Monday, November 26, 2007

Laporan Seorang Cheap Bastard dari Terusik Traxkustik




Minggu [25/11] kemarin, di Hard Rock Café, Trax FM menggelar kembali Terusik Traxkustik, yang kali ini mereka beri judul Electrorock.

Saya datang, agak telat, jam setengah delapan malam. Efek Rumah Kaca sudah bermain sekira tiga lagu. Dan seperti biasa, cheap bastard tak tahu diri ini, meminta gratisan pada Sandra. Karina, yang bertanggungjawab pada guest list ketika menyambut saya di pintu, lantas meminta saya untuk meliput.

“Iya, tapi buat Multipy ya,” kata saya.

Karina tersenyum tanda setuju. Dan saya masuk dengan lega. Hahaha.

Di dalam, ternyata sudah banyak orang. Tak tahu berapa jumlahnya. Tapi, lantai bawah cukup penuh. Walau tak sesak. Ketika saya tiba di sana, saya baru pulang dari Sawangan. Mengantar Attan, yang sore harinya, mendadak meminta saya untuk menemani melihat rumah yang ingin dibelinya. Tapi, dia malah meminta saya untuk menyetiri motornya. Tanpa jaket, dari Fatmawati ke Sawangan, akhirnya saya menyetir motor. Setang motornya, diganti dengan setang jepit. Ini membuat pengendara lebih lelah. Apalagi saya tak memakai jaket.

Ah, melantur. Intinya begini, karena kejadian itu, enerji cukup terkuras. Datang ke Hard Rock terburu-buru. Akibatnya, mood terganggu. Tak sempat berpikir banyak ketika datang ke sana. Biasanya, kalau saya datang ke satu acara, dan berpikir untuk menuliskan acara itu, begitu datang ke lokasi, saya sudah tahu harus menulis apa. Saya memutar otak untuk menceritakan apa yang saya lihat.

Kemarin, tidak begitu.

Jadi, hasilnya begini. Kalau diteliti lebih lanjut lagi tulisan ini, kamu akan tahu kalau saya sebenarnya memaksakan diri untuk memasukan tulisan. Hehe. Oya, kali ini, saya iseng mencoba lensa 28 – 105 mm yang ada di kamar. Lensa ini, punya adek saya. Jarang dipake. Tak enak, katanya. Serba tanggung. Wide tidak. Zoom juga kurang.

Ternyata benar.

Belum lagi, tata cahaya di Hard Rock Café yang tak pernah bagus. Hasilnya, ya seperti ini. Banyak gambar yang kurang terang. Maafkan.

Kembali ke acara, saya tak tahu berapa banyak Efek Rumah Kaca bermain malam itu. Yang jelas, setelah mereka, RNRM tampil. Lama mengatur peralatan di panggung, MC memanggil personel untuk ngobrol mengisi kekosongan. Ekky dan Nyanya yang maju.

“Jangkrik bos,” kata Ryo.

Crowd tak mengerti. Tak ada yang tertawa. Tak ada juga, yang ikut berteriak, “Kriiik. Kriiik. Jangkrik.” Padahal, Nyanya memang cukup jangkrik. Saya ingin teriak juga, tapi yang lain diam saja.

Beres RNRM, Netral tampil. Rupanya sebagian besar crowd, datang untuk Netral. Buktinya, begitu Netral naik ke panggung, crowd memadati mulut panggung. Meneriakkan judul-judul lagu Netral. Dan ketika musik dimainkan, mereka berjoget.

“Yah, dikacangin lagi deh. Dikacangin lagi deh,” kata seorang anak.

Bagus tersenyum mendengar anak itu. Tak berapa lama, Bagus melempar pop corn ke arah crowd. Si anak yang tadi berteriak soal dikacangin, kegirangan. “Tuh kan, dikacangin,” katanya. Bagus tersenyum lagi.

Saya tak mengerti maksud mereka. Mungkin joke internal antara Netral dan penggemarnya. Atau mungkin ada joke baru ibukota, yang belum saya tahu.

Jam sepuluh, saya pulang. Menebeng Ronal dari Extravaganza. Saya lebih mengenalnya sebagai Mbe, karena begitu dia dipanggil waktu di kampus. Tapi kini, Ronal punya alter ego baru, Ronal Disko. Dia sedang memersiapkan album perdananya. Musiknya, sangat terpengaruh new wave, katanya. Mixing albumnya, dikerjakan oleh Indra Lesmana. Ronal Disko mengatakan masih mencari label.

Di perjalanan, Ronal mengajak karaoke. Akhirnya, saya ikut. Manajer dia, Luthfi adalah vokalis Purpose. Ternyata suaranya memang bagus. Biasanya, saya karaokean dengan para penyanyi yang pas-pasan. Tapi, malam itu, para penyanyinya malah bernyanyi dengan benar. Haha. Hanya saya yang suaranya pas-pasan.

Ah sudahlah. Semakin tak menarik dan tak jelas arah tulisannya.

21 Comments:

Anonymous Indro Moektiono said...

Kenapa menyebut diri sendiri cheap bastard, leh? =D

November 26, 2007 6:27 PM  
Anonymous An . said...

ronal kan kalo tidak salah jebolan boyband juga ya leh, golok cinta. pantas suaranya bagus. boyband... ;D

November 26, 2007 6:27 PM  
Anonymous soleh solihun said...

indra: awalnya, orang lain yang ngasih julukan itu, tapi karena benar adanya, jadi ya sudahlah. terima saja dengan lapang dada. :D

anzarra: iya, golok cinta. tapi, karena boyband itu nggak ada masa depannya, cuma senang2, dan orang2nya udah menikah serta berdomisili di bandung, nggak diterusin. berarti ronal disko ini, anggap aja album solo dari mantan boyband ya?

November 26, 2007 6:37 PM  
Anonymous An . said...

yeah, anggap aja kayak justin timberlake gitu, leh. haha. malah ronal disko lebih pantas jadi justin-nya indonesia dibanding ressa herlambang, karena secara sejarah memang punya latar boyband. :)

November 26, 2007 6:43 PM  
Anonymous Cowboy danCow said...

eeh aya si luthfie...salam nya leh klo ketemu (biarpun sayah agak males nanggep klo dia ngomong :)

November 26, 2007 7:02 PM  
Anonymous ginatri noer said...

Wah Leh, gw ama aris jg gratisan kok kemaren... Menjual nama aris-yg-dulu-kerja-di-trax. Hahaha....

November 26, 2007 7:09 PM  
Anonymous Agam Fatchurrochman said...

Efek Rumah Kaca bagusnya main di Bali awal Desember ini. Bisa juga jadi ikon Walhi atau Greenpeace, sesuai namanya

November 26, 2007 7:13 PM  
Anonymous Indro Moektiono said...

ooooo... gara-gara 'masuk gratis' itu ya? xD

November 26, 2007 7:19 PM  
Anonymous dewi deme said...

multiply ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata..tak bisa di majalah, multiply pun jadi ya leh, hehe. hidup teknologi..hidup blog..hidup citizen journalism..halaahhh. heuheuheuuu.

November 26, 2007 7:41 PM  
Anonymous Hasief Ardiasyah said...

1. Jalang
2. Sebelah Mata
3. Cinta Melulu
4. Desember
5. Di Udara
6. Jatuh Cinta Itu Biasa Saja

Prioritas gue di malam itu emang nonton ERK, soalnya dua kali penampilan mereka yang gue tonton sebelumnya nggak bisa digolongkan sebagai show biasa: yang pertama tuh penampilan akustik yang diinterupsi wawancara dan games setelah setiap lagu, yang kedua tuh performance selang-seling dengan pemutaran film pendek. Jadi baru kali ini nonton show ERK yang konvensional, dan energinya lebih terasa dibanding dua show sebelumnya. Cholil nggak banyak bicara di sela-sela lagu, tapi musik ERK sudah cukup banyak berbicara. Saaah.

November 26, 2007 8:43 PM  
Anonymous your arsenal said...

Belilah kaos Efek Rumah Kaca di Heyfolks!!
hehe...

November 26, 2007 8:45 PM  
Anonymous dedidude dedidude said...

wah itu kaos buat gua tuh...sayang designnya biasa banget, kenapa tidak cover albumnya sebagai image kaos? dan fitnya kurang gaul hihih.. udah dikasih juga...
overall, ini live ERK pertama yang gua tonton dan gua kasih 4.5 bintang dari 5 bintang, nyaris sempurna, dengan musik sesimpel ERK tapi berhasil memberi emosi yang meledak..khudozzz untuk mereka!!
RNRM keliatan sekali harus menambah jam terbang panggungnya... netral? hmmm bosan!!

November 26, 2007 10:01 PM  
Anonymous dedidude dedidude said...

jangkrik boss

November 26, 2007 10:01 PM  
Anonymous arya nasoetion said...

Pernah berpikir untuk pindah ke hosting berbayar, dan menerima pemasangan iklan, Le? :P Solehsolihun.com gitu. Coba pikirkan ya... :D

November 26, 2007 10:50 PM  
Anonymous Syarinta . said...

ini kan adrian, leh. x)

November 26, 2007 11:18 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

kasihan cholil baru kehilangan di semarang waktu manggung bareng saya di malam sebelumnya huhuhu...

saya sumpahin tambah sukses! =)

November 26, 2007 11:40 PM  
Anonymous soleh solihun said...

diky: siap!

deme: dan hidup terlalu banyak waktu luang! hahaha.

hasief: saah. makasih atas infonya.

dedi: iya, rnrm terlihat masih kaku di panggung. plus, seperti yang masih grogi menghadapi massa. kalo elu bosen nonton netral, mungkin faktor umur juga ded. elu udah beberapa tahun lebih dulu nonton netral dibandingkan bocah2 kemaren. hehe.

irman: nanti man, kalo nama gua udah menjual. atau, kalo ada yang mau nawarin sih, gua terima. :D

syarin: oh iya, maaf. salah ketik.


November 27, 2007 11:29 AM  
Anonymous mira Pustika said...

untung ada solihun... gw pengen banget ke acara ini leh. namun berbagai macam hal, gw ga bisa pergi. karena gw yakin elo dateng kesini, jadi langsung saja gw cek. eh bener... gw cuma denger lewat radio. kurang puas. soalnya putus putus suaranya...

November 27, 2007 12:49 PM  
Anonymous soleh solihun said...

ah, senang bisa memuaskan rasa ingin tahulu mir. :D

November 27, 2007 1:10 PM  
Anonymous heri . said...

leh kayak nya sekali-sekali lu musti perform deh di atas panggung, lengkap dengan personil band
...dan tentu saja membawakan lagu lagu rolling stone... :)

November 27, 2007 3:04 PM  
Anonymous soleh solihun said...

heri: kalo ada yang ngajakin lagi sih, gua nggak menolak. tapi, harus gua peringatkan. suara gua nggak bagus. hahaha.

November 28, 2007 12:25 PM  

Post a Comment

<< Home