dapur Angry Kitchen said...

ckckckck...
ye kl kita nolak macam itu artinya kita jaga perasaan tu cow..
gt na... (sedikit alibi )
:)

February 20, 2013 4:27 PM  
Anonymous Anonymous said...

alhamdulilah sampe sekarang belum pernah tuh ditolak... cz hhehhe belum pernah :(

March 02, 2013 7:25 AM  
Anonymous wongsimpang.com said...

hem.. thanks infonya. jadi tau deh alasannya.. kkwkkwk

March 02, 2013 7:26 AM  
Blogger Alim said...

wkwkwkwkwk....
lanjutkan..(esbeye)

March 02, 2013 8:55 AM  
Blogger Unknown said...

hahahahahaah..ending'nya bikin ngakak..
lanjut bang..

March 03, 2013 11:09 PM  
Blogger ria.irene.vince said...

hahahaha

March 13, 2013 4:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

kurang 1, "lu terlalu baik buat gw"

April 26, 2013 6:45 PM  
Blogger geprasetya said...

Gue kena "Dalih Persaudaran" dan bener yang dibilang "Lu terlalubaik buat gue" hahah lucu banget.. dan miris dihati gue.

May 04, 2013 10:47 AM  
Blogger geprasetya said...

Gue kena "Dalih Persaudaran" dan bener yang dibilang "Lu terlalubaik buat gue" hahah lucu banget.. dan miris dihati gue.

May 04, 2013 10:48 AM  
Anonymous rozikin roz said...

Bang Soleh Solihun ini pengalaman banget kayaknya...oh ya bang btw stand up commedy show di metro masih gak sih?

May 15, 2013 12:48 PM  
Blogger RestianiKhumair said...

uy uy uy

May 29, 2013 4:54 PM  
Blogger Unknown said...

keren keren oke gw bakal ngomong frontal kalo gw nolak.. haha orang ditembak aja ga pernah.. :))

June 08, 2013 7:44 PM  
Anonymous ZTEA said...

Unyu-unyu...hahahaha.......

June 24, 2013 7:56 PM  
Blogger Unknown said...

hahahaha...kalo di bukunya tulisan ini pake gambar ala komik. jadi ketawa2 sendiri aa leh.
bukunya keren bang

August 19, 2013 11:41 AM  
Anonymous dani said...

sempurna,,, :D

October 18, 2013 4:59 AM  
Blogger Akhmad Fatoni said...

Alasan memang dibutuhkan untuk menguatkan pendapat. Sehingga ada kata-kata bijak: Alasan diungkapkan untuk menguatkan sebuah kebohongan. Ah, apa memang seperti itu. Saya juga tak tahu.

Namun saya setuju dengan sampean. Saya terlarut ketika membaca buku sampean Celoteh Soleh Solihun. I like it, keren Mas. Ditunggu buku selanjutnya.

November 19, 2013 7:49 AM  
Blogger Soleh Sugianto said...

Nangis bacany hahhaha ko bisa persis ya kata-katanya dg yg di standup comedy , serius, ane dah bayangin gaya bahasa dan mimik mukanya hehehhee

March 11, 2014 9:14 AM  
Blogger K. Niam Ansori said...

setuju, mau katanya alus atau kasar
ditolak itu tetap menyakitkan
http://lukiluck11.blogspot.com
http://malangshopaphoria.blogspot.com

August 15, 2014 6:34 AM  
Blogger Unknown said...

Boleh juga ni artikelnya buat refernsi klo ada yang mau nolak,gwa duluin aja ,lho mau nolak karna gwa blalalala hehh ,

March 13, 2015 6:59 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hahahahahaa..... mas Soleeehh.... Anda selalu bisa membuat saya tertawa dan terkikik dengan tulisan Anda. Btw, saran di kalimat terakhirnya boleh dicoba tuh. Aseekkk.... :))))

December 15, 2015 10:21 AM  
Blogger Unknown said...

Cewek menganggap kita sbg abang, artinya bukan ditolak mentah-mentah, melainkan sebenarnya si cewek tu ada rasa suka, tetapi ditunda sementra, sepanjang masih ada komunikasi walau hanya lewat sms. Biasanya si cewek itu lagi byk cowok yg lagi dekat, artinya kita sdg byk kompetitor. Ditolak mentah2 pasti kita sudah ditutupkan pintu, atau sms gak kunjung dibalas.

March 19, 2016 12:15 PM  
Anonymous Pupuk Jagung Manis said...

haha, tergantung ceweknya juga sih,
ada yang nolaknya karena beneran nolak, ada juga yang cuma jual mahal, ada yang lagi ngetest and yang mbuh, gak jelas

March 14, 2018 12:02 AM  
Anonymous Simakpedia said...

Wanita memang punya seribu alasan buat nolak cowo

August 20, 2018 8:01 PM  

Post a Comment

<< Home