Friday, January 06, 2006

Orangtua, Perempuan Setengah Telanjang dan Rencana Jangka Panjang

Ini tentang saya dan pekerjaan saya.


Kamu mungkin pernah baca tulisan saya soal sekarang saya jadi feature editor di taman bermain yang baru. Ya. Secara karir saya meningkat. Dari reporter jadi feature editor. Finansial juga tentunya meningkat. Alhamdulillah. Tapi, tanggungjawab juga semakin berat. Itu konsekuensinya. Saya bahagia. Tentu saja.


Apalagi setelah mengetahui kalau orangtua saya merestui kepindahan saya ke majalah ini. "Bukannya itu majalah porno ya kalau di luar negeri mah?" tanya ayah saya. "Ya yang di sini mah, gambarnya nggak akan seperti di sana," jawab saya. Sementara ibu saya, sepertinya tidak banyak tau soal imej taman bermain itu.


Intinya, saya dapat restu mereka. Yang mereka khawatirkan justru bukan soal isi majalah--agak heran juga saya, padahal mereka cukup relijius. Jauh relijius dari saya--tapi soal kesejahteraan dan kepastian bekerja di sana, ketika saya bilang sudah pindah kantor. "Kerja teh sering banget pindah-pindah ya," kata ibu saya singkat.


Orangtua saya dari dulu memang selalu mendukung keputusan saya. Alhamdulillah. Walaupun seringkali, mereka bertanya apakah saya tidak tertarik jadi pegawai BUMN, tapi mereka membiarkan saya memilih pekerjaan yang saya sukai.


Tapi, masih ada orangtua yang belum saya hadapi.


Orangtua pacar saya. Maklum, saya dan Tetta sudah punya rencana jangka panjang soal hubungan kami. Dengan kata lain, kami memandang serius hubungan ini. Tidak untuk main-main. Doakan kami ya. Hehe. Ah jadi melantur. Kembali ke topik pekerjaan. Singkatnya, orangtua Tetta belum tau kalau saya sekarang bekerja di taman bermain yang baru. Yang mereka tahu, saya wartawan. Itu saja. Dulu sih, waktu di Trax saya bilang, saya kerja di majalah musik.


Sampai sekarang, mereka belum bertanya lagi. Untungnya. Hehe.


Ini persoalannya. Ayahnya sedikit konservatif. Dari sekian banyak pandangan dia, gambar-gambar perempuan seksi di media, adalah salah satu yang tidak dia sukai. Satu waktu, dia melihat kalender keluaran Rip Curl, yang jadi bonus Trax. "Ini apa sih? Kok banyak gambar orang telanjangnya?" katanya mengomentari gambar perempuan dengan bikini sedang duduk di pinggir pantai.


Itu baru secuil. Kata pacar saya, beberapa waktu yang lalu juga dia pernah berkomentar soal gambar perempuan seksi. "Jadi kamu jangan bilang dulu sama papa ya," kata pacar saya soal pekerjaan yang baru ini. Saya mengikuti sarannya. Dan saya memaklumi hal ini. Wajar saja, saya yakin bukan cuma orangtua pacar saya yang keberatan soal itu.


Ironis. Soalnya, saya sering menggoda teman saya, yang tidak ingin namanya muncul di taman bermain itu. Ada hubungannya dengan keluarga, intinya seperti itu. Chicken. Begitu saya sering menggoda dia. Padahal, saya sendiri masih takut akan pendapat orangtua pacar. Dan sebisa mungkin menghindari obrolan soal pekerjaan saya.


Dua orang kakak dan suaminya masing-masing sih, sudah tau. Hanya satu orang kakaknya--yang kata pacar saya cukup konservatif--dan para paman serta bibinya yang belum tau. Karena memang saya juga belum ingin mereka tau. Maklum, saya masih berusaha mendapatkan perhatian mereka. Kalau posisi saya sudah cukup aman, mungkin saya akan lebih berani.


Tapi sebelum itu terjadi, saya masih harus tetap menghindari obrolan soal pekerjaan. Dan berdoa semoga saja mereka bisa terbuka dan menerima saya apa adanya. Seperti juga pacar saya menerima saya apa adanya. Bukan begitu sayang? :)


Salam,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home