Tuesday, October 03, 2006

Emang Salah Gue Apa?

Seorang sahabat sedang berduka.

Dia patah hati. Diputuskan pacar. Saya yang mengenalkan perempuan itu. Semua terjadi begitu cepat. Tadinya, saya berniat mengatur pertemuan antara si perempuan dengan sahabat saya itu--sebut saja dia A. Tapi, bahkan sebelum pertemuan itu terjadi, mereka sudah berpacaran. Seperti yang saya bilang tadi, semua terjadi begitu cepat.

Dan kisah kasih mereka pun terjadi begitu cepat. Hanya tiga minggu. A galau. Sakit hati. Di benaknya penuh pertanyaan. Saya mengerti perasaan dia. Saya pernah ada di posisi itu. Karena saya yang mengenalkan dia pada perempuan itu. Karena saya juga pernah mengalami itu, A akhirnya sering minta ditemani. Dua minggu belakangan ini, saya sering 'dipaksa' menginap di kosan A. Mendengarkan pertanyaan, dan segala unek-unek dia.

Obrolannya, selalu kurang lebih begini;

A : Gue masih nggak nyangka Leh. Kok, bisa ya dia berubah secepat itu? Emang salah gue apa? Kalo dia minta dijemput di kantornya, gue selalu bisa kok.
S : Kalo ngomong salah mah, kadang-kadang emang nggak perlu si laki-laki berbuat salah untuk diputusin cewek. Waktu gue diputusin, emang salah gue apa? Selingkuh? Nggak kan! Terus, ada lagi teman kita si B. Emang dia salah apa sampe diputusin? Kalo ngomong soal salah mah, banyak cewek yang mutusin cowoknya tanpa ada kesalahan. Itu mah karena ceweknya udah nggak sayang aja. Hilang aja perasaannya. Belakangan gue juga tau kalo mantan gue, waktu itu mutusin gue karena bosen!

A : Emang bisa ya mutusin karena bosen, atau hilang rasa?
S : Buktinya, banyak kok yang diputusin karena begitu.

A : Edan ya. Bisa begitu. Gue jadi takut lagi pacaran kalo gitu mah. Tapi, masalahnya, dia yang mulai duluan Leh! Yang waktu itu ngajak pacaran siapa coba? Eh, tau-tau dia mutusin gua! Ckckck. Jahat pisan! Masih nggak bisa mengerti gue Leh. Kok bisa ya?
S : Yang namanya soal hati atau perasaan mah, kadang-kadang emang bukan untuk dimengerti. Diterima aja lah.

A : Udah gitu, kalo gue mau ketemu sama dia, selalu nggak boleh. Kemaren aja, gue mau nengok dia yang lagi sakit, eh dia malah marah-marah sama gue! Mana pernah bilang, 'It's over! It's over!'. Tapi, udah marah-marah, tiba-tiba tadi dia nelepon. Bilang minta maaf. Besok dia mau ngobrol-ngobrol lagi. Menurutlo itu tulus nggak ya? Soalnya waktu itu, dia pernah nelepon gue, minta tolong dibantu tugas kuliahnya. Giliran gue pengen ngobrol atau ketemuan, dia malah sms bilang, 'bisa nggak sih, lo nggak sms atau nelepon gue terus?'. Jadi, apa maksud dia tiba-tiba baik gitu ya? Terus, tadi bilang selamat tidur segala. Manja-manja. Ketawanya itu loh. Bikin gemes! Kayak Ida Royani Leh!
S : Sekarang bukan soal dia tulus atau nggak. Tapi, gimana cara lo ngehadepin sikap dia! Apakah lo mau konsisten berusaha melupakan dia? Atau, mau terus terbawa arus rayuan dia? Dan mengalami sakit hati lagi.

A : Tapi gue masih sayang sama dia.
S : Kalo dia udah nggak sayang lagi sama elo mah, percuma aja. Nggak ada itu yang namanya cinta tidak perlu memiliki. Itu cuma omongan pecundang! Rasa sayang itu harusnya saling timbal balik! Buat apa lo ngasih rasa sayang lo buat orang yang nggak mau menyayangi balik? Mending cari perempuan lain yang mau menyayangi elo! Percayalah. Mungkin sekarang lo pikir, dia perempuan yang tepat. Yang selama ini lo cari. Tipe lo banget. Tapi, begitu lo nemu perempuan yang lebih baik. Yang tidak menyia-nyiakan rasa sayang lo. Lo bakal sadar, kalo perasaan lo itu semu! Kalo dia emang sayang sama lo, nggak akan ninggalin tanpa alasan yang jelas!

Kalau di kosan dia, saya selalu mengakhiri obrolan dengan, 'Udah ah. Ngantuk.'

Sedangkan kalau giliran dia datang ke kantor, obrolan itu selalu ditutup dengan, 'Leh, nginep di kosan gue ya. Lagi galau berat nih.'

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

jangan hanya mendengarkan dari satu sisi aja, leh...ada alasan yang udah pernah gue bahas sama ybs, tp ga pernah dianggap. selalu disepelekan... ;p

October 04, 2006 5:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

halo kang! salam kenal lagi! (alah gue kebanyakan basa/i deh, tiap nulis di shoutbox pasti gini mulu awalnya.. xP)
anyway, hoho, lagi2, another straight-to-the-bone story di blog kang soleh! xP saya juga baru diputusin, kang. dan si mantan ninggalin saya karna alesan yang ga jelas. dia ngaku ke saya pengen putus karna dia nggak bisa ngebahagiain saya, kayanya saya nangis mlulu karna dia. tapi belakangan saya denger versi2 lain: bosen dan tiba2 kehilangan perasaan sayang itu. WAH!! denger itu saya langsung gondok dan ngerasa diboongin. jadi yang bener yang mana, nih?! duh, walaupun dah 6 bulan tetep aja saya masi suka nangis bombay.. gimana nggak, orang temen kampus, sekelas lagi! x'O jadi sampe sekarang saya nggak pernah tau salah saya apa. tapi posisinya trbalik sama ceritanya kang soleh, karena saya cewek dan yang ninggalin saya cowok!!!!
ps: parahnya, saya masih sayang banget sama dia karena saya ngerasa klik & nyaman sama dia. cuma sama dia. (belum ketemu yang lain, sih.. =P) regards,

October 15, 2006 4:48 PM  
Blogger Unknown said...

wew..ada seru juga ceritanya..saya memang cewe yang cepat bosan, jadi gimana lagi atuuuuh ;P

October 16, 2006 8:54 PM  

Post a Comment

<< Home