Tuesday, October 03, 2006

Emang Salah Gue Apa?


Seorang sahabat sedang berduka.



Dia patah hati. Diputuskan pacar.
Saya yang mengenalkan perempuan itu. Semua terjadi begitu cepat.
Tadinya, saya berniat mengatur pertemuan antara si perempuan dengan
sahabat saya itu--sebut saja dia A. Tapi, bahkan sebelum pertemuan itu
terjadi, mereka sudah berpacaran. Seperti yang saya bilang tadi, semua
terjadi begitu cepat.



Dan kisah kasih mereka pun terjadi begitu cepat. Hanya tiga minggu. A
galau. Sakit hati. Di benaknya penuh pertanyaan. Saya mengerti perasaan
dia. Saya pernah ada di posisi itu. Karena saya yang mengenalkan dia
pada perempuan itu. Karena saya juga pernah mengalami itu, A akhirnya
sering minta ditemani. Dua minggu belakangan ini, saya sering 'dipaksa'
menginap di kosan A. Mendengarkan pertanyaan, dan segala unek-unek dia.



Obrolannya, selalu kurang lebih begini;



A : Gue masih nggak nyangka Leh. Kok, bisa ya dia berubah secepat itu?
Emang salah gue apa? Kalo dia minta dijemput di kantornya, gue selalu
bisa kok.

S : Kalo ngomong salah mah, kadang-kadang emang nggak perlu si
laki-laki berbuat salah untuk diputusin cewek. Waktu gue diputusin,
emang salah gue apa? Selingkuh? Nggak kan! Terus, ada lagi teman kita
si B. Emang dia salah apa sampe diputusin? Kalo ngomong soal salah mah,
banyak cewek yang mutusin cowoknya tanpa ada kesalahan. Itu mah karena
ceweknya udah nggak sayang aja. Hilang aja perasaannya. Belakangan gue
juga tau kalo mantan gue, waktu itu mutusin gue karena bosen!



A : Emang bisa ya mutusin karena bosen, atau hilang rasa?

S : Buktinya, banyak kok yang diputusin karena begitu.



A : Edan ya. Bisa begitu.
Gue jadi takut lagi pacaran kalo gitu mah. Tapi, masalahnya, dia yang
mulai duluan Leh! Yang waktu itu ngajak pacaran siapa coba? Eh, tau-tau
dia mutusin gue! Ckckck. Jahat pisan! Masih nggak bisa mengerti gue
Leh. Kok bisa ya?

S : Yang namanya soal hati atau perasaan mah, kadang-kadang emang bukan untuk dimengerti. Diterima aja lah.



A : Udah gitu, kalo gue mau ketemu sama dia, selalu nggak boleh.
Kemaren aja, gue mau nengok dia yang lagi sakit, eh dia malah
marah-marah sama gue! Mana pernah bilang, 'It's over! It's over!'.
Tapi, udah marah-marah, tiba-tiba tadi dia nelepon. Bilang minta maaf.
Besok dia mau ngobrol-ngobrol lagi. Menurutlo itu tulus nggak ya?
Soalnya waktu itu, dia pernah nelepon gue, minta tolong dibantu tugas
kuliahnya. Giliran gue pengen ngobrol atau ketemuan, dia malah sms
bilang, 'bisa nggak sih, lo nggak sms atau nelepon gue terus?'. Jadi,
apa maksud dia tiba-tiba baik gitu ya? Terus, tadi bilang selamat tidur
segala. Manja-manja. Ketawanya itu loh. Bikin gemes! Kayak Ida Royani
Leh!

S : Sekarang bukan soal dia tulus atau nggak. Tapi, gimana cara lo
ngehadepin sikap dia! Apakah lo mau konsisten berusaha melupakan dia?
Atau, mau terus terbawa arus rayuan dia? Dan mengalami sakit hati lagi.



A : Tapi gue masih sayang sama dia.

S : Kalo dia udah nggak sayang lagi sama elo mah, percuma aja. Nggak
ada itu yang namanya cinta tidak perlu memiliki. Itu cuma omongan
pecundang! Rasa sayang itu harusnya saling timbal balik! Buat apa lo
ngasih rasa sayang lo buat orang yang nggak mau menyayangi balik?
Mending cari perempuan lain yang mau menyayangi elo! Percayalah.
Mungkin sekarang lo pikir, dia perempuan yang tepat. Yang selama ini lo
cari. Tipe lo banget. Tapi, begitu lo nemu perempuan yang lebih baik.
Yang tidak menyia-nyiakan rasa sayang lo. Lo bakal sadar, kalo perasaan
lo itu semu! Kalo dia emang sayang sama lo, nggak akan ninggalin tanpa
alasan yang jelas!



Kalau di kosan dia, saya selalu mengakhiri obrolan dengan, 'Udah ah. Ngantuk.'



Sedangkan kalau giliran dia datang ke kantor, obrolan itu selalu
ditutup dengan, 'Leh, nginep di kosan gue ya. Lagi galau berat nih.'




28 Comments:

Anonymous DiTa Saryuf said...

huhuhu ternyata laki2 bisa curhat2an dengan kata2 penuh balada emosi jiwa juga ya, gue pikir pere doang yg bisa begitu...

October 03, 2006 4:43 PM  
Anonymous soleh solihun said...

yah, laki-laki juga manusia dit. hehehe. susah lah, kalo udah urusan hati mah. preman juga bisa nangis kali kalo diputusin cewek mah. hahaha.

October 03, 2006 4:45 PM  
Anonymous hagi hagoromo said...

terus, elo menyerahkan keperjakaan elo di kamar kosan dia Leh?
nggak nyangka gw, dari awalnya dicomblangin, curhat, dan akhirnya berakhir dengan 'Udah ah. Ngantuk'..
ck ck ck.
bener-bener nggak nyangka gw..

October 03, 2006 4:48 PM  
Anonymous DiTa Saryuf said...

ngahahhahaha *baca reply hagi*...
enaknya tuh kalo adegan begitu latar belakang musik model2 betharia sonata, lebih galaw dari dengerin My Bloody

October 03, 2006 4:49 PM  
Anonymous An . said...

jadi keingetan cerita leh, pas malem-malem gue pulang dari terminal kalapa. si angkotnya udah mau jalan tapi ditahan-tahan. soalnya ada cowok lagi berusaha membujuk ceweknya turun dari angkot. cowoknya setengah nangis gitu memohon-mohon, tapi ceweknya cuek aja gak mau turun. sekilas gue liat si cowok itu, ternyata bertato. drama berakhir dengan si cowok ngegeprak pintu angkot kenceng banget, gue ampe kaget. trus si mobilnya langsung jalan, takut juga si supirnya kali. tapi si cowok bertatonya masih nangis dan neriakin si cewek itu.

bener leh, mau preman mah kalo ditinggalin cewek yah... begitulah... ;D

October 03, 2006 4:50 PM  
Anonymous soleh solihun said...

hahaha. dramatis banget an! gua sih belum pernah ngeliat langsung kejadian begitu. baru denger doang dari temen. pernah, ada temen gua cerita soal anak grindcore gitu lah. menyeramkan secara fisik, tapi begitu diputusin ceweknya, eh nangis. curhat2 juga jadinya. hahaha.

October 03, 2006 4:56 PM  
Anonymous hagi hagoromo said...

gw curiga, elo seangkot sama anak-anak seurieus an,
jadi elo keduluan mereka bikin lagu bertema itu..

atau, elo perhatiin nggak, cewek itu bukan candil kan?

October 03, 2006 4:56 PM  
Anonymous An . said...

soleh, cerita dari arian yah? dia juga pernah bilang sih, -guna meredam masalah emo yang dianggap gak macho- kalo katanya temen2nya yang anak hardcore grindcore sekalipun, kalo udah diputusin cewek mah nangis2 juga, curhat2 juga.

hagi, yakin gua gi, bukan si candil. ceweknya berambut lurus. tapi gak tau juga sih kalo supirnya itu yang ternyata si candil :D

October 03, 2006 5:06 PM  
Anonymous soleh solihun said...

bukan an. temen kampus gua. ini mah beneran. salah seorang temen dia, anak grindcore. pernah dateng ke rumahnya. abis diputusin. yah begitulah.

October 03, 2006 5:10 PM  
Anonymous Citra Lukita said...

waduh.. yg suka perempuan tipe begini sepertinya teman saya juga..

October 03, 2006 5:17 PM  
Anonymous hagi hagoromo said...

wah, berat kalo udah gini mah..

October 03, 2006 5:25 PM  
Anonymous Gucap BadSectors said...

ouw...gue kirain elo yang lagi galauw leh, kali aja semacam nuler gituh... keukukeuekuekeukeu

October 03, 2006 6:01 PM  
Anonymous pelacur korporat said...

lo yakin lo gak berada di lokasi syuting videoklip sebuah grup pop rock medioker nasional?..hahahaha

October 03, 2006 6:06 PM  
Anonymous An . said...

mungkin nanti perlu gue konfirm ke pembuat klipnya, kenapa yang ditampilkan hanya vokalisnya lagi mandi dan gosok gigi, dan gak ada adegan ngejer angkot. soalnya, seinget gue mereka pada masa itu syuting videoklipnya di telepon umum (yang gitarisnya sampe main gitar diatas boxnya, lupa-lupa inget). masih album pertama ;p

October 03, 2006 6:16 PM  
Anonymous soleh solihun said...

yah, elu tau lah siapa cit. hehe.

October 03, 2006 6:18 PM  
Anonymous soleh solihun said...

berarti bener ya cap. elu lagi galau. lagi kurang metal. hahahaha.

October 03, 2006 6:19 PM  
Anonymous syahida taher said...

Setuju!!! Kalau ada yang ngomong "cinta tidak perlu saling memiliki", itu BULLSHIT!

October 03, 2006 7:17 PM  
Anonymous dedidude dedidude said...

iya benar!!! tai kucing ituu

October 03, 2006 7:57 PM  
Anonymous sossi sagaya said...

tai kucing? kalau BULL SHIT bukannya tai kebo...?

ngga penting mode on

October 03, 2006 9:17 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

harus ditemenin tuh temen yang kayak gituh leh...
lagi down banget soalnya....butuh waktu tuh buat get over it...
dan buat tiap orang, waktunya beda2x...ada yang cepet...ada yang lama...
jadi sabar yah leh =)

October 04, 2006 1:39 AM  
Anonymous XXXX YYYY said...

Cinta-cintaan deui.
Lalu kapan elu akan menemani berkeluh kesah di kos-kosan gua?

October 04, 2006 2:29 AM  
Anonymous Madame Meltje said...

ahhhhhhhhhhhhhhhhh ini bukan cinta, ini namanya MIND GAMES
hahaha

October 04, 2006 7:43 AM  
Anonymous manik manik said...

hahah.. telat baca gua, leh.. baru aja seminggu yg lalu sepasang kekasih curhat pada saya. ya lakinya , ya pere nya. keduanya saling cinta. namun sayang.. ortu sang pere gak berkenan sama si laki. maka saya mengatakan.. 'fight for it, bro!' , namun si laki tampak putus asa dan bilang.. 'ah udah takdir gw kali ya.. gak sama dia. tapi cinta kan tak harus memiliki, nik..'

wahwah.. gua maki dia, 'EUWEUH, bro! judul2 lagu kaya gitu tuh waduuuuk! cinta mah harus didapetin. kalo ngga dapet ya ngga jodoh. dan kita tidak harus ngagugulung cinta yg hilang itu.'

beberapa hari kemudian perenya curhat lagi.. 'nik, gw bingung.. si dia sekarang memebara lagi semangatnya. dia bilang cinta itu harus memiliki.'

hahhahahah!!! kemakan omongan gw itu lelaki... hehheeh..

October 04, 2006 1:41 PM  
Anonymous soleh solihun said...

siap ga! gua mah selalu sabar kok. :)

October 04, 2006 2:03 PM  
Anonymous soleh solihun said...

nanti nozs. kalo lu sudah berusaha cukup keras. keluh kesah saja belum cukup tanpa aksi. cari dulu targetnya yang pasti lah! hehehe. kidding. :p

October 04, 2006 2:07 PM  
Anonymous soleh solihun said...

setuju nik! kejar atau tinggalkan! cuma dua pilihannya.

October 04, 2006 2:11 PM  
Anonymous Pugar Restu Julian said...

ya...fight for your right...hehehe...

dan elo gak salah kok....elo kan soleh? =)

October 04, 2006 2:45 PM  
Anonymous XXXX YYYY said...

sial maneh leh!
cariin dong, kalo cariin yang pasti dong.

October 05, 2006 1:27 AM  

Post a Comment

<< Home