Monday, December 24, 2007

Teenage Death Star: 2002 - 2008




“Supaya orang tahu, wah gila, lama ya bikin albumnya, enam tahun,” kata Acong sambil menempeli dinding dengan lakban hingga bertuliskan 2002 – 2008.

Dia terkekeh.

“Tapi, malah tulisan itu bikin kesan hidup Teenage Death Star cuma sampe tahun 2008,” kata saya sambil tertawa.

“Ah, biarin aja. Tulisan ini emang sengaja biar orang punya pikiran macem-macem,” kata Acong.

Acong alias Sir Dandy Harrington adalah vokalis Teenage Death Star. Untuk selanjutnya, kita sebut saja Teenage. Seharusnya, disingkat TDS, tapi sejak Uga juga menyingkat The Dying Sirens dengan TDS, saya memilih untuk menggunakan kata Teenage ketimbang TDS.

Teenage selama ini bagaikan hidup segan mati tak mau. Dibilang tak pernah manggung, tidak juga. Dibilang tak membuat karya, tidak juga. Lagu-lagu mereka muncul beberapa kali di album kompilasi seperti JKT:SKRG dan OST. Janji Joni. Tapi, untuk ukuran band dengan para personel yang tak bisa dibilang minim pengalaman, cukup lama hingga akhirnya mereka merilis album perdana.

Dan Sabtu [22/12] siang itu, di Jalan Dago 498, mereka mengadakan syuting untuk video klip Absolute Beginner Terror dari album perdana Longway to Nowhere yang akan dirilis FFCUTS tahun 2008. Lagu klasik dari Teenage. Lagu yang di beberapa kali saya lihat penampilan mereka selalu membuat crowd menggila. Lagu yang entah bercerita tentang apa. Lagu yang konon, lirik penuhnya dibuat Acong sepuluh menit sebelum masuk studio. Lagu yang bagian terdengar jelas di kuping saya hanya bagian “I wanna see your daddy, I wanna see your mommy.” Lagu yang teriakan gitaris Alvin terdengar keras sekali.

“I’m a teenage!” Acong bernyanyi.

“Liar!” jerit Alvin.

Seperti dua orang tua yang kekanak-kanakan sedang berargumen. Yang satu memaksakan pendapatnya. Yang satu, walaupun sudah jelas tahu kawannya berbohong, masih saja menghabiskan enerjinya untuk berteriak menyanggah pendapat kawannya. Hehe.

Absolute versi baru ini terdengar lebih sophisticated setelah di-mix oleh Iyub Santamonica. Kalau versi lama, rock n’roll yang sangat kasar, mentah, liar, bernuansa jalanan, versi baru terdengar modern, megah, walaupun masih menyisakan liarnya, tapi tak terdengar terlalu kasar. Sepertinya nuansa album perdana mereka akan seperti itu. Saya baru mendengar beberapa lagu saja, jadi belum bisa menyimpulkan. Tapi, sejauh ini, saya bisa bilang kalau saya menyukai hasilnya.

Konon, ketika rekaman di studio milik Iyub, mereka memakai segala macam efek yang ada di sana, hingga membuat sound mereka berbeda dengan lagu-lagu sebelum era studio Iyub.

Soal lirik, Acong pernah berkata pada saya kalau dia—sebagai pembuat lirik—tak ingin memberi lirik yang membuat pendengarnya berpikir. “Kasihan nanti mereka. Udah pusing denger musiknya, eh juga harus mikirin liriknya,” dia terkekeh.

Dan jangankan orang luar, para personelnya sendiri—entah bercanda entah serius—mengatakan kalau bahkan mereka pun tak mengerti apa yang dibicarakan Acong dalam liriknya. Jadi, hanya si vokalis yang tahu apa yang dinyanyikannya.

* * *

Jam dua belas siang, ketika set sudah disiapkan, bassist Iyo belum juga datang. Padahal, dia sudah ditelepon dari jam sepuluh pagi. Dia bilang, ingin mengambil dulu amplifier, dan cymbal. Entah apa yang membuatnya begitu lama. Entah karena hari itu Bandung macet berat karena long weekend sialan membuat para pendatang berdatangan memenuhi Bandung [termasuk saya tentunya].

“Si Teenage mah kayak Spice Girls,” kata Alvin menirukan pendapat temannya, “susah banget dikumpulin.”

Wajar sebenarnya. Dengan komposisi para personel seperti mereka, agak susah untuk berkumpul. Tak hanya jarak, tapi juga kesibukan. Si vokalis, seniman dan desainer yang banyak beredar di Jakarta. Si bassist, vokalis band indie pop ternama. Si gitaris, vokalis rock n’ roll band yang entah sekarang statusnya masih hidup atau tidak, dan kini menjadi penulis karena katanya terpaksa untuk menyambung hidup karena Teenage tak bisa menghasilkan uang. Helvi, gitaris satu lagi, bos label. Dan drummer Firman, selain jadi bagian dari keluarga besar Seurieus, dia belakangan jadi anggota keluarga besar Black Morse Records.

Tapi, terlepas dari semua itu, pada dasarnya mereka sendiri sepertinya kurang memerhatikan dengan serius bandnya. Bahkan, menurut saya, mereka seperti yang kurang sadar kalau Teenage punya potensi untuk berkembang. Itu saya simpulkan setelah beberapa kali mendengar mereka mengatakan suka heran melihat banyak orang yang suka pada Teenage.

Selepas jam satu siang, akhirnya personel lengkap juga. Tapi, persoalan tak berhenti sampai di situ. Beberapa kali ketika mencoba menyalakan lampu, listrik di rumah itu mati. Padahal, biasanya tak begitu. Rumah kosong itu, juga dijadikan kantor majalah Fabric. Dan beberapa kali mereka mengadakan pemotretan menggunakan lampu, tak pernah terjadi begitu.

Hingga akhirnya, mas penjaga rumah mengajak berdoa bersama sebelum syuting dimulai. Setelah berdoa, dua buah lampu sorot akhirnya bisa dinyalakan tanpa membuat aliran listrik di rumah itu mati.

Anggun Priambodo, sang sutradara, hanya mengambil gambar dari satu sudut dan di satu tempat. Para personel Teenage diminta bermain musik mengikuti beat lagu yang sudah diturunkan. Badan boleh bergerak seperti biasa, tapi kocokan gitar, atau gebukan drum mengikuti beat yang lebih lambat dari versi aslinya itu. Ketika part mereka tak muncul di lagu, mereka disuruh diam mematung hingga datang lagi part mereka di lagu.

“Nu gelo! Nu gelo!” teriak Iyo sambil bergerak liar dan absurd.

Kecuali ketika datang gilirannya untuk mematung, yang lain juga bergerak tak jelas. Menaiki meja. Melompat lagi. Memainkan instrumennya. Memukul boneka Mickey Mouse yang tergantung. Merebahkan diri di lantai. Melakukan semua itu hingga lagu berakhir. Entah berapa kali pengambilan gambar dilakukan, saya lupa. Yang jelas, walaupun hanya berjalan sekira dua jam, itu sudah menguras tenaga mereka.

“Wah, gimana kalau manggung ya?” kata Acong ngos-ngosan.

33 Comments:

Anonymous Pugar Restu Julian said...

hahahaha kocak abis nih bocah!!!

December 24, 2007 9:14 AM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

sebenernya ini lebih indentik ke Teenage, karena gue pribadi jarang menyingkat jadi tds, kecuali kalau lagi sms intern thedyingsirens aja, hehehe...atau mungkin bisa kalau Teenage = TDS dan thedyingsirens = tds? =)

gue dah denger lagu2xnya dari si firman, dah ada pula di komputer gue hahaha...
and 1 thing 4 sure, firman itu multi instrumentalist! ada track yg dia sepertinya ngisi semua karena rekan2x yg lainnya pada gak hadir! hahahaha

dan sir dandy beberapa waktu berkata sesusah ini ia akan membuat proyek solonya, dengan dibantu oleh firman pada drums, iyo pada bass, alvin pada gitar, dan helvi pada gitar! hahaha

bocah gemblung!

December 24, 2007 9:19 AM  
Anonymous Hasief Ardiasyah said...

Dengan jambul = Iyo PS
Tanpa jambul dan klimis ke belakang = Iyo Teenage Death Star

December 24, 2007 9:21 AM  
Anonymous soleh solihun said...

hahaha. bener banget tuh. emang absurd ini band.

December 24, 2007 9:23 AM  
Anonymous soleh solihun said...

dan jangan lupa, plus lipstick.

December 24, 2007 9:24 AM  
Anonymous Agam Fatchurrochman said...

yang paling konyol memang 2002-2008.. R.I.P :)

December 24, 2007 11:01 AM  
Anonymous Felix Dass said...

Nah, ekspresi ini yang selalu gue suka dari bos gue. Dia selalu bisa monyong jika sedang main gitar bersama bandnya. Hahhaa...

December 24, 2007 12:17 PM  
Anonymous Felix Dass said...

Anyway, gue kemaren mikirnya lagu yang dibuat video klipnya single pertamanya, All That Glitters Are Not Gold. Oh ya, band ini nggak mau promosi loh. Kebayang nggak lo kalo harus mengawal orang2 tua ini promosi. Hahhaa... Pabeulitttt...

December 24, 2007 12:20 PM  
Anonymous fitrah kurnia said...

siapppp,,tinggal nunggu lanchingnya aja...

December 24, 2007 12:24 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

Diem Lu Lix! Ribut banget!

December 24, 2007 12:47 PM  
Anonymous Ekyno 3 said...

nu gelo nu gelo! bocah-bocah tua nakal...

December 24, 2007 1:51 PM  
Anonymous arian tigabelas said...

ini para personilnya sudah tidak ada yang usianya kepala 2 ya? Helvi sekarang 36 kan ya? eh, atau 37? Achong 35. emang anak muda sekarang kalah sama yang tua2. canggih. :D

December 24, 2007 4:29 PM  
Anonymous Felix Dass said...

Aduh, Mas Dido! Nanti saya selotip mulutnya mau nggak?

December 24, 2007 5:28 PM  
Anonymous Antruefunk Yeah said...

inilah sumber kebisingan dan bencana itu. b.a.h.a.y.a.

hehehe

btw bukannya si acong baru beli gitar baru? ko ga dipake ya

December 24, 2007 8:53 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

huhuhu denger2 mau rilis double album tapi cd yg satu lagi cd kosong, jadi kalo temennya yg beli album ga punya duit, tinggal ngerip doang...ahahahah bodor!

December 24, 2007 8:55 PM  
Anonymous Antruefunk Yeah said...

drum custom ini canggih banget. beli dimana ya?

cocok banget buat si Firman nih. drumset-nya sehumoris orangnya. x)

December 24, 2007 8:59 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

achong bahkan dah beli ampli nto! hehehe...mau beli mic juga dia...tapi buat diancur2xin pas manggung katanya! hehehe

December 25, 2007 12:38 AM  
Anonymous dedidude dedidude said...

FRED DRYERR!!

December 25, 2007 12:53 AM  
Anonymous pelacur korporat said...

Anjis. Fred Dryer! hahahahaahahaha... Hunter & Dee Dee Mc Call! hahahahaha

December 25, 2007 5:24 AM  
Anonymous soleh solihun said...

hahahaha. joke-nya oldskul gitu ded. :p

December 25, 2007 6:43 PM  
Anonymous entil litne said...

hahaha... hihat keluaran cipayung tuh hehehe...

December 25, 2007 9:49 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

Ah! Kamu! Beraninya hayany di dunia maya! AYo Tujukan kemaluan mu yg super duper rawit itu pada dunia lix! Ngehe! hahahaha... Kamu palsu lix! P-A-L-S-U!

December 26, 2007 8:46 AM  
Anonymous Ricky Andrey said...

itu karena yang tua tidak mau kalah dengan yang muda.

December 26, 2007 9:21 AM  
Anonymous Ekyno 3 said...

denger2 acong suka bikin kegaduhan di taman sari subuh2 akibat gitar barunya hahhah

December 26, 2007 4:26 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

liat band ini jadi inget saat mereka manggung di BB's menteng beberapa taun silam.. mas iyo.. betapa hebatnya permainan bass mu saat itu sampai penonton menggila... mas iyo.. i know what happen that nite with ypur bass ampli.. ahhahaha... salute! Say Oi! Oi! Oi!

December 26, 2007 4:39 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

loh kok nama gue ada disini yah?

January 01, 2008 11:32 PM  
Anonymous firman deathstar said...

Iyah yah, kenapa yah.. Gw gak ngerti hehehehe..

January 03, 2008 12:59 AM  
Anonymous Koil Killer said...

futuriztique sekalii....bibirnyaa kamu man

January 16, 2008 2:49 AM  
Anonymous upie upie said...

Abde Slank

April 30, 2008 6:29 PM  
Anonymous upie upie said...

lebih mirip VJ MTV..coba tebak!!

April 30, 2008 6:31 PM  
Anonymous upie upie said...

ayo jhodi...

April 30, 2008 6:32 PM  
Anonymous upie upie said...

marlon brando

April 30, 2008 6:32 PM  
Anonymous upie upie said...

SATRIO bergitar

April 30, 2008 6:33 PM  

Post a Comment

<< Home