Monday, September 25, 2006

John Paul Ivan: "Walaupun Tanpa Boomerang, Aku Harus Bangkit Kembali!"






Akhir
Juli lalu, John Paul Ivan, eks gitaris Boomerang, memberi kabar soal
band barunya. Minta dipromosikan di majalah kami. Hasilnya, Selasa
[1/8] dia datang ke kantor. Sendirian. Dan ini petikan wawancaranya.



Bagaimana ceritanya bisa gabung ke U9?

Aku keluar Boomerang, 12 Juni
2005. Tapi sebelum keluar, sudah nge-jam dengan banyak musisi. Dulu sih niatnya
pengin bikin album solo. Aku waktu itu udah manggung ke mana-mana, dengan John
Paul Ivan Trio. Kami maenin lagu yang menurut kami enak. Pokoknya lagunya
disesuaikan dengan segmen pendengarnya. Nopember, Log nelepon Aku. ‘Gimana nih,
ada band U9 yang juara festival. Dia mau rekaman untuk album kedua.’ Waktu itu
aku mikir, boleh tapi cuma featuring aja. Terus, Log nawarin, ‘Wah jangan
featuring, kalau mau, gabung saja.’ Soalnya satu gitaris U9, keluar. Dan kenapa
Aku yang ditawarin? Agustus 2005 Aku ditawari jadi juri festival rock-nya Log.
Bintang tamunya kebanyakan U9. Selain jadi juri, aku nge-jam juga bareng mereka.
Waktu itu masih bawain lagu Boomerang. Akhirnya aku putuskan gabung setelah
ngobrol panjang dengan Log. Desember Aku putuskan terima. Kami jalani saja. Di
sini tidak ada ikatan atau gimana. Kita lihat saja album ini nanti bagaimana.











Percobaan?

Bukan percobaan juga sih. Hanya,
kami nggak bisa menjanjikan. Yang penting komitmennya. Aku harus jadi musisi
yang professional. Januari langsung rekaman. Karena materi mereka sudah siap.
Nopember dikasih demo U9. Mungkin karena dari materi juga, Aku merasa bisa
melebur. Bisa memberi enerji. Materi lagunya bagus-bagus. Sesuai dengan umur
mereka. Segmennya untuk remaja. Dan Aku lihat dari sisi komersil, mereka punya
potensi. Walaupun dibalut dengan rock.














Beda berapa tahun usia Anda dengan mereka?

Satu dekade. [tertawa].








Bertahun-tahun main dengan yang seumuran

Beda sekali. Memang kerasa
bedanya. Tapi Aku sudah komit. Aku harus jadi seorang yang professional. Itu
harus disisihkan. Melebur saja. Aku harus masuk ke dunianya mereka. Jaman-jaman
umur 24 itu bagaimana. Tapi memang beda, kalau jaman Aku dan anak sekarang,
cara pandangnya beda.











Chemistry?

Sejauh ini sih nggak apa-apa. Aku
sih gampang saja. Yang penting, di band begini, kita harus bersikap
professional.











Musikalitas?

Mereka bagus-bagus.











Referensinya kan
berbeda


Ya memang, mereka berkembang di
jamannya. Cuma buat Aku, itu bagian dari masukan, input. Taman
ilmu lah. Soalnya Aku tidak mau mematok Aku begini kamu begitu. Makanya, itu
meleburnya. Talent mereka bagus-bagus. Dari semua lini. Gitar, drum, bass.











Bagaimana rasanya keluar dari band yang sudah besar ke band yang masih
baru?


Ya ini resiko yang Aku harus
jalani. Dulu keluar dari Boomerang sudah dipikirkan matang-matang. Aku
keluar
dari yang menghidupi Aku. Istilahnya rejekinya ditinggalin begitu saja.
Tapi ya
itu konsekuensi. Walaupun tanpa Boomerang, Aku harus bangkit kembali.
Meskipun dari nol lagi. Bergerilya lagi. Berpromo lagi. Nggak apa-apa.
Aku
menjalaninya dengan enak. Hidup punya rotasi. Kadang di atas, kadang di
bawah.
Bagaimana kita menjalaninya. Yang penting dengan senang.











Pernah terpikir tidak, kalau Log memanfaatkan nama besar Anda untuk
mendongkrak U9?


Semua ada alasan dan strateginya.
Memang tidak dipungkiri, istilahnya semua ada alasan bisnis di balik itu. Nggak
usah jadi orang munafik. Yang penting menyelaraskan dari
kepentingan-kepentingan itu. Jiwa Aku memang jiwa player. Lebih suka main
daripada duduk di belakang meja. Makanya Aku terima ini. Karena dengan berbagai
pertimbangan. Memang tidak bisa secepat yang diharapkan. Itu nanti akan
berjalan dengan sendirinya. Yang penting kita jalani dengan benar.











Ketika keluar dari Boomerang, pasti mencari sesuatu. Apakah yang dicari
sudah didapat di U9?


Beda mungkin ya jaman dulu dengan
sekarang. Aku harus jadi sosok yang professional saja sekarang. Ingin main
musik dengan suasana yang enak, tenang dengan kondisi yang professional. Kalau
jaman saya keluar dari Boomerang, ya karena memang nggak enak. [tertawa].











Apanya yang tidak enak?

Mungkin visinya. Akunya yang
stress. Mendingan aku keluar.














Sudah tidak nyaman ketika menggarap Urbanoustic?

Dibilang tidak nyaman juga, tapi
ada lagu-lagu yang bagus. Waktu itu, aku ya sudah. Jadi seorang yang
professional saja. Aku main all out. Semua yang aku rasakan, ditumpahkan di sana. Meskipun kondisinya
secara jujur sudah tidak dapet. Konsep album itu, nggak dapet. Puncaknya
Boomearang, ada di Extravaganza dan Terapi Visi. Nah yang Urbanoustic, aku juga
mencurahkan, Cuma soal konsep, nggak dapet. Mungkin itu sudah tidak nyambungnya
pikiran kami berempat.








Pengaruh ganti label mungkin?

Sebenarnya bukan pengaruh dari
label juga. Itu memang kondisi dari kami. Sony membebaskan kami. Memang kaminya
yang tidak nyambung.














Apakah akan berbeda kondisinya seandainya sesudah Terapi Visi kalian
rehat dulu? Mungkin karena jenuh.


Kejenuhan mungkin ada. Tapi kalau
dari kita yang mau hidup dari musik, itu harus diatur. Ini visinya yang tidak
sama. Kami mau bikin Boomerang yang enak itu bagaimana? Itu yang nggak
nyambung.











Puncaknya apa yang bikin Anda
keluar?


Pertimbangannya banyak.
Sebenarnya dari album Terapi Visi itu sudah mulai. Cuma semangat aku yang kuat,
jadi tidak terlalu menggubris itu. percik-perciknya sudah ada memang. Tidak
bisa segila dulu. Tapi aku sudah hilangkan, soalnya aku mau konsentrasi ke Terapi
Visi. Nah menjelang Urbanoustic, suasananya tambah tidak bagus. Akhirnya aku
udah ancang-ancang.








Soal visi, berarti yang bertiga memang satu visi?

Aku nggak ngerti apa yang ada di
kepala mereka. Mungkin mereka udah no big deal dengan kondisi itu. Mereka juga
sebenarnya ngerti harus bagaimana, tapi ya udahlah. Atau mungkin mereka punya
pandangan ke depan. Cuma ya gitu, nggak bisa direalisasikan. Nggak nyambung.











Waktu di Soundrenaline tahun lalu, Anda main di mana-mana. Seperti
orang yang baru putus. Ada yang manis, langsung didekati.


Itu pandangan orang saja. Kenapa
saya begitu? Hanya ingin menjaga eksistensi aku sebagai player. Kalau lama
diam, nggak baik buat aku. Selain butuh penyaluran, aku butuh proses
pembelajaran, makanya manggung. Kalau aku berhenti main, itu namanya kemunduran
buat aku. Makanya aku nggak lihat omongan orang. Ada tawaran, aku terima. Atau aku menawarkan,
eh kita bikin kolaborasi.














Bagaimana peran Anda di album ini?

Aku lebih banyak sebagai player
saja. Lebih gitaris yang memberi sentuhan. Bukan sebagai komposer.








Kasarnya sih, ego gitaris Anda masih tersalurkan.

Masih. Ada part-part tertentu yang bisa aku
curahkan. Istilahnya, orang masih bisa dengar, oh ini gaya permainan Ivan. Kalau aku di sini nggak
dapat, masa aku bergabung. Pokoknya masih bisa menyalurkan hasrat. [tertawa].











Keinginan membuat album solo masih ada?

Masih. Tapi lihat situasi kondisi
dulu. Industri musik Indonesia
masih nggak karuan. Bukan soal bakat orang. Cuma pelaku bisnisnya, hukumnya.
Aku masih mikir, kalau bikin solo, yang beli siapa? Kalau sudah jadi, terus
nggak laku, ya malu. Pasarnya tuh susah untuk nerima sesuatu yang lain.
Hukumnya juga masih belum beres. Orang tinggal download-download saja.











Atau karena album solo gitaris susah dijual?

Oh itu pasti. Segmennya kecil
sekali. Cuma soal hak cipta juga masih belum beres. Bajakan masih ada.
Akhirnya, mana yang prioritas utama lebih enak. Itu nanti lah, album solo sih,
side project. Kalau memang sudah ada waktu luang yang enak. Mood-nya dapet.











Memangnya, seberapa penting pertimbangan komersil buat Anda dalam
membuat karya?


Kalau aku sih, selaras. Kita bisa
mengeluarkan idealisme, juga komersialitasnya. Kalau terlalu komersil, nanti
hilang esensi bermusiknya. Atau sebaliknya. Yang penting balance.











Sekarang kan
diberi embel-embel U9 di belakang nama Anda. Ivan U9. Bagaimana perasaan Anda?


Memang harus begitu [tertawa].
Ini sebenarnya kan
dari orang. Bukan dari akunya. Kalau dari aku, nama ya tetep nama sendiri.
Soalnya, mau nggak mau begini. Kondisi di U9 ini memang bukan band yang
dibentuk dari awal. Aku masuk dengan adanya pertimbangan-pertimbangan. Ya mau
nggak mau seperti ini. Mau diapain? [tertawa] Jalanin saja.














Tapi bukan langkah putus asa kan
gabung di U9?


Bukan begitu. Ini masih awal. Aku
juga belum tahu, nantinya bagaimana. Yang penting sekarang komit. Kami
sama-sama membangun. Kami jalani dari awal. Yang penting niatnya dulu.











Yang menyenangkan bekerja dengan anak-anak U9 ini apa?

Bedanya begini. Band yang sudah
besar dengan band yang masih baru, perbedaannya adalah semangat. Mereka
semangatnya masih tinggi. Ingin cepat dikenal orang. Band yang sudah di atas,
biasanya penyakitnya begitu. Karena keenaknya sudah didapat. Semangat itu sudah
menurun. Mau bagaimana? Mau terus more more more! Utak-atik band ini, atau Cuma
ya udah sampai sini saja. Tinggal main. Tidak ada semangat yang lebih.








Penilaian Anda soal dua gitaris baru Boomerang?

Si Andri eks gitaris Power
Slaves, aku bilang bagus. Bisa kasih sesuatu yang fresh. Cuma Boomerang-nya
yang tidak bisa menunjang. Tidak bisa mengimbangi si Andri. Stuck di situ saja.
Sayang. Harusnya berubah lagi. Bukan jadi band yang lain. Tapi harus dipupuk
lagi. Kalau gitaris yang satu lagi, masih additional.














Berat tidak meninggalkan band yang dirintis sejak awal?

Sangat berat. Aku memikirkannya
benar-benar. Ini band yang aku mauin. Jiwa aku di situ. Tapi ternyata, malah
aku sendiri yang meninggalkan.











Komentar orang-orang terdekat Anda?

Pasti banyak yang menyayangkan.
Kenapa keluar? Harusnya kamunya yang mengubah. Apalagi komentar fans. Marah
semua. Tapi biarin saja. Mau ngomong apa saja.











Itu momen terberat Anda selama berkarir?

Istilahnya aku keluar dari
tambang emas. Orang pasti mikirnya, kok bodoh sekali. [tertawa].


















34 Comments:

Anonymous indratujuh tujuh said...

Liat covernya seperti JPI feat U9..

September 25, 2006 1:36 PM  
Anonymous soleh solihun said...

jelek ndra, covernya. hehe.

September 25, 2006 2:03 PM  
Anonymous indratujuh tujuh said...

Sepakat,Leh..
Tapi urang can ngadenge materina euy.Alus?

September 25, 2006 2:07 PM  
Anonymous soleh solihun said...

so so 'ndra. sedikit mengingatkan pada boomerang--gara2 aya si ivan meureun nya. ngan tetep masih alusan boomerang sih. setidakna, boomerang era awal sampai extravaganza.

September 25, 2006 2:24 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

kmren denger materi U9 bareng JPI, lumayan koq...tapi menurut gue dah ga da lagi yg semacam permainan2 gitar yg ribet ala JPI, jadi seperti ala kadarnya....
pasti yg diomongin masalah beda visi dan misi mulu...xixixixix...
he's one of my hero leh...Boomerang! tapi tanpa JPI...oh lord...i won't take it...

September 25, 2006 3:53 PM  
Anonymous indratujuh tujuh said...

John Paul Ivan memang pria extravaganza

September 25, 2006 3:56 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

rocker sejati...!

September 25, 2006 4:10 PM  
Anonymous soleh solihun said...

sayang aja dia "terdampar" di U9 cap. padahal, katanya, eros sheila udah mau mroduserin album solo dia. udah ada omong2an ke arah sana sih. eh taunya, si ivan, tiba2 ada di U9. bubar deh itu rencana.

September 25, 2006 4:41 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

hihihi....kwakwauw...
ga ikutan ah gosip nyangene... p
menurut loe leh, wajar ga kalo ada anak yaahh..umur2 24an lah yang gak kenal JPI pas ketemu langsung, padahal nih anak semacam metal (entah gadungan kah) berath...
ivan ghetouggh lhougggh :D

September 25, 2006 5:00 PM  
Anonymous soleh solihun said...

pas ketemu langsung apa cap? kalimatnya belum beres atau guanya yang nggak ngerti? hehehe.

September 25, 2006 5:13 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

ketemu langsung.
ceritanya, pas band 'x' main di bulungan acara metal2an, ivan (sbg temen band 'x') bantu operatorin sound nya, dan emang jadi lebih bagus.
terus orang operator dari soundnya (4 orang) yg dandan metal berath gituh nanya "mas nge band juga ya?" ivannya bilang "iya"...ditanya lagi "lagunya metal2 kayak gini juga?", dijawab "nggak...band saya U9", trus tuh anak bilang "ooo...gituh"...
dan gua disamping ivan persis...dalem ati..nih anak kemane aja yah...?dandanan sih metal berath...wakwaw....
ga penting ya cerita gua...xixixixixix ;p

September 25, 2006 7:41 PM  
Anonymous soleh solihun said...

berarti mereka yesterday afternoon children cap! alias anak2 kemaren sore. hahaha.

tapi, gua juga punya cerita nih soal boomerang dan ketidaktauan soal band. ini kata si arian, kayaknya waktu cerahati syuting klip boomerang deh. salah seorang dari temen si arian itu, pake kaos black flag.

"kaosmu bagus!" kata roy jeconiah.
"oh terima kasih," jawab temen si arian.
"bandmu?" kata roy lagi.

September 25, 2006 8:09 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

Mungkin wajah sang teman mirip Henry Rollins atau Greg Ginn?..hhehehe

Gue inget pertama kali liat band ini di TV. Kalo gak salah mereka dulu masih bertiga, dan si Roy nyanyi sambil maen drum. Yang menarik perhatian gue sih emang si John Paul Ivan yang gayanya Slash abis. Berikutnya, beberapa lama kemudian mereka udah maen rock pol-polan di video klip mereka dimana si Roy muncul dibabat macam mumi dan si John Paul Ivan yang permainan gitarnya mulai menyalak galak macam Zakk Wylde (kalau gak salah judul lagunya 'Generasiku'). Setelah itu terus teranmg gue ga terlalu merhatiin band ini. Bahkan lagu 'Gadis Extravaganza' yang katanya fenomenal itu gue belum pernah denger.

September 25, 2006 9:35 PM  
Anonymous soleh solihun said...

nah, kalo yang ini sih, gua belum pernah liat euy. tapi kalo lu belum pernah denger lagu "gadis ektravaganza" berarti emang karena lu jarang banget nonton tv lokal. soalnya, taun 2000 waktu album "extravaganza" rilis, log bikinin banyak banget video klip dari lagu2 mereka di album ini. dan videonya lumayan sering diputer tuh. konon, log ngasih budget promosi sebanyak satu milyar rupiah buat album itu. makanya, itu album jadi album paling sukses secara komersil buat boomerang. dan emang bener yang si ivan bilang, sisi komersil dengan sisi idealisme bermusik mereka, di album itu, cukup seimbang. semua pihak puas.

September 25, 2006 9:51 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

ah, pantes. th 2000 gue emang ga ada disini, jadi khazanah pengetahuan musik lokal gue pada saat itu tergantung kiriman rekaman video klip lokal dari temen yang kebetulan pulang. Celakanya, teman gue itu adalah penggemar berat 'the gods' jadi buntutnya video kiriman tersebut isinya ga jauh dari video-video 'the gods' dan karya solo pentolannya, si mas jenggot itu. Dan ya..Boomerang tidak masuk daftar rekam teman saya pada waktu itu

September 25, 2006 10:01 PM  
Anonymous soleh solihun said...

ya. bisa dimengerti kalo begitu mah. tapi, untungnya lu nggak jadi penggemar "the gods". atau, jangan2 iya...hahaha. :D

September 25, 2006 10:13 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

halo...halo...kenapa jadi bahas 'the gods' yah...napa jurnal si soleh selalu menyimpang dari topik...ini selalu terjadi...

iya, album extravaganza khan nyetak 6 videoklip, betul2 jorjoran...dan gua sangat puas dengan album ini...panggung rock sejati...
tapi...si roy gak tau black flag? wajar aja kali'...jaman dulu khan ga seringkes sekarang yg bisa tau musik macem2 secara instant...namanya juga orangtua...lagipula juga, selera orang khan beda2...
boomerang rocks lah pokonya mah! oiya, ivan gue ajakin jamming bareng gugun di stardeli hari kamis, mungkin kamis besok...longok yugh...!

September 26, 2006 12:13 AM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

JPI bilang, emang dia demen Zakk Wylde, dia suka, tapi kalo ngulik ato mainin lagu2 zakk maupun BLS, dia ga pernah...
dia dengerin zakk, tapi yg dia cari katanya semacam "semangat atau spirit nya si zakk aja", kalo bikin lagu, fill gitar bahkan manggung...kalo mainin lagu2nya, "saya gak pernah, dan boro2 niat ngulik, saya hanya seneng semangatnya zakk kalo main gitar!"
dan bukan zakk aja, jimmy page juga. jaid selama ini kalo dia dibilang ngiblat slash, dia bilang 'nggak, saya suka jimmy page dan hendrix!'

September 26, 2006 12:20 AM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Aduh.....Gua kurang suka euy sama boomerang, begitu juga dengan jon paul ipan. Mungkin nanti kalo jon paul ipan udah masuk ke 625 thrashcore baru gua suka. Atau minimal kalo Kerry King masuk ke boomerang baru deh gua suka.

By the way....yang pake kaos Black Flag itu Kemod 'leh?

September 26, 2006 12:00 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Aduh.....Gua kurang suka euy sama boomerang, begitu juga dengan jon paul ipan. Mungkin nanti kalo jon paul ipan udah masuk ke 625 thrashcore baru gua suka. Atau minimal kalo Kerry King masuk ke boomerang baru deh gua suka.

By the way....yang pake kaos Black Flag itu Kemod 'leh?

September 26, 2006 12:00 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

stardeli uda diamanin belom dari ancaman serangan stormtrooper tenabang? hehehehe

September 26, 2006 12:05 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

siap bos! stormtrooper tanabang bakal kita hadapi dengan voodoo chile stardeli.... ;p
xixixixixi

September 26, 2006 12:11 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

kalo kerry king masuk boomerang...gua malah jadi ga demen sama kerry king...malah sedih ngelihatnya...kurang kali yah sama sum41 ;p

September 26, 2006 12:14 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Minimal dia ada di Indo deh.....masih mendingan sama boomerang. Daripada Kerry King tinggak di indonesia terus punya anak gara-gara Buffalo Togetherness (kumpul kebo) sama salah satu artis lokal yang sekarang menggaet Mike Tramp.

ehehehehehehehe

September 26, 2006 12:40 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

kikikikikik....
kesian yah si trempi...nge-drop pamornya...
dan lu peratiin deh...lama2 tampangnya jd kek masteng...entah krn apa tp gak se-'white lion' di majalah2 lama gue gituh....gawath

September 26, 2006 12:51 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Emang bener bos....Anjis menyedihkan sekali idup si Mike Trem. Udah gitu kok ya masih aja gitu tetep maksa ngeband bawain lagu2nya white lion.

Mungkin si AA itu ngerasa bangga bisa ngedapetin Mike Tramp. Maklumlah bisa punya orok dari mantan vokalis band yang lagu Till Death Do Us Part-nya pernah jadi Anthemn Di Indonesia kan menaikan predikat Janda Para Rocker ke Titik Tertinggi.

Hahahahaha.

September 26, 2006 12:56 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

bukan...bukan...'beauty as day' itu cuman udak kebiasaan kena diameter gede....xixixixixi
dah denger albumsolo nya si 'beauty as day' yg baru? wakwauw....

September 26, 2006 1:16 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Iya. Emang bener kayaknya si Beauty As Day itu suka sama yang gede-gede. Album solonya gua belom pernah denger. Emang cover depannya gambar apaan?

September 26, 2006 1:21 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

gua ada mp3nya duank...
kovernya ga tau gbr paan...

September 26, 2006 1:32 PM  
Anonymous soleh solihun said...

tuh kan cap. bukan cuma gua yang suka bikin topik di jurnali gua belok. hehehe.

September 26, 2006 3:14 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

iye juge yeh...

September 26, 2006 3:29 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Tapi situ juga menikmatinya kan 'leh?
hehehehehehe.

Eh 'leh By The Way...Leher masih sering Kaku?
hehehehehehe

September 26, 2006 5:55 PM  
Anonymous uthie blues 4ever said...

hahahhaha
krend boz

August 09, 2011 2:05 AM  
Anonymous uthie blues 4ever said...

waduh ada yg tau ga jadwal manggung u9

August 09, 2011 2:39 AM  

Post a Comment

<< Home