Saturday, May 28, 2005

Mempertanyakan Kebahagiaan

Apakah kamu bahagia?

Sekitar seminggu lalu, teman saya bercerita. Saya tidak tau, apakah saya boleh menyebutkan namanya di sini. Jadi, saya tidak akan sebutkan di sini. Kembali ke cerita tadi. Karena kesibukannya yang menyita waktu--bekerja di akhir pekan, tidak kenal 9 to 5, dan sepertinya hampir tidak ada kata libur--dia disudutkan keluarganya. Karena jalur yang ditempuhnya, sedikit berbeda dengan anggota keluarga yang lain.

Suatu saat, teman saya itu disudutkan. Karena itu tadi, bekerja di tanggal merah. Dan yang membuatnya semakin disudutkan, adalah terlontarnya kalimat, "Apakah kamu bahagia?"

Saya juga jadi bertanya-tanya. Apakah kalau seseorang tidak melakukan apa yang mungkin ideal bagi banyak orang, jadi tidak bahagia? Apa hak kita menanyakan kebahagiaan orang lain? Apakah karena teman saya tidak bekerja kantoran, dan harus kerja di hari libur atau akhir pekan berarti tidak bahagia?

Mungkin keluarganya bermaksud baik. Hanya ingin melihat teman saya itu bahagia--versi mereka. Tapi, yang mungkin mereka tidak tau, adalah bahwa teman saya itu bahagia kok dengan pilihannya.

Ini saya rasa sering terjadi pada banyak orang. Mungkin juga kamu. Mempertanyakan kebahagiaan orang lain. Dan berusaha membuat orang lain mengikuti saran dan caramu. Cuma karena kamu bisa bahagia dengan cara yang kamu tempuh.

Saya cuma mau berkata, jangan sekali-kali mempertanyakan kebahagiaan orang lain. Dan jangan memaksakan cara-cara tertentu, agar orang lain bahagia. Karena kebahagiaan itu tidak bisa dipaksakan.

Ah sudahlah. Bingung? Maaf.

3 Comments:

Blogger hawe said...

sepakat bung Soleh! Kebahagiaan itu harus dilihat dari konteks individu masing-masing. Eta mah relatip, ya kan? Orang berhak atas kebehagiaan buat dirinya sendiri. Tapi, lebih bahagia lagi kalau kebahagiaan kita itu dibagi dengan seseorang yang spesial. betul?

May 30, 2005 10:56 PM  
Blogger LUNATIC DWEEBSTARR said...

gantung aja kalau ada yang nanya gitu!!! peduli setan. [lho?? ngamuk???]

June 01, 2005 10:16 AM  
Anonymous Anonymous said...

membaca seluruh blog, cukup bagus

January 05, 2010 7:55 AM  

Post a Comment

<< Home