Monday, April 02, 2007

Jalur Pantura




Jeffri, sahabat saya, menikah Sabtu [31/3] kemarin di Semarang.

Saya kenal dia sejak SMA. Lulus SMA, dia tinggal selama lima tahun di rumah saya, selama kuliah. Itu sebabnya keluarga kami dekat juga. Makanya, ketika kemarin dia menikah, saya dan keluarga pergi ke Semarang. Dan melewatkan undangan resepsi pernikahan Alvin dan Uwie.

Seperti biasa, setiap ada undangan pernikahan, orangtua selalu menyindir. Alhamdulillah, setahun setengah ini saya punya pacar. Jadi, sindiran mereka tidak terlalu berpengaruh buat saya. Apalagi karena Tetta masih kuliah. Saya masih bisa dengan tenang tidak memedulikan sindiran mereka.

Kami naik mobil melewati jalur pantura. Seingat saya, ini kali pertama saya melewati jalur itu. Dan benar apa kata orang, jalur itu dipenuhi truk. Di mana-mana ada truk. Mulai Jatinangor hingga Semarang, truk menghiasi pemandangan jalur pantura.

"Mereka yang menggerakkan roda perekonomian nih," kata bapak saya.

Truk dan ocehan bapak saya mewarnai perjalanan selama kurang lebih sembilan jam itu. Maklum, bapak saya suka sekali bicara. Saya kadang suka malu kalau dia tidak henti-hentinya berbicara. Hehe. Alin yang pernah mendengarkan langsung kelincahan bapak saya bicara hanya bisa geleng-geleng kepala. :D

Kembali ke truk. Mereka jalannya pelan. Dan kurang ajarnya, sering kali mereka ada di jalur kanan. Padahal, sepanjang jalan saya lihat papan bertuliskan truk dan bus di jalur kiri, jalur kanan hanya untuk mendahului. Ini membuat kendaraan lain terhambat. Apalagi kalau sudah ada dua truk berjalan pelan di dua jalur.

Walau begitu, agaknya saya harus memuji kesabaran sopir-sopir itu. Berjalan pelan, beratus-ratus kilometer, untuk entah berapa jam. Cuma, jarang sekali truk yang keren, dengan bak terbuat dari besi. Lebih banyak truk-truk bak terbuka. Di luar negeri, kehidupan sopir truk bisa jadi film, dan gaya mereka bisa jadi inspirasi untuk fashion. Nah, saya penasaran bagaimana jadinya kalau sopir-sopir truk lokal jadi inspirasi.

Di Semarang, kami berjalan-jalan sebentar ke kota tua. Irman, teman SMA saya yang sengaja datang ke Semarang, ikut bergabung di sini. Juga OO, teman SMA saya yang beristrikan orang Semarang.

Foto-foto kota tua di sini, hasil jepretan adek saya. Sedangkan foto-foto lainnya, saya ambil dari dalam mobil di sepanjang jalur pantura. Ketika saya tidak tertidur tentunya. Maklum, yang bergantian menjadi sopir adalah bapak dan adek saya.

Saya hanya duduk menikmati perjalanan. Hehe.

21 Comments:

Anonymous pelacur korporat said...

biasanya foto2 kayak gini emang foto istri/pacar/gebetan/selingkuhan si pemilik dan supir truk. gue pernah liat film dokumenter tentang seni melukis truk di sebuah stasiun TV lokal. si pembawa acara kebetulan nanya siapa obyek foto-foto cewe di truk tsb, dan itu jawabannya. selain itu juga bisa artis2 idola si supir..hahaha

April 02, 2007 7:07 PM  
Anonymous soleh solihun said...

ooh pantesan nggak familiar buat gua. kirain emang dasar pelukisnya aja nggak bagus. hehe.

April 02, 2007 7:10 PM  
Anonymous Manda Mandey said...

lo tau dong, Leh..kl Reza punya truk bakal ada muka siapa di situ ?
sebelah kanan ada muka si Ian lengkap dengan bubble berisi dadadam dadadam...
sebelah kiri ada muka Mulan Kwok..
di belakang tengah ada muka Angel Lelga....dengan selipan Bang Oma...
Zizizizizizizi....

April 02, 2007 7:21 PM  
Anonymous soleh solihun said...

hahaha. yah, karena elu yang nulis, rasanya gua percaya itu man. sepertinya kalian sudah saling tau keburukan masing2. :p

April 02, 2007 7:25 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

kalo elo pasti lukisan lidah stones segede alaihim di belakang, kan leh? hahahaha

kalo manda sih gue tau, wallpaper komputernya aja konon foto pasha ungu, lengkap dengan anting sebelah..hahaha

April 02, 2007 7:30 PM  
Anonymous Manda Mandey said...

kikikikikik.....jangan lupa pake "G" yang ada tanduk, Rez......kikikikikik.....
*gue kok jadi lupa wallpaper sendiri ya*

April 02, 2007 7:33 PM  
Anonymous soleh solihun said...

manda? pasha ungu? ckckck. nggak nyangka. hahaha.

April 02, 2007 7:42 PM  
Anonymous Manda Mandey said...

heh..heh..heh...gak bener nih kl udah ada sambutan2 gak jelas gini....
males bangeeeeeeeeet...........

April 02, 2007 7:44 PM  
Anonymous veronica kusuma said...

mas, kalo di pantura jatim biasanya bertuliskan 'gajah oling'. duhhh.

April 02, 2007 8:43 PM  
Anonymous soleh solihun said...

iya. itu juga banyak keliatan kok di truk2. katanya sih itu preman ya? jadi, yang udah ada tulisan gajah oling nggak akan kena pungli lagi di jalan.

tapi, gua liat ada yang tulisannya gajah mujur. .

April 02, 2007 8:57 PM  
Anonymous dewi deme said...

Kamu sempet berobat ke sana, ya? *berpikir keras, kira-kira Soleh butuh jasa yang mana.;))*

Kira-kira di tempat itu, laku-an mana yah antara berobat mata, atau yang spesialis (ambien, lemah syahwat, rematik)? *pertanyaan ga penting*

April 02, 2007 9:54 PM  
Anonymous Eric Wiryanata said...

Saya hanya duduk menikmati perjalanan. Hehe.


huhuu ga bisa nyetir ya??? sama gue juga, ade dan bokap bergantian nyetir. saya beristirahat...

April 02, 2007 10:48 PM  
Anonymous tika as lowquacity underciter said...

road trip selalu menyenangkan ya

April 03, 2007 12:14 AM  
Anonymous Syauqy Lukman said...

aku malu tak bisa datang... tadi pas ditelfon si etak sigana kecewa... hiks...

April 03, 2007 12:35 AM  
Anonymous veronica kusuma said...

haha, gajah mujur? apanya gajah mungkur? *tambah nggak penting*

April 03, 2007 10:47 AM  
Anonymous soleh solihun said...

eric: bisa ric. tapi, paling males kalo disuruh nyetir. selama mereka berdua masih kuat nyetir, sih mendingan gua duduk nyaman. hehe.

April 03, 2007 1:03 PM  
Anonymous anggia elgana said...

ko ade-mu yg namanya ade-ade bayu rahman gak ikut siy? eh ngeliat foto adek-mu yg perempuan jd inget, jaman kuliah dulu klo sy nlp ke rmh nyariin ade-mu yg namanya ade-ade bayu rahman yg ngangkat si adek-mu yg perempuan itu, trus dia sk judes gituu.. hiks hiks..

April 03, 2007 5:10 PM  
Anonymous Lika Aprilia said...

oohh.. ternyata genetik toh..
=p

April 03, 2007 5:10 PM  
Anonymous soleh solihun said...

anggi, si ade ikut kok. kan dia yang motret. makanya nggak keliatan di foto. nama dia ade bayu indra, bukan ade-ade bayu rahman. masa' sama temen sejurusan lupa. ckckck. ade gua yang perempuan mah emang begitu nada bicaranya. gua juga suka heran. :D

April 03, 2007 5:24 PM  
Anonymous shiny littlestar said...

ade bayu indra jagowan.
fotonya kewren-kewren euy!

April 10, 2007 2:46 PM  
Anonymous agasyah karim said...

kayaknya cukup potensial buat dijadiin setting film horor. cuman yg foto pertama itu kok sekelilingnya sawah ya? bukan hutan leh?

July 23, 2007 9:17 AM  

Post a Comment

<< Home