Wednesday, July 19, 2006

Meringis di Bis

Jangan pergi ke Cirebon naek bis!



Apalagi kalau kamu pergi dari
Jakarta. Ini sedikit cerita pengalaman saya naek bis dari Jakarta ke
Cirebon. Sabtu [15/7] kemarin saya ke Cirebon. Pacar saya sedang KKN di
Desa Plumbon, Kabupaten Cirebon. Makanya, saya kunjungi. Hehe.




Saya
pilih bis, karena lebih dekat ke terminal, dari pada ke Stasiun dari
kosan. Lebih praktis lah. Plus, jadwal kereta belum tau pasti.




Jam
tujuh pagi, saya berangkat dari kosan. Sarapan dulu. Jam delapan di
Terminal Lebak Bulus. Tapi, tidak ada Bis Jakarta Cirebon yang ber-AC.
Lantas, saya pergi ke Kp. Rambutan. Seperti biasa, terminal selalu
menjengkelkan. Begitu tiba, banyak calo menghampiri. "Mau ke mana Bang?"




Awalnya
saya menolak. Tapi, setelah kesulitan mencari bis Cirebon, saya
menyerah juga. Tidak berapa lama setelah saya bilang Cirebon, tahu-tahu
tangan sudah diseret ke bis AC jurusan Cirebon. Ah, akhirnya bis AC
juga. Tapi, begitu duduk, saya kaget. Karena bis ini, kursinya dua -
tiga. Bukan dua- dua, seperti di bis AC yang lainnya.




Ini sudah
mencurigakan. Hmmm, alamat tidak nyaman nih. Begitu pikir saya. Tapi,
saya berusaha tepis jauh-jauh pikiran itu. Ah, mungkin bis AC ke
Cirebon memang begitu. Yang penting, bis dingin. Berapa lama pun saya
duduk, tidak apa-apa lah. Asal dingin. Asal sepi. Waktu saya duduk di
sana, cuma ada sekitar tujuh orang menempati kursi.




Jam setengah
sepuluh bis keluar dari terminal. Baru sejam kemudian, bis mulai masuk
Tol Luar Kota. Di sini mulai mencurigakan. Penumpang mulai berdatangan.
Bis mulai tidak dingin. Dan beberapa penumpang, mulai menawar tarif Rp
45 ribu yang ditetapkan kondektur. Mereka kelihatan tidak cocok dengan
harga itu.




Biasanya, penumpang bis AC tidak menawar tarif. Hmmm.
Semakin mencurigakan nih. Di pintu tol Pondok Gede, semakin kuat
kecurigaan saya kalau bis ini akan tidak nyaman. Penumpang semakin
memenuhi bis. Dan tidak sedikit dari mereka yang mengeluarkan bau tidak
sedap dari badannya. Dan beberapa dari mereka juga, mulai menawar tarif.




Maka,
sesaklah bis itu. Tidak ada yang berdiri memang. Tapi, AC sekarang
sudah tidak terasa dingin. Seorang pengamen masuk. Bernyanyi, dengan
gitar fals. Tepat di telinga saya. Tampangnya awut-awutan. Beres
pengamen, pedagang donat masuk. Presentasi dulu sekitar lima menit,
lalu menaruh donat di pangkuan masing-masing penumpang. "Anda tidak
berminat, kami ambil kembali," begitu kalimat standar yang mereka
gunakan untuk menutup presentasi.




Dan dari situ, bis itu tidak
pernah sepi lagi. Impian saya untuk tidur di bis, lenyap sudah. Belum
lagi, dengkul saya mentok di sana. Boro-boro bisa tidur kalau begitu.
Dan penumpang di bis itu, tidak bisa diam. Rasanya semua berbicara.




Saya
jadi heran. Dan timbul pertanyaan. Kenapa penumpang kelas menengah ke
bawah, selalu lebih ribut di bis antar kota? Soalnya, kalau saya naek
bis Bandung Jakarta, AC dengan kursi dua - dua dan tanpa dengkul
mentok, penumpangnya diam, tenang, tidak banyak bicara.




Sepanjang
Pantura, pedagang keluar masuk bis itu. Barulah saya yakin, bis itu
bukan bis AC seperti yang saya bayangkan. Pedagang mulai kacang polong,
pensil 2B, buku, salak, jeruk, air minum, tahu, semua ada! Datang
bergantian.




Sekitar setengah empat, saya tiba di tujuan. Dan
ketika saya turun, barulah saya lihat di bis itu, tulisan Bisnis AC.
Akhirnya! Bebas! Pulangnya, saya pilih naek kereta saja. Yang ternyata,
jauh lebih nyaman, menenangkan, dan lebih cepat. Tiga jam saja.




Tidak lagi-lagi deh, naek bis ke Cirebon.


13 Comments:

Anonymous hagi hagoromo said...

bukannya cirebon juga punya lapangan terbang/bandar udara internasional?

July 19, 2006 12:45 AM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

alaaahh....bilang aja lu mo naek bis krn ngarep ada musik nyah khan? ngarep dengerin SMS selingkuh di dalem bis, bakal sontrek perjalanan ke cirebon...hihihihi...
kalo di kereta...? ada juga lagu SMS? wakakakak...

July 19, 2006 12:54 AM  
Anonymous soleh solihun said...

huahahahaha :)) ah sialan lu cap. mengait-ngaitkan gua dengan lagu itu lagi.

July 19, 2006 12:56 AM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

udah ketebak koq leh, lain kali to the point aja yah...hohohohohoho

July 19, 2006 1:07 AM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

seru juga ya, naik bis tapi serasa di ITC, banyak orang dagang :)

July 19, 2006 1:11 AM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

dit...ini ke cirebon dit....seru apanyaaaahhh banyak pedagang gituh???
dah g bilang, ini mah bisa2nya soleh aja naik bis beginian, ada yg di harepin sebenarnyah...hihihihi..

July 19, 2006 1:17 AM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

yah mayan kan bisa belanja2 obat sama pensil hehehe. Pergi naik bis suka dapet rejeki jodoh lho, temen gue naik bis bdg-jkt malah dapet kenalan ce cantik yg akhirnya jd pacaran gitu

July 19, 2006 1:22 AM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

halah...obat2an sama pensil...aneh dah...
heeemmm...senangnyah klo bs kek temen loe dpt kenalan ce cantik di bis dan jd pacar...huhuhu

July 19, 2006 1:26 AM  
Anonymous alezsandra yohana said...

segitu aja kapok..

July 19, 2006 9:33 AM  
Anonymous pelacur korporat said...

tarahu..tarahu..kacang asin..bacangnya bacang, salagi ada di mobil...cotton budnya ya bapak, untuk menjaga kebersihan...hahahhaha. masi untung ngga ada mas-mas yang ngaku mantan residivis yang baru bebas dan minta-minta duit. Dan iya, males banget sama pedagang yg maen taro dagangan di pangkuan penumpang abis itu diambil lagi.

@dita: kalau bis kelas Bisnis mah suse cari jodo kali. Kecuali kalau emang ngincernya model2 mbakteng/masteng gitu.

July 19, 2006 12:19 PM  
Anonymous soleh solihun said...

gua udah terlalu sering sih, menderita di bis. kepanasan. desek2an. sejak dari sma. sampe sekarang pun, masih sih kalo naek metro mini. tapi, intinya, kalo perjalanan jauh mah, ya gua nggak mau ngalamin lah. nyari nyaman. eh, ini ternyata eh ternyata. :)

July 19, 2006 3:22 PM  
Anonymous soleh solihun said...

yak. bener banget. emang banyak tuh mbakteng/masteng di bis itu. tipe2 karyawan pabrik gitu lah. kaum marjinal. hehehe.

July 19, 2006 3:28 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

jangan-jangan pengamen itu salah satu personil dari "the king?"

Atau jangan-jangan lu pengen coba menerapkan yang dilakukan oleh "the king" dengan cara menerapkannya pada bis jurusan jakarta-cirebon?

hehehehehe.

July 19, 2006 6:35 PM  

Post a Comment

<< Home