Tuesday, December 05, 2006

Kenapa Saya Tidak Ingin Jadi Pegawai Negeri?

Pernah disuruh jadi pegawai negeri?



Saya beberapa kali. Sejak masih kuliah, orangtua pasti bilang "Coba
kalau udah lulus, kan bisa ngelamar. BUMN ini lagi buka lowongan tuh."
Bahkan ketika saya sudah kerja pun, kalimat "Nggak pengen nyoba
ngelamar ke ini?" masih saja keluar.



Dan dari dulu, saya pasti menjawabnya dengan "Nggak ah. Nggak mau kerja
di kantor yang karyawannya harus pake baju rapi. Celana bahan, kemeja,
sepatu pantopel [bener nggak ya nulisnya?]". Orangtua saya biasanya
hanya cengengesan mendengar jawaban saya.



Orangtua saya tidak pernah memaksa. Tapi, mereka pasti selalu memberi
argumen soal jaminan hari tua. Soal fasilitas perusahaan. Soal betapa
jadi pegawai negeri ada semacam jaminan. Padahal, mereka juga tau soal
rejeki mah di tangan Tuhan. Tetap saja, pertanyaan soal kerja di BUMN
atau jadi pegawai negeri masih suka terlontar.



Tidak tahu sejak kapan saya punya keinginan bekerja di tempat yang
"santai". Padahal, waktu kecil, saya pernah bercita-cita jadi tentara.
Karena gagah. Keren. Dan tidak akan diganggu orang. Haha. Mungkin sejak
saya mulai malas ada di ruang kelas [dimulai ketika kelas 2 SMP.
Sebelum itu, saya giat belajar. Hehe], keinginan untuk kerja dengan
suasana "santai" itu muncul.



Saya tidak suka hal yang terlalu kaku. Pake seragam. Rutinitasnya
terlalu begitu-begitu saja. Walaupun sekarang ketika saya dengar cerita
dari teman saya yang sekarang jadi pegawai negeri, sepertinya mereka
menikmati hidupnya dengan bahagia jadi pegawai negeri.



Akhirnya, pilihan saya jatuh pada majalah. Pertama, karena kebetulan
saya nyasar ke Fikom Unpad dan secara dangkal memilih jurusan
Jurnalistik karena jaket jurusannya yang gagah serta fakta bahwa banyak
super hero berprofesi sebagai jurnalis dan betapa saya ingin bisa
nonton konser gratis. Kedua, kerja di majalah salah satu profesi yang
memungkinkan saya berpakaian santai. Jins dan kaos saja no problemo.



Kalau saja saya ganteng, mungkin sudah jadi artis sinetron, punya
banyak duit, naek Harley. Tapi nyatanya, tidak punya modal tampang.
Karena ganteng juga tidak. Dan juga tidak cukup jelek untuk jadi
pelawak. Haha. Jadi musisi, tidak bisa. Karir di band kampus sebagai
MC--merangkap manajer--merangkap sedikit vokal--merangkap propagandis
juga tidak membawa saya pada industri musik. :D Jadi penyiar tiga bulan
di acara prime time sebuah radio malah terjegal oleh GM rese majalah
musik tempat saya kerja dulu. Saya belum dikasih kesempatan mengukur
diri sendiri, soal berbakat/tidaknya saya di dunia radio.



Mungkin orangtua saya pikir, kalau kerja jadi pegawai negeri, punya
dana pensiun. Sedangkan di bidang seperti ini? Mungkin juga mereka
tidak yakin kalau jadi jurnalis akan bertahan lama karirnya. Bagaimana
soal jenjang karir? Apakah karya saya masih akan bisa dinikmati orang?



Kadang itu terpikir juga sih. Gila. Harus mulai berpikir dari sekarang
nih. Memikirkan usaha sampingan yang pas. Buka toko CD, sudah ada yang
memulai. Buka kedai kopi juga. Dan kadang, pertanyaan ini muncul di
benak. Sampai kapan saya akan jadi jurnalis? Apakah karir saya akan
meningkat hingga tingkat Editor in Chief? Di lain sisi, saya tau kalau
Pram bisa hidup dari menulis. Goenawan Muhammad juga. Tapi, mereka
memang hebat.



Ah pusing. Mungkin saya harus jadi pegawai negeri saja. :D




20 Comments:

Anonymous Gucap BadSectors said...

jadi apa aja asal senang dan halal Leh...

December 05, 2006 5:28 PM  
Anonymous soleh solihun said...

senang, halal dan dapet cukup duit buat beli rumah, harley serta senang-senang sama istri dan anak. hehe.

December 05, 2006 5:44 PM  
Anonymous Indra Zen Ruffinen said...

investasi di pasar modal, kalo gw jadi pejabat ga perlu korupsi buat jadi kaya ! hehe

December 05, 2006 5:48 PM  
Anonymous An . said...

kadang mah gue suka iri ya leh, liat orang kerja pake baju rapih. kalo liat kakak ipar gue, karirnya jelas gitu. kerja di bumn, dalam jangka waktu tertentu, sudah pasti promosinya menjadi kepala cabang. tapi gimana yah.. attitudenya kurang keliatan gituh kalo kata gua mah... :D

December 05, 2006 5:49 PM  
Anonymous yelli ordinary people said...

wah bahagia dunia akhirat ney :D

December 05, 2006 5:49 PM  
Anonymous soleh solihun said...

jelas juga sebenernya sih anz. attitude mas-mas kantoran yang banyak duit dibandingkan mereka yang kerja di majalah. :p

December 05, 2006 5:52 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

kalo ini...mending daftar bumn dulu Leh... :D

gua mah kalo rumah dan kendaraan di sini yg sederhana aja...tapi rutin liburan keliling dunia 2x setahun masing-masing 3 bulanan dan punya rumah disetiap negara di eropa dan negara bagian amerika, yaahh di afrika juga boleh lah sama rusia juga gituh...biar ga bosen-bosen amat...seneng deh pokonyah...

(dream on by aerosmith)

December 05, 2006 5:56 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

kalo udah banyak duit dan jelas inputnya...masalah attitude mah tergantung kali yah...

December 05, 2006 5:58 PM  
Anonymous widi asmoro said...

supaya bisa bikin video 'syur' tanpa di sorot publik

:p

December 05, 2006 7:32 PM  
Anonymous Eric Wiryanata said...

jadi jurnalis senior dong nanti... yang di hari tua nya diingat banyak orang, dan tulisannya ditunggu. karena enak dibaca.
atau pada saatnya nanti loe bisa Leh, membuat sistem langganan tulisan loe... jadi yang mau baca harus bayar.

December 05, 2006 7:57 PM  
Anonymous soleh solihun said...

hahaha. amiiin.

*sambil menyanyikan dream on bareng gucap* :D

December 05, 2006 9:22 PM  
Anonymous widi asmoro said...

hah! bayar....??? kayak ketik REG spasi SOLEH kirim ke 9888 untuk dapat SMS langsung dari SOLEH SOLIHUN...

December 06, 2006 8:43 AM  
Anonymous dedidude dedidude said...

Gimana kalo kayak gua leh? kerja pake baju rapi pake dasi tapi selalu bawa kaos, celana jeans dan converse dekil di mobil untuk kerja shift malem sebagai pecun design?

December 06, 2006 2:38 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

gue gak kebayang ngeliat lo pake baju safari, trus main catur sambil ngopi2 di kantor gitu, padahal bukan jam makan siang..hahahhaha.

December 06, 2006 2:50 PM  
Anonymous soleh solihun said...

sayangnya ded, gua nggak semultitalented seperti elu. :P

gua juga susah ngebayanginnya dit. terutama karena gua nggak suka maen catur dan nggak suka ngopi. apalagi pake baju safari. pake kemeja aja nggak betah lama-lama.

December 06, 2006 5:50 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

hahaha..jadi inget pengalaman di tempat kerja dulu, dan harus berurusan dengan bea cukai:

gue: pak, ini surat-surat barang yang mau keluar
bapak: oh iya, sebentar ya, saya ngabisin rokok dulu (lalu ia mengeluarkan sebatang dji sam soe dan menyalakannya)

ampun.....

December 06, 2006 5:57 PM  
Anonymous arian tigabelas said...

...ya sudahlah, Leh, toh kita juga sepertinya sudah dianggap 'Two crooks of Cipete' atau 'Double Trouble' setiap jalan keluar atau pulang. 2 dogol dengan t-shirt hitam band, jeans lusuh, sneakers, & tas selempang..

"Itu dua orang pasti kerjaannya gak jelas!"

December 06, 2006 6:21 PM  
Anonymous soleh solihun said...

kalo saja mereka tau tempat kerja kita, mungkin akan bertanya-tanya dan mengira kita messenger atau office boy di tempat kerja. hahaha.

December 06, 2006 6:59 PM  
Anonymous rahma ali said...

hahahaha

December 07, 2006 11:08 AM  
Anonymous rahma ali said...

Dulu orangtua gw juga sering tanya-tanya, kok gak mau apply ke BUMN 'ini' atau itu, apalagi anak teman-teman mereka yg kerja di tempat-temapt itu nampaknya makmur sekali. Tapi, lately, sejak banyak kasus pegawai negeri yang terjerat kasus korupsi, walaupun kadang dia cuma kena getahnya karena ikut tandatangan. Banyak kejadian di kampung halaman gw, dimana tokoh-tokoh masyarakat yg selama ini ada di comfort zone-nya mereka dan dihormati, tiba-tiba kena usut sama KPK, dll lah, dan kebetulan beberapa adalah rekan-rekan kerja bokap gw dulunya yang semuanya pegawai negeri. Setelah kejadian2 itu, orangtua gw udah nggak cerewet lagi soal gw mau kerja dimana, yang penting kamu suka kerjaan kamu, senang, nggak ngerepotin orangtua, dan kalo bisa yang makmur ya nak, katanya, gitu. hehehe...

December 07, 2006 12:57 PM  

Post a Comment

<< Home