Tuesday, September 09, 2008

10 Fakta Tentang Saya

Beberapa hari lalu, Alin men-tag saya untuk ikut permainan ini. Maka, inilah respon saya atas tag Alin:


1. Obsessive Compulsive Disorder. Saya baru tahu istilah ini setahun terakhir. Setelah tahu, ini menjelaskan beberapa perilaku saya. Sejak masih di bangku TK, setiap memakai sepatu, saya selalu ingin panjang kedua talinya sama. Saya belum bisa berangkat jika dua talinya belum sama panjang. Dan ini masih berlangsung hingga sekarang, walaupun tak separah dulu. Di kampus, saya sering kali meninggalkan kampus dalam jam-jam  yang pas. Misalnya, jam empat pas. Jam lima pas. Jam setengah empat pas. Saya kira, dulu saya mengatakan itu karena ingin mengulur-ulur waktu supaya bisa lebih lama di kampus dan supaya teman-teman mau menunggu, ternyata setelah saya tahu ada yang namanya OCD, hal itu bisa dijelaskan.

2. Dancing Queen. Kata ibu saya, ketika saya berumur sekira dua tahun, saya sangat menyukai lagu ini. Sering kali saya memaksa untuk diputarkan lagu ini. Dan bisa menangis jika tak diputarkan permintaannya. Saya tak ingat tentu saja.

3. Pernah mimpi basah di lapangan sepak bola di saat ospek. Tepatnya di dalam tenda peleton. Kejadiannya tahun 1997. Sekira dua hari sebelum Lady Diana meninggal dunia [saya ingat benar, ketika pulang dari ospek melihat berita teve kalau Lady Di meninggal]. Entah kenapa, setiap kali saya lelah, dengkul dan kaki pegal, sering kali malam harinya bermimpi basah. Nah, ospek sudah pasti melelahkan. Mungkin itu sebabnya. Mungkin juga karena anggota Tatib perempuan, angkatan ’95 Fikom Unpad sebagian besar berwajah cantik, menarik, dan bertubuh wangi. Bukannya takut dan kesal, saya malah senang dimarahi mereka dalam jarak yang sangat dekat. Hehe. Dulu saya malu setiap teman-teman saya meledeki soal ini. Tapi sekarang, ah kenapa mesti malu. Tak semua orang bisa merasakan mimpi basah di tempat dan saat seperti itu, bukan? Mungkin ini menandakan saya bisa melihat sisi positif dari kegiatan yang sangat penuh tekanan sekalipun.

4. Waktu TK, selalu tak ingin dipotong rambut karena teman-teman TK rata-rata gondrong dan berambut seperti Adi Bing Slamet. Hingga suatu saat, saya menggunting sendiri poni depan rambut saya supaya terlihat seperti belah tengah, tapi tanpa harus dibelah. Saya bikin belah tengah itu permanen dengan menggunting poninya. Akhirnya ibu saya malah menggunduli kepala saya. Akibatnya, saya malah malu karena teman-teman meledeki saya Pak Ogah.

5. Medio ’88, rumah keluarga kami pindah dari sebuah daerah bernama Desa Narogong, ke Kompleks BTN di Gunung Putri. Narogong adalah daerah yang sebagian besar penghuninya berbahasa Sunda. Sedangkan Gunung Putri, terdiri dari banyak suku. Ada yang Jawa, Sunda, bahkan Betawi. Di hari-hari pertama kami pindah, saya malu untuk berbicara. Pasalnya, bahasa Indonesia saya tak fasih. Bahkan ketika disuruh ke warung beli telur dan pulpen pun, saya malah menggunakan ‘endog’ dan menggunakan kata ‘ballpoint’ yang diucapkan dengan volume yang sangat kecil karena takut salah. Belakangan saya tahu bahwa kata ‘pulpen’ juga adalah bahasa Indonesia.

6. Pernah mencoba belajar memainkan gitar ketika SMA tapi menyerah. Pertama, karena jari saya jadi kapalan dan saya kesal. Kedua, karena gitar di rumah selalu fals, tak ada yang bisa menyetem, jadi bagaimanapun saya memainkannya, selalu terdengar fals. Ketiga, karena di saat saya ingin belajar memainkan gitar, eskul bela diri dan baris berbaris lebih menyita waktu saya.

7. Bicara soal fals, ketika SMA, saya selalu menuliskan nama Fals di belakang nama saya. Soleh Fals. Bahkan, di buku tahunan pun, saya menuliskan nama itu di bawah tanda tangan saya. Baru setelah kuliah saya meninggalkan kebiasaan itu. Beberapa teman SMA, kadang masih suka meledek saya dengan nama Fals ini jika bertemu.

8. Pernah menjadi santri terbaik di pesantren kilat ketika kelas dua SMP. Padahal, kerjaan saya sebulan penuh selama pesantren kilat itu, hanya tidur. Tak pernah mendengarkan khotbah. Predikat ini rupanya saya dapatkan setelah saya menjuarai lomba pidato di sana. Naskah pidatonya, adalah naskah lama yang saya hapal ketika harus lomba pidato alias khotbah waktu masih kelas 6 SD. Dan di masa ini, saya sempat ingin bercita-cita antara menjadi ABRI [karena seragamnya terlihat gagah], atau ulama [karena waktu itu saya mengidolakan Zainuddin MZ, yang pandai bicara dan kocak].

9. Pernah ikut-ikutan mencoba merokok, ketika SMP. Segala macam rokok saya coba—kecuali ganja, dari mulai Gudang Garam, Dji Sam Soe, hingga Marlboro. Tapi, tak satupun meninggalkan kesan yang menyenangkan. Itu sebabnya saya tak suka merokok.

10. Pernah tergila-gila sama dunia kebatinan dan kanuragan. Niatnya ingin menjadi jagoan atau ahli bela diri. Entah karena pengaruh film-film Kung Fu yang sering saya tonton. Entah karena pengaruh pergaulan. Akibatnya, pernah ada masanya saya sering bermeditasi di kamar tidur. Membaca banyak wirid setelah sholat. Hingga tak makan daging selama tiga bulan lebih, demi [katanya sih] melatih mata batin dan mengenal diri sendiri. Hahaha. Masa vegetarian itu hancur pada saat kami kuliah lapangan dan di saat-saat lapar kampus hanya memberikan makanan KFC. Wangi daging crispy dan ratusan orang memakan KFC dengan nyaman akhirnya membuat saya melupakan program. Aah, lupakanlah kebatinan. Yang penting perut kenyang. Nikmat Tuhan jangan disia-siakan. Begitu pikir saya. Sekarang, saya tak lagi menekuni dunia itu. Karena saya tahu, bahwa masih ada yang lebih hebat dari jago silat bela diri. Yaitu silat lidah.

Oke, karena saya harus men-tag teman-teman, maka orang-orang di bawah ini akan saya tag [teman kosan dan teman kantor, yang ada di depan mata saya dan sepertinya agak aktif di Multiply];


   1. Arian13.
   2. Ernest Prakasa.
   3. Anastsia Meira.
   4. Ricky Siahaan.
   5. Wendi Putranto.
   6. Hasief Ardiasyah.
   7. Wening Gitomartoyo.
   8. Yarra Aristi.
   9. Adib Hidayat.
  10. Edy ‘Khemod’ Susanto, ini karena kantornya paling dekat sama kosan.

52 Comments:

Anonymous wage egaw said...

ari ilmu kanuragan ameh ente bisa menghilang leh..jadi jumper kitu?hahaha

September 09, 2008 5:19 PM  
Anonymous soleh solihun said...

lain nu. supaya bisa kebal bacok. jadi bisa memberantas kezaliman di muka bumi. hahaha.

September 09, 2008 5:25 PM  
Anonymous wage egaw said...

wahahha.bener pilihan nu mun teu ngaleungit, kebal bacok jeung bisa ngapung.hahhaha

September 09, 2008 5:28 PM  
Anonymous Ricky Andrey said...

hahahaahahahahahaha!

lucu abis leh, lucuuuuu.

September 09, 2008 5:29 PM  
Anonymous Fifi ... said...

hihihi, ini malah membuat gue tertawa karena lucu loh leh membayangkanya... aduh nulis reply nya aja masih pegel nih pipi ketawa..

September 09, 2008 5:31 PM  
Anonymous shintaro - said...

kayaknya tag ini lagi musim yes, hoho

September 09, 2008 5:32 PM  
Anonymous tika as lowquacity underciter said...

aaaaawwww.... soleeeh... lucu banget sih.

September 09, 2008 5:33 PM  
Anonymous Felix Dass said...

Waktu baca dari atas, ketika elo bilang ekskul baris-berbaris lebih menarik, gue langsung beranggapan Soleh Solihun muda ingin jadi ABRI. Ternyata betul. Ah, gue membayangkan elo jadi ABRI, Leh. Cocok loh dari karakter mukanya.

Haha.

September 09, 2008 5:34 PM  
Anonymous ric ky said...

yang ini sama. mau tiba2 ada bom meledak di mana n mesti liputan, tali sepatu mesti sama panjang dulu. si nara stres tuh pas tau gw kaya gitu waktu liputan darurat militer di aceh dulu. mana gw pake boot yang talinya panjang;p

September 09, 2008 5:35 PM  
Anonymous sazkia r. gaziscania said...

hahahaa...oohh ini toh nama penyakitnya... sama dong!! gw juga suka gini. malah kadang2 kalo mau memulai sesuatu suka di pas-pas in harinya. Misalnya mau ngerjain sesuatu, tapi ini hari jumat, nanti saya pas-in ke hari senin..biar pas.. hehehheee... termasuk OCD ga?

September 09, 2008 5:37 PM  
Anonymous veronica kusuma said...

tulisan mas soleh selalu lucu ah.

September 09, 2008 5:42 PM  
Anonymous *_^ happy => said...

wewww... jangan jadi tatib! hahahaha ternyata soleehh.. astagaa..

September 09, 2008 5:58 PM  
Anonymous Iman Fattah said...

kok yang di tag anak kantor semua leh?

hehehe...

September 09, 2008 6:05 PM  
Anonymous Manda Mandey said...

ahuahuahua...gue juga ada OCD....

September 09, 2008 6:12 PM  
Anonymous upie upie said...

Leh..ari cerita asmara dengan si Cici a.k.a duplikat Marini Zumarnis kumaha tah? hehehe...kanuragan, kebatinan & crispy ge jigana lewaaatttt....

September 09, 2008 6:28 PM  
Anonymous ric ky said...

disembunyikan!!!

September 09, 2008 6:57 PM  
Anonymous soleh solihun said...

semua yang dipilih atas pertimbangan biar gampang man. yang keliatan di depan mata aja.

September 09, 2008 8:45 PM  
Anonymous soleh solihun said...

tak perlu diceritakan. karena memang tak ada kisah asmara. hehe.

September 09, 2008 8:46 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

pantesan beungeut maneh jiga kitu leh!

September 09, 2008 8:55 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

Tapi urang inget maneh mun nyelaan urang sok tara eureun.. baheula urang bisa ngeureunkeun eta.. hanya 1 kata kuncinya... "KABOGOH"! ahahahha...

September 09, 2008 8:57 PM  
Anonymous soleh solihun said...

tah, ayeuna mah urang geus teu bisa diserang deui ku maneh do. da geus boga kabogoh. tapi, beungeut maneh masih jiga hedi yunus. hahahaha.

September 09, 2008 8:59 PM  
Anonymous soleh solihun said...

tah, ayeuna mah urang geus teu bisa diserang deui ku maneh do. da geus boga kabogoh. tapi, beungeut maneh masih jiga hedi yunus. hahahaha.

September 09, 2008 8:59 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

Anjing! Bahaya maneh leh.. anggeur ngahinaan aing keneh... goblosss.... ugh! tenang do.. tenang.. sebenerna urang mah anakna Morrissey leh.. maneh tong beja2 nya? ahahhaha...

maneh euy... teu inget keur manggung jeung urang... dengan jelkul dan iket pinggang spike eta? ahahahah... geump[eurna euweuh dua maneh.. ahhahaha...

September 09, 2008 9:04 PM  
Anonymous soleh solihun said...

oh eta mah geus pernah ditulis di multiply do. geus lila. tenang we, eta mah berkesan. tapi kusabab geus ditulis, urang embung mengulang deui.

September 09, 2008 9:07 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

lain masalah pengulangan leh.. masalah nongtod bo'ol ieu mah! ahahhaha...

September 09, 2008 9:09 PM  
Anonymous soleh solihun said...

bukan lebih menarik lix. tapi, lebih menyita waktu.soalnya, masuk eskul baris berbaris juga bukan karena keinginan sendiri, tapi karena dijebak. jadi, di sma 3 bogor, anggota paskibra itu dikumpulin dalam satu kelas. asal tinggi badannya mencukupi, anak2 itu dijebak ke kelas yang isinya paskibra semua. nah, gua termasuk yang malas mangkir dari perintah latihan baris berbaris. padahal, di fase ini gua udah nggak mimpi jadi anggota ABRI, karena udah berkacamata. waktu sd sih, belum berkacamata.

September 09, 2008 9:54 PM  
Anonymous Karlina Octaviany said...

Haha kalo gw mah ga bs jadi ABRI karena pendek.Yg no10 tuh pertanda lu ud cheap bastard dr dlu.Masa dgoda KFC doang hilang sudah kanuragan haha..

September 09, 2008 10:43 PM  
Anonymous rieska wulandari said...

"Obsessive Compulsive Disorder.. " serius Leh?Itulah sebabnya kenapa skripsimu panjangan 97 halaman? Supaya pas dengan tahun angkatan???

September 10, 2008 12:31 AM  
Anonymous soleh solihun said...

skripsi gua bukan 97 halaman ries. tapi 500 halaman lebih. hehe.

September 10, 2008 11:01 AM  
Anonymous tya scrumdiddlyumptious said...

kalo gua berhenti maen gitar soalnya jari gua terlalu buntet,,ga nyampe untuk banyak kunci..Terus sering ketuker jenis kunci sama posisi jari..Bokap gua ampe frustrasi karena anaknya sendiri justru ga ngerti pelajaran gitar yang dia sampaikan..hahaha...
eh,,tapi ada tau leh ilmu kanuragan yang cuma puasa 3 harian...hehe

September 10, 2008 2:03 PM  
Anonymous rieska wulandari said...

Wah, jadi itu hanya rumor belaka ya?? ooow..

September 10, 2008 2:29 PM  
Anonymous Mikail Maulana said...

soleh, ikutan lomba blog giiiiihhhhh.....ini link-nya...http://www.thebobs.com/
elu harus ikut, harus!!! pasti menang!!! gw dukung!!!

September 10, 2008 5:38 PM  
Anonymous soleh solihun said...

feed url itu apaan ya? gua mau daftar, tapi nggak ngerti pas itunya. hehe.

September 10, 2008 5:46 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

dan pengerjaannya lumayan lama yah le? sempet minder dengan teman2 seangkatan mu yg sudah mulai menghilang waktu itu.. kalau saya tidak salah kita ngobrol tentang ini di suatu sore di dekat mang udin.. saat soleh lagi jangar2nya dengan kuliah dan mulai melakukan aksi tagging di seputaran kampus dengan slogan khasnya.. "ZHOLECH was here!" hah! see? Soleh saja mengerti dari dulu akalu hal-hal macam ini bukanlah vandalisme.. ini adalah seni!

September 10, 2008 5:47 PM  
Anonymous soleh solihun said...

street art dalam level paling rendah do. hahaha.

September 10, 2008 5:48 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

leh.. nga di street juga kali! dimana2 ah.. nya di wc, yang paling banyak mah di bangku kuliah jeung di dinding mang Udin anu gd. 2! ahahahah...

September 10, 2008 5:49 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

ah iya leh... akhirnya kita semua pada gagambaran di dinding itu yah? gara2 maneh tah leh.. ahhahahahahah

September 10, 2008 5:54 PM  
Anonymous Karlina Octaviany said...

feed url: solehsolihun.multiply.com

September 10, 2008 8:50 PM  
Anonymous huckleberry finn said...

beeuh sugan teh rek Sundava, soleh sundava kitu.. cocokan eta cigana.. berhubung lain jago kanuragan da jago tinju matak nteu ngefans ka sundava teh mereun nya leh?

September 11, 2008 2:47 AM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

Eh? Jago tingju? Yakin leh?

September 11, 2008 12:13 PM  
Anonymous Nadi Tirta Pradesha said...

berlaku hingga angkatan 2008! :D :D

September 11, 2008 3:42 PM  
Anonymous Asri Arsiati said...

qeqeqeee... beruntungnya gw punya tulisan fals itu di buku tahunan gw.. ;P
y sangat mengganggu adalah lo nulisnya pake spidol merah, ditambahin puisi ga jelas dan tulisan yang asli ancur abisss!!!... makan tempat Leh! y laen ga kebagian tuhh...

September 11, 2008 4:44 PM  
Anonymous shiny littlestar said...

kok ga nulis kamu suka jijik liat buah?
xp

September 11, 2008 7:18 PM  
Anonymous ernest prakasa said...

gak ditulis ta, karena buah yang membuat soleh jijik hanyalah buah zakar.

September 11, 2008 7:42 PM  
Anonymous shiny littlestar said...

hahaha.

tapi serius loh nes, dia tuh jijik sama buah. liat rambutan teronggok aja dia geli.

September 11, 2008 8:23 PM  
Anonymous Mikail Maulana said...

serius ya leh, daftarin blog-lu...gw dukung nihhhh

September 11, 2008 9:11 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

wah teta! bahaya ini mah... buah dada juga geli? edannnn!!!!!

September 11, 2008 9:23 PM  
Anonymous shiny littlestar said...

huakakaka, kalo ini mah ga tau ya gw..

September 11, 2008 9:35 PM  
Anonymous arian tigabelas said...

"Spank me! Spank me harder! Please Dominatrix!"

x)

September 12, 2008 1:32 PM  
Anonymous arian tigabelas said...

iya, akan cukup intimidatif ya? :D

September 12, 2008 1:35 PM  
Anonymous Bang Bang Bang! said...

BDSM rules! {bondage and discipline (B&D), dominance and submission (D&S, D/S, or Ds), sadism and masochism (S&M or SM)}! ahahhaha...

curiga soleh suka dengan baju2 latex juga nih? bahaya! pantasi na? beuh!

September 12, 2008 2:57 PM  
Anonymous Mikail Maulana said...

http://www.thebobs.com/index.php?w=1220474036438703IMLGBTXX

SOLEEEEEHHHHH!!!!!! BLOG LU DAH MASUK THE BOBS!!!!!

PILIH SOLEH, TEMAN-TEMAAAANNNN!!!!

September 14, 2008 1:17 AM  

Post a Comment

<< Home