Sunday, March 09, 2008

We Don't Need Fairy Tales!




Sinjitos Records sedang giat-giatnya memromosikan album Curiouser and Curiouser dari Santamonica.

Rabu [5/3] siang lalu di Blitz Megaplex, mereka mengundang jurnalis dalam rangka pemutaran video klip single kedua mereka, “Ribbons and Tie.”

Bicara soal musik Santamonica, saya sempat dibuat mengernyitkan kening ketika sekira setahun lalu melihat mereka di panggung, membawakan musik yang berbeda dari EP mereka. Entah karena kuping saya masih menyukai musik mereka yang sebelumnya, entah karena saya belum siap mendengar perubahan itu, entah karena waktu itu Santamonica memang sedang tak bermain dengan bagus, entah karena aransemen musik yang mereka mainkan di dua pensi itu belum sematang seperti di album terbaru mereka.

Musik mereka sekarang, terdengar sophisticated, tapi masih catchy dan tak membuat kening berkerut. Yah sedikit banyak mirip nuansa penampilan Iyub dan Dita lah. Fashionable, pintar memadupadankan warna dan model, tapi tidak terlihat aneh dan tidak terlihat intimidatif buat orang yang non fashionable macam saya. Tanpa pretensi.

Dan sebagai sebuah single, “Ribbons and Tie,” ini sepertinya punya potensi untuk jadi single yang bisa menarik kuping baru. Sekarang, persoalannya tinggal bagaimana kemampuan promosi Sinjitos Records dan tentu saja kemauan media massa elektronik untuk mau memberi porsi buat musik Santamonica.

Dan siang itu, video klip yang tak kalah menarik dari lagunya, diputar perdana di depan publik. Ini kali pertama buat saya menyaksikan pemutaran video klip di bioskop mewah macam Blitz Megaplex. Seperti pemutaran perdana film layar lebar saja. Ada penjelasan dari sutradara, perkenalan kru, tanya jawab, dan tentu saja makan gratis. Hehe.

Si sutradara, mengambil konsep video klip itu dari lirik “We don’t need fairytales, we do it our way.” Intinya, sebuah kisah tak harus seindah dongeng dan punya akhiran yang klise bahagia hidup selamanya.

Saya jadi teringat tiga film bertema cinta yang beberapa hari lalu saya tonton; “Ayat-ayat Cinta,” “Love,” dan “From Bandung With Love.”

“Love” yang paling bagus menurut saya, di antara ketiganya. Dan saya sarankan untuk tidak tergiur dengan “From Bandung With Love.” “Ayat-ayat Cinta,” sinematografinya bagus, Carissa Putri-nya memang sungguh pemandangan yang indah, tapi ceritanya saya heran. Cerita begitu kok bisa digilai banyak perempuan ya? Itu kan seperti menggabungkan kisah Nabi Yusuf dan Sleeping Beauty, serta oya jangan lupa, Catatan Si Boy. Hanya bedanya, di “Ayat-ayat Cinta,” diselipi dakwah. Ada kesamaannya dengan film-film Rhoma Irama jaman dulu lah. Hehe.

Ah, maaf jadi melantur.

Begitu mendengar penjelasan soal inspirasi konsep klip, saya jadi bertanya-tanya, apakah lirik itu berasal dari pengalaman Iyub dan Dita. Mungkinkah ada orang yang pernah memandang sebelah mata pada kisah cinta mereka? Hehe. Maklum, asumsi-asumsi itu pengaruh tiga film cinta yang saya tonton beberapa hari sebelumnya. Ketika saya tanya Dita soal apakah lirik ‘We don’t need fairy tales, we do it our way,” merupakan salah satu bentuk kritik terhadap kisah cinta yang cantik seperti kisah cinta di dalam komik, dia menjawab…

Hmmm, saya lupa tepatnya dia menjawab apa. Hahaha. Kurang lebih sih, dia menjawab ya memang ada unsur kritik itu lah, sedikit. Maaf saya lupa. Mungkin kalau Dita membaca ini, bisa menjawab pertanyaannya. :p

Anyway, ini sedikit foto dari acara Rabu siang itu. Waktu Iyub mengundang saya ke sana, dan saya bertanya untuk majalah apa Yub?

“Majalah Multiply aja Leh,” dia tertawa.

Jadi, ini dia Yub, liputannya.

13 Comments:

Anonymous dynna dynna said...


ga sabar nunggu kiriman cd video klipnya dari teman2 di tarq..
madly in love with this song!

March 09, 2008 5:39 PM  
Anonymous Ballad Strangers said...

wah..belum pernah dengar tuh..jadi penasaran..

March 09, 2008 5:47 PM  
Anonymous fitrah kurnia said...

aih,,,gila, ide yg bagus nih

March 09, 2008 5:52 PM  
Anonymous Arfani Arfani said...

iya leh gw juga kaget waktu awal dengerin album ini

March 09, 2008 6:26 PM  
Anonymous Ade Putri Paramadita said...

Namanya Beben, Leh - kalau belum ganti -

March 09, 2008 6:35 PM  
Anonymous chairina hanum said...

cute

March 09, 2008 7:36 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

Anais hari sabtu tgl 8 maret ini ultah ke 2 lho oom! huhuhu

March 09, 2008 8:50 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

cerita lagunya sih absurd leh, gue bikinnya pas mabok skripsi dan yang lain-lain...intinya cuma mau nulis soal pita sama dasi...pas rekaman gue rubah dikit jadi tentang gimana lo bisa survive dalam hidup dengan cara lo sendiri, bahwa gak harus ideal kayak dongeng, dan gak harus ngikutin idealnya orang lain, dan ironis aja kadang2 kita tuh seperti 'running so fast, in order to stay'..gitu sih..inti lagu cuma di chorus, yang lain2 tetep absurd bin mabora...hahaha cuma nggak mungkin kan kalo gue tulis begitu di press kit ataupun gue kasih tau pas lagi press conference..:D

March 09, 2008 10:53 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

ah, soleh sih cuma mau curhat colongan kalau dia abis nonton film cinta lokal tiga kali back to back..hahaha

March 09, 2008 10:59 PM  
Anonymous nasta inda said...

ahahahahaha.. majalah multiply... lucuuu..

March 10, 2008 8:19 AM  
Anonymous nona cito said...

ah so sweet..
huks

March 10, 2008 11:26 AM  
Anonymous mvi novi said...

Hahahahahah......

March 11, 2008 7:16 PM  
Anonymous heri . said...

seperti nya kenal...

March 23, 2008 2:09 PM  

Post a Comment

<< Home