Tuesday, November 28, 2006

Bisakah Cowok dan Cewek Tulus Bersahabat?





Pertanyaan
itu sering menghantui saya.



Maksudnya, benar-benar bersahabat. Tanpa pretensi. Walaupun memang, yang
namanya manusia pasti selalu dihubungkan oleh kepentingan-kepentingan. Kan katanya tidak ada
kawan dan lawan abadi. Yang ada, hanya kepentingan abadi.



Tapi, kalau hubungan itu dalam konteks cowok dan cewek, bisakah murni
bersahabat tanpa ada daya tarik fisik maupun seksual? Pernah nonton film When
Harry Met Sally kan?
Di situ Harry bilang, cewek dan cowok tidak bisa berteman. Karena selalu ada
daya tarik seksual terlibat.




“Cowok
mah nggak pernah kosong,” kata seorang teman cowok.












Maksudnya,
ketika cowok berteman dengan cewek, pasti ada maunya. Apalagi kalau kadar
pertemanannya sangat dekat. Apalagi kalau si cowok tidak punya pacar. Pasti ada
maunya. Itu yang diyakini sebagian besar teman saya. Termasuk saya.



Saya
punya sahabat cewek. Dan harus saya akui, ketika di awal saya ingin berteman
dengan dia, itu karena daya tarik fisik. Saya pikir dia manis. Makanya, saya
senang berteman dengannya. Pernah ada masanya, saya menyukai dia. Bahkan,
kunjungan ke kosannya pun, bukan semata-mata mencari teman ngobrol. Pernah ada
misi lah.






Saya
tidak pernah mengatakan perasaan saya padanya. Di tengah-tengah proses
pertemanan kami, dia punya pacar. Plus, saya juga tidak pernah sepenuh hati
padanya. Entah apa yang kurang. Perasaan saya, atau keberanian saya. [Belakangan
sih, dia tahu juga bagaimana perasaan saya. Setelah saya punya pacar, di suatu
hari saya bilang kalau saya pernah suka sama dia].






Itu
makanya saya kadang masih suka memertanyakan bisakah cewek dan cowok
bersahabat. Saya tidak tahu ya dari sudut pandang cewek. Tapi saya selalu
sedikit curiga dengan seorang cowok yang memberi perhatian lebih pada teman
ceweknya. Atau, seorang cowok yang mengajak jalan teman ceweknya. Oke lah,
mereka mengatakan bersahabat. Tetap saja, saya selalu memandang curiga hal itu.
Sekali lagi, apalagi kalau si cowok tidak punya pacar. Mungkin ada tempat
kosong yang coba diisi. Bisa merasakan jalan dengan cewek untuk beberapa jam.






“Kalau
cewek mah, biasanya lebih tulus dibanding cowok,” kata teman saya lagi.






Pacar
saya tadi bilang diajak makan sahabatnya. Lantas, mereka nonton. Saya sih
sekarang sudah percaya sama pacar saya. Tapi itu tadi. Kadang saya masih suka
curiga sama niat cowok. Makanya, sekarang saya tidak pernah mau janjian makan atau
nonton dengan teman cewek berdua saja.




Mungkin
juga karena saya tidak kenal baik dengan sahabat pacar saya. Bawaannya
jadi
sedikit cemburu. Mungkin karena jam terbang saya berpacaran yang baru
dua kali,
membuat saya kurang santai menanggapi hal ini. Mungkin karena saya
tidak punya banyak sahabat cewek. Mungkin karena sebagian besar
teman cowok yang saya tanya, mengatakan tidak pernah ada itu cowok yang
murni
bersahabat dengan cewek.






Atau,
mungkin juga karena perut lapar, pikiran saya mulai aneh.








24 Comments:

Anonymous widhi susila utama said...

halah... hari gini... cowok sahabatan ama cowok, or cewek sahabatan tulus sama cewek aja kadang suka dipertanyakan hahahhahahaha :P
at first mungkin bisa jadi ada percik2 suka or flirtin... tapi biasanya berlalu dengan waktu, kita bisa nge-filter semua itu, kalo udah cocok banget jadi "Just A friend" gak bakal mungkin pengen maju jadi lebih (pacar)...coz kalo satu sama lain udah terlalu banyak tau, yang ada malah eneg hahaha... jadi ga pengen or kepikiran buat lebih lagi :P

November 28, 2006 7:30 PM  
Anonymous soleh solihun said...

atau, mungkin juga karena si cewek setelah dipikir2, kurang memenuhi kriteria dari segi fisik, buat jadi pacar. hehe. :D

November 28, 2006 7:34 PM  
Anonymous Felix Dass said...

Gue juga punya, Leh, sahabat yang kadarnya udah lifetime partner. I shares my deepest secret and she shares hers. Menarik sih punya hubungan sahabat sama lawan jenis. Karena kadang mereka punya pola pandang yang bisa saling melengkapi.

Ketika dulu sama-sama punya pacar, kita berdua punya masalah yang sama: pacar yang posesif dan sedikit keberatan dengan hubungan kita. Cuma ya ternyata, pacarnya masing-masing pergi, kitanya masih di titik itu.

Awal gue deket sama dia dari SMA. Dan ini sudah tahun kedelapan kita bersama. She's my lifetime partner in the end. Jawaban judul tulisan elo ini menurut gue, Bisa.

Sama cewek ini, gue udah lewat dari kadar ketertarikan fisik. We're connected through soul. Keren tuh. Tingkah paling baru gue, gambar cewek ini gue jadiin desain kaos band gue yang paling baru. Tertarik, Leh? *Ups, colongan promosi...*

November 28, 2006 7:54 PM  
Anonymous soleh solihun said...

ini cewek yang pernah diposting itu ya? yang katanya mau dateng akhir tahun ini lix?

November 28, 2006 8:17 PM  
Anonymous Karlina Octaviany said...

Bisa banget. Gw ama temen SMU gw tuh best friend banget! Dia udah ngga nganggep gw cewek lagian haha...gw pernah bantuin dia nembak temen gw. Sering pergi berduaan. Tiap istirahat sekolah curhat sama dia. Berkesenian bareng soalnya sama-sama suka film, musik, gambar2 komik dan anime. Malah orang-orang yang nganggep kami pacaran sampe masuk video angkatan sebagai "salvo-hazel couple" (pake sountrack lagu "Cerita Cinta"-Kahitna LOL). Padahal adegannya gw lagi minjem pulpen soalnya kelas kami sebelahan haha...didramatisir banget!
Kalo curhat sama dia juga enak. Gw bisa dapet dari sudut pandang cowok gimana.Bisa nangis juga. Lebih lepas ajah.Lebih enaknya lagi kalo nonton acara metal bisa moshing bareng, tapi banyak yang ngelindungin gw hehe...
Beda lagi rasanya sahabatan beneran kayak gini sama ada "hidden agenda".Kalo gw dari awalnya juga udah ngerasa ajah hubungannya "beda".Biasanya hubungan kayak gw ama temen gw itu kalo udah lama banget temenan dan sering banget ketemu ampe tau busuk-busuknya, ampe illfiil sendiri kalo ngebayangin lu jadian ama temen lu itu haha...

November 28, 2006 8:45 PM  
Anonymous rahma ali said...

gw juga punya sahabat yang seperti ini. Kita dulu yakin gak bakal ada apa-apa. tapi, dua tahun terakhir, nampaknya keduanya mulai sadar bahwa 'apa-apa' itu emang ada. Sepakat buat jaga jarak, dan gw hampir lose contact sama dia. Ah, lifetime partner wanna be...

November 28, 2006 8:47 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

bisa, asalkan dari awal dari kedua belah pihak memang tidak ada ketertarikan selain untuk berteman.

November 28, 2006 10:26 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

... dan pihak lelaki terkadang harus rela mendapat pertanyaan 'yakin lo bukan gay?'

November 28, 2006 11:02 PM  
Anonymous iskandar z said...

sulit tuh... setuju sama harry :)

November 29, 2006 12:09 AM  
Anonymous eva e_V said...

enggak bisa tau
karna rasa sayang itu bisa datang karna terbiasa
who knows?

November 29, 2006 8:23 AM  
Anonymous An . said...

kalo gue memulai hubungan sih, sekali dua kali jalan udah ketauan. oh ini gue gebet. ini cuman bisa temenan aja. ada yang jadi sahabat deket gue, meskipun pas kenal itu sama-sama single. sialnya, setelah itu mereka biasanya punya pacar, gue masih single. haha. jadilah gue sering berada di posisi laki-laki yang mendapat efek perut laper elu, leh. :D

satu kali sahabat gue ini ultah, gue bawain black forest dan gue kasih kartu. kartunya sih cuman, seneng punya sahabat kayak elo gitu gitu lah. totally gak ada pretensi apa-apa, karena itu juga gue lakukan karena gue lupa ultahnya lewat seminggu! semacam penebusan lah gak jadi sahabat yg baik :D

tapi dia terharu. trus dia bilang sama pacarnya, kalo dia terharu melihat gue melakukan itu semua. untung gue dan pacarnya itu temenan, jadi si pacarnya bisa dengan becanda bilang ke gue "Hoi, gua masih pacaran sama dia hoi..."

cuman gue merasa gak enak juga ditegur begitu, membuat si pacarnya merasa insecure. lagian gue juga gak nyangka kalo sahabat gue itu sampe segitu terharunya. gue sih ngerasa biasa-biasa aja, orang yang motongin kue juga nyokapnya (si sahabat). mungkin lain kali gue juga jangan suka begitu ya ke cewek... apalagi yang sudah berpacar. masih untung kalo cuman dapet efek perut lapar, kalo digampar? haha.

wah, sorry panjang leh. sharing pengalaman :)

November 29, 2006 9:03 AM  
Anonymous ernest prakasa said...

TETTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT!!! salah!

malah gue sahabatan ama cw waktu sma n akhirnya doi yg jadi "berpretensi" *meminjam istilah soleh*
it works either way, i guess...tapi yg tulus juga bisa aja lah, why not...

November 29, 2006 11:03 AM  
Anonymous veronica kusuma said...

Boleh dong mas. Mending percaya memang bisa atau curiga sama sekali. Tapi curiga cowok ama cowok juga boleh loh. Cewek ama cewek juga. Btw akyu lihat tulisan kamu di Playboy. Ciehhhh

November 29, 2006 11:50 AM  
Anonymous arian tigabelas said...

jangan percaya cowoknya. pasti ada maunya. HAHAHAHA

cowok itu lebih mudah tertarik ke cewek kalau banyak kesamaan dan hal menarik. gue sendiri beranggapan, kalau memang cocok ya kenapa tidak? :D

ada temen gue yang beranggapan kalau temenan terus kemudian salah satu naksir, itu akan mencoreng persahabatan atau mengkhianati persahabatan. pleeeehhh.

gue sendiri pernah sahabatan sama cewek, dekat, dan gue yang suka, tapi bertepuk sebelah tangan. tapi sesudah itu baru bisa sahabatan banget tanpa pretensi apa-apa. tapi, akyu telah mengkhiyanaty persyahbyatan kitya!

saran gue Leh, lo hajar saja sahabat dekat si Teta diam-diam, biar dia gak macam-macam dan tau diri. ingat, jangan sampai Teta-nya tahu. ini rahasia, ya. violence works. xD

November 29, 2006 12:44 PM  
Anonymous Citra Lukita said...

hahaha.. curigation ni yee :p
tp wajar aja leh, apalagi utk hub. jarak jauh. kadang gw jg ngerasain itu kok..
ngomong2 soal pertemanan antara cewek & cowok gw percaya bisa kok temenan tanpa ada maksud terselubung.. gw jg punya bbrp sahabat cowok. kita temenan, tanpa pernah ada fling2 dlm pertemanan itu.
tp yg gak gw percaya adlh pertemanan cewek-cowok disertai panggilan2 sayang "kakak" atau "ade'".. nah yg gitu2 perlu dicurigai..

November 29, 2006 1:14 PM  
Anonymous soleh solihun said...

anzarra: kalo emang lu punya sahabat cewek dan dia ternyata udah punya pacar, mendingan jangan kasih perlakuan khusus lah. hehe. apalagi bawain black forest dan kartu. wah wah. gawat itu mah. kalo gua ada di posisi si cowok, pasti bakal bete juga anz. :D

evamudzbgt: nah itu maksud gua. karena terbiasa, bukan tidak mungkin timbul ketertarikan dari salah satu pihak atau kedua pihak.

reza: apakah itu pengalaman pribadi? hehe.

verro: cieee juga.

arian: gue kirim kepala kuda aja ya ke kamarnya? hahaha.

chiciet: iya, basi cit. kakak adek kakak adek. bohong itu! apalagi kalau dari cewek yang bilang, "gue udah nganggep dia kakak sendiri." kalau gue jadi orang itu, gua bakal bilang, "AKU BUKAN KAKAKMU! AKU SUDAH PUNYA ADIK DI RUMAH. BUAT APA NYARI ADIK LAGI?" hahaha.

November 29, 2006 1:24 PM  
Anonymous An . said...

namanya juga gak tau bakal reaksinya begitu, leh. soalnya pengalaman pas kuliah kan, kalo gue telat ngumpulin tugas, ngirimin kue ke dosen biar tugasnya diterima. ternyata kalo sama sahabat gue ditambah reaksi extra : terharu plus bisa disalahartikan. :D

November 29, 2006 1:51 PM  
Anonymous Antruefunk Yeah said...

ha! gue pernah tuh. bener. jawabannya tergantung pada diri kita masing2. gue secara fair (cie ilee) mengakui gagal pd waktu itu tp skrng malah kita deket dan ampe bisa curhat2an soal cintrong.

November 29, 2006 4:22 PM  
Anonymous manik manik said...

gua sih bisa bgt!! banyak yg bertahan sampe sekarang dan murni bersahabat. untungnya pacar yg sekarang sangat ngerti dari awal. dan lebih menyenangkannya lagi, teman perempuan dia tidak sebanyak teman lelaki ku. hihihi.. hatiku amaaaaan..

November 30, 2006 11:41 AM  
Anonymous soleh solihun said...

eta ngarana pinter kodek nya nik? hehe.

November 30, 2006 12:00 PM  
Anonymous dedidude dedidude said...

gua punya tuh... belum terlalu lama sih sahabatannya, baru 3 tahunan gitu... tapi dari pertama gua kenal dia gua emang bisa langsung ngeliat dia akan jadi sahabat bukan sebagai gebetan, sekarang hanya dia yang pegang rahasia2 gua dan demikian juga sebaliknya.....
kalo masalah sahabat2an kayak gini, gua sama pacar saya sekarang percaya 100% juga dan dia sepertinya juga begitu..

November 30, 2006 12:35 PM  
Anonymous hanny splinters said...

Masa, sih? Bisa kok, aku udah sahabatan sama cowok selama 10 tahun lebih, dan selama ini baik-baik saja, masing-masing menjalani hidup dengan kekasih-kekasih masing-masing :) hmm, baik-baik saja atau belum 'kena batunya' yah? Hahahahaha ...

June 20, 2007 8:35 PM  
Anonymous Fifi ... said...

baru baca...dan sekarang ngerti knp ga yakin sama status kakak adik yg gwe bilang kmaren ...
susah sih untuk yakin bahwa tidak akan terjadi apa2 dgn kemungkinan godaan yg pasti banyak cma menurut gwe komitmen kakak adik itu emang dr awal harus dipatuhi dan selama ini yg pernah gwe jalani baik2 ajah soalnya punya kesadaran tidak mau kehilangan sahabat, itu ajah...

cumaaa bener bgt bg sebagian orang hub kakak adik pasti tidak bertahan lama, karena memang susah klo kita udah tau byk tentang dia, definately pasti punya perasaan walaupun sedikit...x)

August 29, 2007 6:41 PM  
Anonymous cesn kalbar said...

salam kenal teman saya anak baru

May 19, 2011 12:22 PM  

Post a Comment

<< Home