Wednesday, June 15, 2005

Susahnya Memilih

Hidup itu, adalah membuat pilihan.

Milih baju. Milih makanan. Milih pasangan. Milih presiden. Milih partai. Dan sejuta pilihan lain yang harus kita ambil tiap hari. Tapi, kadang-kadang menentukan pilihan itu tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi memilih sesuatu yang tidak sederhana.

Saya mengalami itu sekarang.

Milih mana? Terus jadi penyiar, tapi tinggalkan pekerjaan jadi jurnalis--di majalah yang harus saya akui, masih amat sangat nyaman? Atau, terus jadi jurnalis, tapi tinggalkan karir penyiar yang baru saya rintis--pekerjaan yang juga pernah saya impikan, yang sekarang sepertinya begitu mulus datang kepada saya.

Pihak radio, menjanjikan kepuasan finansial. Setidaknya, lebih dari yang saya terima di majalah. Sementara, pihak majalah, hanya menjanjikan pengangkatan jadi karyawan. Tidak lebih.

Sekarang, saya harus memilih. Tinggalkan salah satu. Padahal, saya dulu pernah berniat, tidak akan mau menerima tawaran meninggalkan majalah ini, apapun bentuknya. Minimal harus satu sampai tiga tahun kerja. Itu yang pernah terlintas di kepala saya, ketika diterima kerja di majalah ini. Dan sekarang, kesungguhan akan niat itu sedang diuji Tuhan.

Benar-benar dilema. Dua-duanya adalah mimpi saya. Dan ternyata, saya tau sekarang, kalau tidak selamanya mimpi itu mudah didapat. Kalaupun mungkin, awalnya seperti mudah didapat. Dua pekerjaan ini. Tapi, ternyata kini saya menghadapi saat-saat paling sulit dalam hidup saya.

Ini tidak semudah memilih makanan. Karena, apapun pilihan saya, masa depan saya dipengaruhi ini. Dan itu yang berat. Memikirkan masa depan. Walaupun rejeki sudah diatur, tetap saja, saya bicara masa depan! Walaupun seringkali, saya tidak terlalu pusing memikirkan masa depan, saya tidak mau salah menentukan pilihan.

Tapi, ini berat. Benar-benar berat.

2 Comments:

Blogger AryaNst said...

Halo Le...

Kalo mo bener2 yakin... Istikharah Le...

Tapi kalo kata gua mah, ambil yang jadi penyiar Leh! Jalan menuju ketenaran tuh! bentar lagi gantiin Indra Bekti di Ceriwis dah :D!

Well, yang mana pun, sukses terus buat lu Le!

June 16, 2005 12:05 AM  
Blogger aris said...

Orang kalo mau milih itu dia harus well-informed. tau selengkapnya tentang hal yang bakal dia pilih. Setelah itu balik nanya ke hati....

June 17, 2005 11:13 AM  

Post a Comment

<< Home