Tuesday, October 02, 2007

Momen Gombal dalam Lagu Iwan Fals

Barusan chatting dengan Bin Harlan Boer, salah satu obrolan kami menyerempet ke lirik-lirik lagu Iwan Fals. Dia cerita kalau beberapa waktu lalu, masuk rumah sakit karena demam berdarah. Harus dirawat selama delapan hari. Saya jadi ingat lirik “Kembang Pete” karya Iwan Fals, dari album KPJ [1985]. 

“…kalau di antara kita jatuh sakit, lebih baik tak usah ke dokter. Sebab ongkos dokter di sini, terkait di awan tinggi…”

Bin tertawa. Dan berkata kalau semakin hari, lirik Iwan semakin kena buat kehidupannya. Lantas, saya mengutip lagi lirik “Ikrar.” [Belum Ada Judul, 1992] Saya bilang pada Bin, kalau lirik itu cocok sekali untuk pria beristri yang akan meninggalkan rumah, atau pergi dinas, atau keluar kota lah.

“..kutitipkan semua yang kutinggalkan. Kau jagalah, semua yang mesti kau jaga. Permataku, aku percaya padamu…”

Pas di bagian itu, Iwan menyanyikannya dengan nada tinggi. Mantap. Saya selalu suka ketika Iwan harus mengambil nada-nada tinggi ketika bernyanyi. Dan lirik itu, ketika jomblo, membuat saya ingin punya istri, atau minimal pacar lah. Ingin punya orang yang disayangi. Supaya bisa saya beri kata-kata bijak. Hehe.

Dan bicara soal gombal-gombalan, ada beberapa lagu Iwan Fals, yang liriknya sangat gombal, tapi tidak cengeng, masih maskulin, tak berkata dia lelaki bukan untuk dipilih serta tak perlu meminta ijin untuk menyanyangi perempuan. :p

Ini beberapa di antaranya, yang bisa saya ingat sekarang. Oya, sebelumnya, harus saya peringatkan, tulisan ini mirip dengan tulisan soal lagu-lagu The Ramones beberapa waktu lalu.

Maaf Cintaku [Sugali, 1984].
Ini lirik Iwan yang gombal sekaligus sedikit aneh dalam mengungkapkan rasa kagumnya pada perempuan. Entah maksudnya biar terlihat berbeda, atau memang waktu itu, Iwan benar-benar merasa seperti itu. Saya yang masih SMP ketika pertama kali mendengar lagu ini, [telat memang kalau dibandingkan dengan tahun rilisnya], agak kaget ketika mendengar liriknya.

Ingin kuludahi mukamu yang cantik
Agar kau mengerti bahwa kau memang cantik
Ingin kucongkel keluar indah matamu
Agar engkau tahu memang indah matamu

Kurang ajar, bukan? Dan sedikit kasar. Tapi, dia menutupnya dengan kalimat yang manis. Iwan ini bisa kasar sekaligus lembut pada perempuan.

Jalan masih teramat jauh
Mustahil berlabuh
Bila dayung tak terkayuh

Maaf cintaku
Aku menggurui kamu

 

Yang Tersendiri [Sore Tugu Pancoran, 1985]
Iwan menulis lagu ini bersama seseorang bernama Tommy Marie—saya tak tau siapa dia. Tapi, di sini, dari mulai bait pertama hingga terakhir, Iwan mengeluarkan kata-kata indah. Tidak kasar. Tapi tetap lugas.

Terhempas ku terjaga
Dari lingkar mimpi
Pada titik sepi

Suaramu terngiang
Menembus khayalku
Yang juga tentangmu

Nah, ketika masuk nada tinggi, Iwan seakan ingin lebih menegaskan perasaannya. Jaman SMP dan SMA dulu, lagu ini sering saya jadikan pengantar ketika melamunkan kecengan. Haha.

Dan ku akui tanpa kemunafikan
Ku cinta kau
Bahwasannya keakuanku bersumpah
Ku cinta kau
 

Yakinlah [Lancar, 1987]
Lagu ini lebih cocok untuk soundtrack kisah cinta dua vokalis, karena Iwan berduet dengan penyanyi bernama Elly Sunarya—yang entah siapa itu. Si perempuan meminta si lelaki menyanyikan lagu, tapi si lelaki takut menyakiti telinga si perempuan. Agak bodoh sebenarnya. Ya udah lah, kalau mau nyanyi, nyanyi saja. Jangan belaga takut menyakiti telinga, tapi tetap saja dilakukan.

Bukan ku tak mau mengalunkan laguku
Kutakut menyakiti telingamu
Bukan aku enggan memainkan gitarku
Sebab cinta bukan hanya nada

Tapi, di bagian duetnya ini yang gombal dan sedikit berlebihan.

Kalau kita saling percaya
Tak perlu nada tak perlu irama
Berjalanlah hanya dengan diam
Melangkahlah hanya dengan diam

 

Aku Sayang Kamu [Aku Sayang Kamu, 1986]
Nah, para penulis lagu cinta buat Iwan Fals harusnya bisa melihat karakter seorang Iwan Fals kalau jatuh cinta. Betapapun Iwan memuja perempuan, sepertinya dia tak pernah memosisikan dirinya di bawah perempuan. Ini sebabnya saya bilang masih maskulin. Haha.

Gampang naik darah omong tak mau kalah
Kalau datang senang nona cukup ramah
Bila engkau bicara persetan logika

Sedikit keras kepala, ah dasar betina.

See? Dia tak seperti sekarang, yang merengek-rengek meminta ijin untuk menyayangi seorang perempuan, atau sedih karena merasa dijadikan pilihan!

Tapi, bagian yang to the point-nya yang gombal di lagu ini—tapi saya sukai. Tegas. Lugas. Langsung ke inti perasaan.

Ku suka kamu
Sungguh suka kamu
Ku perlu kamu
Sungguh perlu kamu

Dan ini, the ultimate gombalnya;

Engkau aku sayang sampai dalam tulang
Banyak orang bilang aku mabuk kepayang
 

14-04-84 [Ethiophia, 1986]
Ini sebenarnya lagu tentang pria berkeluarga. Tapi, tetap saja, bait awalnya masih cocok untuk siapapun yang sedang jatuh cinta.

Tahukah kau
Kurindu dirimu
Tahukah kau

Rasakah kasih
Cintaku putih
Rasakah kasih

Coba bayangkan. Kalau kamu jatuh cinta, dan merindukan siapapun itu kecengan kamu. Maka, dengarkan lagu ini. Pasti akan lebih lengkap rasanya. Dan lagi-lagi, ini dia bagian di mana nadanya agak meninggi.

Saat gelisah begitu buas hancurkan jiwa
Saat tak kuat lagi memendam marah

Lantas, dia lanjutkan dengan bernyanyi lembut,

Sungguh, aku cinta kau

Mata Indah Bola Pingpong [Wakil Rakyat, 1987]
Ini cocok untuk dijadikan pegangan buat para lelaki yang suka menggoda wanita di pinggir jalan. Mungkin lagu-lagu begini yang menjadikan lagu-lagu Iwan cocok untuk dinyanyikan di gang-gang, atau di pinggir jalan. Mamang-mamang iseng mungkin akan merasa punya teman ketika mereka menggoda perempuan yang lewat.

Bagian ini maksud saya,

Jangan marah kalau kugoda
Sebab pantas kau digoda
Salah sendiri kau manis
Punya wajah teramat manis

Wajar saja kalau kuganggu
Sampai kapan pun kurindu
Lepaskan tawamu nona
Agar tak murung dunia

Tapi, ini kalimat rayuan paling gombal di lagu ini.

Engkau baik, engkau cantik
Kau wanita, aku cinta
Aku puja, kau betina
Bukan gombal, aku yang gila

 

Buku Ini Aku Pinjam [1910, 1988]
Paling cocok buat mahasiswa atau anak sekolah. Dan ini salah satu bukti betapa laki-laki menggunakan trik meminjam buku untuk pedekate sudah sejak lama. Dan sepertinya sudut pandang pendidikan ketika ingin masuk ke pribadi seseorang langkah yang cukup aman. Pertama, meminjam buku, adalah wajar dilakukan, apalgi oleh laki-laki yang kadang malas mencatat atau membeli buku. Kedua, buku pelajaran atau catatan bukanlah barang yang terlalu pribadi, sehingga aman-aman saja dipinjam orang lain.

Ada dua bagian gombal yang penting di lagu ini. Yang pertama;

Memang usia kita muda
Namun cinta soal hati
Biar mereka bicara
Telinga kita terkunci

Yang kedua, bagian gombal sekaligus bagian kurang ajarnya [masa’ udah minjem buku, eh dia mau nulis-nulis di buku orang itu]

Buku ini aku pinjam
Kan kutulis sajak indah
Hanya untukmu seorang
Tentang mimpi mimpi malam

Jangan Tutup Dirimu [Antara Aku, Kau dan Bekas Pacarmu, 1988]
Ini mungkin buat lelaki yang berusaha untuk mendapatkan perempuan, tapi belum berhasil juga. Sebenarnya, di album ini, isinya cinta-cinta melulu. Beberapa lagu, malah daur ulang dari lagu lama, yang aransemennya dibuat lebih manis dan modern mungkin ya.

Datanglah kau kekasih
Dekap aku erat erat
Jangan lemparkan pelukku yang tulus

Biarkan hujan turun
Basahi jiwa yang kering
Jangan tutup dirimu

Nyanyianmu [masih di album yang sama]
Ini lagi-lagi, tentang kisah cinta antara dua orang vokalis. Di bagian awal saja, sudah gombal.

Tulikanlah kedua telingaku
Butakanlah kedua bola mataku
Agar tak kulihat dan kudengar
Kedengkian yang mungkin benar

Dan ini penutupnya.

Memang aku jatuh
Dalam cengkeramanmu
Sunggu aku minta

Teruskanlah kau bernyanyi
Kan ku dengar itu pasti
Teruskanlah kau bernyanyi
Dan jangan lagumu terhenti

Sebelum Kau Bosan [masih dari album yang sama]
Ini rayuan gombal untuk pacar yang sepertinya sedang atau mulai masuk masa jenuh dalam hubungan.

Sebelum kau bosan sebelum aku menjemukan
Tolonglah ucapkan dan tolong engkau ceritakan
Semua yang indah semua yang cantik
Berjanjilah

Dan lagi-lagi, masuk ke bagian kisah cinta dua vokalis.

Ciptakanlah lagu yang kau anggap merdu dik
Nyanyikan untukku sungguh aku perlu itu
Bila kau tak suka bilang saja suka
Berjanjilah

Ya Atau Tidak [Belum Ada Judul, 1992]
Lagu wajib buat penggemar Iwan Fals yang sedang jatuh cinta. Haha. Dulu, saya sempat berpikir untuk menyatakan pada perempuan yang saya sukai dengan lagu ini. Tapi, suara saya terlalu datar. Bermain gitar pun tak bisa. Sayang sekali, padahal lirik gombalnya pas sekali untuk kalimat pernyataan, jika kamu tak tahu harus berkata apa untuk orang yang kamu sukai dan ingin dijadikan pacar.

Dan setelah semua lirik sebelumnya, merayu dan bergombal ria, lagu ini pas untuk dijadikan penutup. Karena inilah inti dari semua gombalan dan rayuan itu. Untuk mendapatkan si kecengan tentu saja.

Ah, saya lebih baik tulis semua liriknya.

Sepertinya, ini bagian ketika Iwan menggoda si perempuan, sebelum bertanya apakah dia mau menjadi pacar.

Bicaralah nona
Jangan membisu
Walau sepatah kata
Tentu kudengar

Tambah senyum sedikit
Apa sih susahnya?
Malah semakin manis

Semanis tebu

Nah, ini dia inti dari pembicaraan dia dengan perempuan itu.

Engkau tahu isi hatiku
Semuanya sudah aku katakan
Ganti kamu jawab tanyaku
Ya atau tidak itu saja

Dan ketika si perempuan diam saja, dia bisa berkata ini.

Bila hanya diam
Aku tak tahu
Batu juga diam
Kamu kan bukan batu

Aku tak cinta pada batu
Yang aku cinta hanya kamu
Jawab nona dengan bibirmu
Ya atau tidak itu saja

Tak aku pungkiri
Aku suka wanita
Sebab aku laki laki
Masa suka pria

Ah kuraslah isi dadaku
Aku yakin ada kamu di situ
Jangan diam bicaralah
Ya atau tidak itu saja

34 Comments:

Anonymous arian tigabelas said...

oooooo gitu caranyaaa.

October 02, 2007 7:39 PM  
Anonymous shiny littlestar said...

beuh..
niat amat bikin postingan ini..
lama ya..

October 02, 2007 7:45 PM  
Anonymous iskandar z said...

liriknya sinetron juga yak... :))

October 02, 2007 7:51 PM  
Anonymous iskandar z said...

kyknya ini notulensi ym-an ama bin hihi...

October 02, 2007 7:54 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

sebuah bentuk ungkapan kagum seorang diehard fans nya OI...detail yah..


*ampe skrng, lagu anthem pengantar nangis emo...Yang Terlupakan ;p

October 02, 2007 8:02 PM  
Anonymous Felix Dass said...

Hahahaha.. Lagu2 Iwan Fals memang tidak lekang dimakan jaman ya, Leh. Sampe sekarang, yang masih berputar reguler di hidup gue adalah Belum Ada Judul sama Satu-Satu. The best banget tuh.

October 02, 2007 8:23 PM  
Anonymous riki dhanu said...

Luar biasa dia memang...

October 02, 2007 8:29 PM  
Anonymous Cowboy danCow said...

kang iwan mah emang sakti, leh..

October 02, 2007 9:49 PM  
Anonymous ric ky said...

kalo a'oleh gimana tta? btw, kok ga ad ulasan lirik iwan fals era 2000-an? makin gombal bukan?

October 03, 2007 1:11 AM  
Anonymous OKI FAISAL GALENADRIS ISKANDAR said...

Besok-besok bikin studi banding yang bedain Iwan Fals ama Doel Sumbang mau gk?

October 03, 2007 2:30 AM  
Anonymous Ricky Andrey said...

wah boleh juga nih posting-an.

tapi kalo ada mp3nya supaya bisa membandingkan benerannya kayaknya asik juga tu leh.

October 03, 2007 10:21 AM  
Anonymous An . said...

gue suka banget lagu yang ini, sangat melodius, mungkin karena pake piano. cuman bait terkuat buat gue adalah :

Ada jarak diantara kita
Selimuti sekian waktu telah tersita
Ingin ku hilang jarak terbentang


terutama baris terakhir yang sangat 'sajak', dimana bisa saja ditulis 'ku ingin jarak terbentang hilang', tapi dia memutar urutan kata seperti penyair dan jadinya bagus.

di lagu ini juga, ada bagian yang pas sekali ketika baris :

Kau mimpiku, aku tak bohong

ketika dia bilang 'aku tak bohong' itu pas sekali, gayanya seperti mau gombal tapi tulus juga. untungnya gaya menyanyi seperti ini masih terus sampai sekarang, jadi lirik itu bisa dia lafazkan sambil ketawa atau sambil meledek atau sambil gombal atau sambil tulus. penjiwaannya selalu kuat dan bukan cuma penjiwaan mendayu-dayu (ada kan kalo namanya penjiwaan selalu diidentikkan dengan nangis-nangis kayak Audy nyanyi Menangis Semalam).

tambah satu lagi, Leh... lagu 'Aku Antarkan', ini gak tau albumnya. hehe. ceritanya tentang LDR gitu yang dia nganter ceweknya ke stasiun antar kota. bagian menyenangkannya ada di baris :

Tak terasa seminggu, habis kulumat bibirmu
Tak terasa seminggu, tak bosan kau minta itu


wah. ceweknya freak! :D

minggu lalu gue sempet bahas dengan gitaris gue, soal mengcover lagu Iwan. dia suka sekali Buku Ini Aku Pinjam. setelah coba sana sini, ternyata susah merubah progresinya. sudah sangat Iwan (bayangkan Mobil Balapnya Naif bisa jadi sangat The Brandals, tapi kalo lagu Iwan belum yakin gue. hehe). mungkin ini menjawab rasa penasaran, kenapa sampe sekarang sudah ada tribute to Koes Ploes dan Ian Antono, tapi belum ada untuk Iwan Fals.

waduh, leh. jadi panjang sekali. maaf ya, kalo sudah topik Iwan jadi antusias. apalagi soal lagu cintanya. :)

October 03, 2007 10:23 AM  
Anonymous dedidude dedidude said...

jadi inget masa kecil leh, jaman SD bukunya di coret2 FANS FALS anjisss hehhe
iwan fals tuh pol ketika dipegang sama ian antono, coba dengerin satu albumnya Buku Ini Aku Pinjam dan Mata dewa, emosinya diatur dan musiknya jadi rapi (kadang terlalu rapi khas ian antono)... Soundtrack jaman kecil gua adalah album SUGALI..

October 03, 2007 11:49 AM  
Anonymous soleh solihun said...

iskandar: ngobrol soal iwan sama bin mah, cuma sebentar. tapi, dari yg sebentar itu, jadinya pengen ngomong banyak di sini. hehe.

gucap: bukan fans Oi cap, tapi fans iwan fals.

ricky: lirik gombal iwan era 2000-an, kebanyakan dibuat sama penyanyi lain ky. seperti yang gua tulis di atas, tidak sesuai dengan karakter iwan. biasanya, meskipun gombal, tapi iwan nggak akan merengek-rengek buat meminta ijin ketika ingin menyayangi perempuan.

rikigede: wah, kalo mp3 mah, cari aja sendiri ki. hehe. gua males uploadnya.

anz: yang 'aku antarkan' gua suka, tapi itu nggak gombal buat gua mah. tapi, ceweknya nggak freak anz. cuma hormonnya bergejolak. :D

dedi: hahaha. kalo gua, jaman sekolah, suka nulis2 pake nama soleh fals. makanya, adek2 kelas gua di sma, taunya gua soleh fals. yang setelah dipikir-pikir, itu bodoh juga. makanya, sekarang gua tak mau lagi memakai embel2 nama orang lain. cukup soleh solihun. :D

tapi, bertemunya iwan dengan ian antono, memang sesuatu yang bagus. karena di tangan ian, musik iwan jadi lebih rock. gua gak yakin tuh, lagu 'pesawat tempur' bisa jadi seperti itu, kalo bukan diaransemen ian antono. walaupun tentu saja, ketika musiknya ditangani bagoes aa dan willy soemantri, musik pop iwan tak kalah menariknya.

October 03, 2007 2:03 PM  
Anonymous dedidude dedidude said...

album kolaborasi terdasyat iwan selain kantata taqwa adalah hijau..sampe sekarang gua masih suka denger...gila itu musiknya bener2 bisa membawa atmosfir hijau...

October 03, 2007 2:31 PM  
Anonymous soleh solihun said...

betul ded, itu nuansanya jamming banget. banyak musisi, tapi, sepertinya porsinya sama besar, tak ada ego yang lebih menonjol. liat aja, covernya, gak ada muka iwan. terlepas dari kabar soal iwan dapet honor yang lebih besar ya.

sayang aja, gua kurang sepakat, dengan pemberian judul dengan lagu 1 dst, kecuali 'hijau'.

October 03, 2007 2:40 PM  
Anonymous adib adib said...

"Album hijau semua kata Iwan direkam live,
kecuali beberapa perkusi dan drum si Ari Ayunir
terpaksa di take ulang karena nggak pede katanya."

Album lain dari IWan Fals yang saya suka selain
HIJAU adalah CIKAL dan ORANG GILA.
HIJAU sangat eksploratif.
CIKAL malah seperti eksperimental ala Frank Zappa :-)
ORANG GILA menurut saya pop yang beda dari album-album Iwan Fals lain.
Almarhum Billie J. Boediardja memberi warna yang apik untuk album ini.

October 03, 2007 3:18 PM  
Anonymous adib adib said...

"Album hijau semua kata Iwan direkam live,
kecuali beberapa perkusi dan drum si Ari Ayunir
terpaksa di take ulang karena nggak pede katanya."

Album lain dari Iwan Fals yang saya suka selain
HIJAU adalah CIKAL dan ORANG GILA.
HIJAU sangat eksploratif.
CIKAL malah seperti eksperimental ala Frank Zappa :-)
ORANG GILA menurut saya pop yang beda dari album-album Iwan Fals lain.
Almarhum Billie J. Boediardja memberi warna yang apik untuk album ini.

October 03, 2007 3:18 PM  
Anonymous Fifi ... said...

hahahaha, detail bgt bahasnya...trus lo suka ngegombal ga leh? x)

October 03, 2007 3:47 PM  
Anonymous agan harahap said...

ada lagi lagu iwan yg gombal leh,..yg jatuh cinta sama guru..
apa yah?? guru zirah apa kalo ga salah judulnya..

trus ada juga yg gombalannya yg rada2 aneh di kuping ..

"langsat kuning cina warna kulit nona,..
bibir merah muda lesung pipit pun ada ..dst dst"

wajah cukup lumayan dapat poin enam,..
kalau nona berjalan rembulan pun padam..

udah nyela,kl muka ceweknay biasa2 aja..
udah gitu berlebihan lagi.
dasar bang iwannn..bang iwannn..

October 04, 2007 4:43 PM  
Anonymous fanny pardiansyah said...

ahhh.. bang iwan...
saya saja yang pria, dibuat leleh jadinya...

tapi bukan leleh lolihun... hehehehehe....

October 04, 2007 5:20 PM  
Anonymous soleh solihun said...

agan: biarpun aneh, tetep aja ya gan, karena itu yang bikin dia, jadi oke2 aja. nggak kayak sekarang, udah aneh lirik cintanya [lemah], eh bikinan orang lain pula. bah!

fanny: hahaha. ngaran urang mah berarti adaptif nya terhadap banyak kata. :D

October 04, 2007 5:35 PM  
Anonymous agan harahap said...

setuju sama a'a soleh!!
iwan yg skrg mah cupu..

October 04, 2007 5:48 PM  
Anonymous fanny pardiansyah said...

justru eta leh.. karena bikinan orang lain, jadinya lemah... jadi masalahnya kenapa iwan mau make lirik orang lain yang 'romantis kebanyakan'..

October 05, 2007 3:31 PM  
Anonymous Syafiq Baktir said...

Tulisan yang bagus. Pembahasan lirik lagu fals dari sudut pandang yang menarik. Anda jeli mengamatinya. Salam

October 09, 2007 2:39 AM  
Anonymous Ricky Andrey said...

ada banyak nih lagunya iwan disini:

http://lapobatak2.multiply.com/music/item/724

October 09, 2007 4:05 PM  
Anonymous Didit Aditya said...

wah...jadi seperti baca tulisan kakak saya sendiri...(he is the ultimate fans of Iwan Fals and UB40)

hahaha...

October 23, 2007 2:33 AM  
Anonymous ali qaim said...

klo aku kang Iwan itu musisi terwahid buat aku dia yang teratas setiap album yang diluncurkannya ooooowowww mengena setiap detak gendang telinga yang mendayu merdu dan melenakan

November 18, 2007 9:09 PM  
Anonymous Stormz Heaven said...

Hay OI, Sorry neh mau nanya sama bang rikigede kenapa yach lagu bang iwan ga bisa di download apa emang dah ga bisa ya....?

February 02, 2008 10:15 PM  
Anonymous Stormz Heaven said...

TQ Bang(lupa bilang :D)

February 02, 2008 10:16 PM  
Anonymous muhammad siddiq said...

oi......darmali gunain donk fasilitas google!!gmn sehh :d

February 05, 2008 6:57 PM  
Blogger Unknown said...

Lagunya iwan tegas lugas dan tidak cengeng...

August 16, 2015 12:15 AM  
Blogger Unknown said...

Lagunya iwan tegas lugas dan tidak cengeng...

August 16, 2015 12:16 AM  
Blogger Unknown said...

lagu bang iwan tak pernah mengajarkan CINTA YANG CENGENG..!

April 01, 2016 8:39 AM  

Post a Comment

<< Home